Gaji cepat habis? Coba Cara Atur Keuangan ini di 2023 - iSeller Blog

Gaji cepat habis? Coba Cara Atur Keuangan ini di 2023

Cara atur keuangan di 2023

Punya gaji banyak, tapi cepat habis? Coba cara atur keuangan ini di 2023 supaya pemasukan kamu gak cepat habis!

Mau punya rumah, mau beli kendaraan, mau liburan… Namanya juga manusia, pasti banyak maunya. Tapi, gimana caranya biar semuanya bisa kamu lakukan, tanpa harus boncos alias kehabisan uang? Caranya dengan mengatur keuangan kamu lebih baik lagi!

Gak Cuma buang uang untuk beli ini dan itu, tapi mengelola keuangan juga butuh strategi dan langkah yang baik. Mulai dari membuat anggaran keuangan, menabung, sampai mencatatat kemana saja uang itu kita gunakan. Coba cara ini deh

Membuat Anggaran

Anggaran dana ini penting untuk kamu buat untuk mengatur keuangan kamu. Kamu bisa membuat semua prediksi rincian kebutuhan dan keinginan yang kamu butuhkan selama satu bulan.

50 persen gaji untuk Kebutuhan Pokok

Ingat untuk memisahkan 50% gaji kamu untuk kebutuhan pokok, seperti membeli bahan makanan, alat mandi, stok obat-obatan, hingga persiapan untuk ongkos dan kewajiban bulanan yang harus kamu keluarkan setiap bulannya.

Ambil 30 persen untuk keperluan hiburan

Setelah semua kebutuhan pokok kamu terpenuhi, kamu bisa menyisihkan 30% dari penghasilan kamu untuk keperluan hiburan. Uang ini bisa kamu pakai untuk hangout, berlibur, bahkan untuk membeli paket berlangganan aplikasi streaming film atau video

Mengalokasikan 20 persen dana untuk tabungan dan investasi

Prioritaskan dana untuk tabungan kamu sebelum kamu mencatat kebutuhan untuk pengeluaran dan pemasukan. Jika kamu mau mengembangkan uang tabungan kamu, kamu bisa mulai berinvestasi.

Kalau kamu masih pemula, kamu bisa membagi dana 15% untuk tabungan dan 5% untuk investasi. Mulai dari investasi yang bisa kamu mengerti dulu ya! Jangan hanya ikutan tren untuk berinvestasi sana-sini, tapi berakhir kamu mengalami kerugian. Ini yang harus kamu perhatikan:

  1. Teliti
  2. Beli saham ketika harganya murah
  3. Beli saham dari perusahaan yang usahanya bagus
  4. Beli saham perusahaan yang labanya besar
  5. Cari perusahan dengan kemampuan manajemen terbaik

Menabung di rekening terpisah

Kalau kamu merasa rekening utama kamu malah mempermudah kamu dalam menggunakan uang tabungan, kamu bisa membuat rekening baru untuk memisahkan dana darurat dan tabungan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menabung uang bonus dari gaji yang kamu punya. Meskipun belanja terdengar menggiurkan, tapi menabung akan lebih baik supaya kamu punya dana untuk jaga-jaga kalau ada kebutuhan lebih

Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Ketika kamu sudah membuat anggaran dana, kamu tetap harus memonitor pengeluaran dan pemasukan. Kamu bisa mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu supaya semuanya tetap on track.

Itulah beberapa cara agar gaji kamu gak cepat habis. Cobain deh untuk jangka panjang, dijamin mengatur keuangan seperti ini bisa membantu finansial kamu jadi lebih baik lagi di tahun ini! Cobain yuk! Demi 2023 lebih baik lagi 🥳

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading