6 Strategi Product Marketing Ini Bisa Bikin Omset Kamu Naik - iSeller Blog

6 Strategi Product Marketing Ini Bisa Bikin Omset Kamu Naik

product marketing

Apa pentingnya product marketing bagi sebuah bisnis? Kira-kira, apa saja konsep dasar dan bagaimana penerapan strateginya yang tepat?

Melakukan product marketing, artinya kamu melakukan hal-hal seperti menentukan dan menulis target, serta membuat pesan untuk produk atau fitur baru yang kamu buat. Selain itu, melakukan product marketing berarti tentang bagaimana kamu berpikir untuk mendorong permintaan pelanggan dan penggunaan produk atau fitur baru, hingga memikirkan soal pasar dan juga persaingan.

Peranan product marketing berkaitan sangat erat dengan kegiatan pemasaran bisnis, di antaranya seperti:

  • Memperkenalkan produk atau fitur pada konsumen agar mereka tertarik untuk membelinya.
  • Mengembangkan program pemasaran yang tepat.
  • Mengirimkan materi untuk meraih pelanggan menggunakan beberapa metode komunikasi.
  • Mengembangkan dan mengawasi pelaksanaan dari rencana pemasaran yang telah dibuat.

4 Pilar Utama Product Marketing

product marketing
Sumber: Freepik

Setidaknya ada empat pilar utama yang ada di dalam product marketing yang harus dilakukan, agar pemasaran produk yang dilakukan bisa maksimal dan hasilnya juga sesuai dengan apa yang diharapkan. Apa sajakah keempat pilar utama itu?

1. Riset Pasar sebagai Fondasi Dasar 

Tanpa adanya riset pasar yang mendalam, kamu pasti akan kesulitan untuk menuju segmen pasar yang tepat, menjangkau mereka, dan lainnya. Variabel paling utama yang ada dalam riset pasar adalah subjek dari produk, ditujukan untuk siapa, dan digunakan oleh siapa produk tersebut.

2. Penentuan Kriteria Pasar Secara Spesifik

Kalau sudah selesai melakukan riset pasar, tahap penting lainnya adalah menentukan kriteria konsumen secara spesifik. Dalam hal ini, kamu harus mencari tahu siapa saja market yang akan kamu tuju dan bagaimana cara kamu dalam memberikan produk yang benar-benar mereka butuhkan dan mereka inginkan.

3. Pembentukan Persona Produk

Kamu harus membuat karakteristik produk berdasarkan karakteristik konsumen yang telah kamu temukan pada tahapan sebelumnya. Tahap ini juga dikenal sebagai tahap pembentukan persona produk yang lebih fokus pada konsumen. Membentuk persona produk akan memudahkan kamu dalam membentuk karakteristik berdasarkan konsumen yang sudah kamu punya.

4. Melakukan Product and Market Fit Analysis

Di tahap ini, sebagai marketer kamu harus terjun langsung ke lapangan dan melakukan analisis terkait kesesuaian di ketiga langkah sebelumnya. Kalau memang sudah sesuai, maka akan ada kesinambungan antara produk dan pasar yang memang secara spesifik sudah dituju dari awal.

Baca juga: Seberapa Pentingnya Punya Website Untuk Bisnis?

Jenis-Jenis Strategi Product Marketing

product marketing
Sumber: Freepik

Pemasaran saat ini terbagi menjadi dua bentuk utama, yaitu online dan offline. Sebelumnya, setiap marketer atau pebisnis harus memasarkan produknya secara offline karena memang belum ada teknologi yang mumpuni untuk melakukan pemasaran online.

Pemasaran yang dilakukan secara offline jelas punya kekurangan, seperti hanya mampu menjangkau beberapa orang saja, biayanya yang cenderung mahal, serta memerlukan waktu dan tenaga yang lebih besar.

Lalu seiring dengan berkembangnya teknologi, pemasaran saat ini bisa dilakukan secara online, dan bahkan sudah banyak perusahaan besar yang menggunakannya.

Kegiatan marketing yang dilakukan secara online diklaim lebih efektif dan menguntungkan, karena mampu menjangkau seluruh orang di dunia, dan biaya yang harus dikeluarkan relatif lebih terjangkau.

Memangnya, apa saja jenis dari product marketing

1. Pemasaran Transaksional

Mencapai target penjualan menjadi salah satu masalah yang sangat sering terjadi pada setiap perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba melakukan pemasaran secara transaksional dengan cara memberikan potongan harga, voucher atau promo yang menarik, dan lainnya. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa meningkatkan daya tarik audiens untuk melakukan transaksi.

2. Iklan Berbayar

Sudah ada banyak perusahaan besar di luar sana yang memanfaatkan iklan berbayar sebagai salah satu strategi pemasarannya. Dengan menggunakan iklan ini, produk akan ditampilkan oleh pihak penyedia layanan. Sedangkan untuk harganya, memang harus disesuaikan dengan ketentuan yang sudah disepakati oleh pihak penyedia layanan iklan dan pihak perusahaan yang ingin memasang iklan.

Beberapa jenis iklan berbayar yang saat ini sudah sangat terkenal di antaranya adalah pay-per-click (PPC), pay-per-impression (PPI), dan banner. Iklan berbayar ini bisa menjadi cara yang tepat untuk perusahaan yang produknya ingin dikenal lebih luas oleh masyarakat.

3. Pemasaran Media Sosial

Miliaran orang di dunia ini menggunakan media sosial. Tentunya, ini bisa jadi peluang yang sangat baik untuk melakukan pemasaran. Pemasaran product yang dilakukan lewat media sosial bisa menjadi cara ampuh, dan biaya yang harus dikeluarkan pun cenderung lebih sedikit. 

4. Pemasaran Konten

Teknik pemasaran konten ini bisa dilakukan oleh bisnis skala kecil maupun besar. Konten yang dibuat harus menarik dan konsisten, dan tentunya harus tetap relevan. Dengan begitu, konsumen akan sangat tertarik untuk melakukan pembelian.

5. SEO Product Marketing

Konten yang diterapkan SEO di dalamnya mampu menempati posisi paling pertama di dalam mesin pencari, lho. Sehingga, akan lebih mudah dalam menggaet audiens. Kamu harus coba strategi ini!

6. Interactive Product Marketing 

Untuk product marketing interaktif ini, berarti suatu perusahaan akan melibatkan partisipasi dari konsumen pada saat melakukan proses pemasaran. Dengan menerapkan metode ini, maka konsumen akan lebih cepat mengetahui informasi terbaru dari suatu produk atau jasa. Dengan begitu, permintaan konsumen terkait suatu produk juga akan meningkat.

Baca juga: Jual Produk Bagus aja Gak Cukup, Gini Biar Jualan Kamu Laris Terus!

Sekarang, kamu sudah tahu kan bagaimana strategi product marketing yang bisa bikin omset kamu naik?

Banyaknya jenis strategi product marketing akan memberikan kamu pilihan untuk menerapkan mana yang paling tepat untuk produk kamu. Bahkan, kamu bisa menerapkan beberapa strategi sekaligus untuk membuat produkmu semakin dikenal konsumen secara luas dalam waktu singkat.

Kalau kamu membutuhkan solusi untuk keperluan marketing, inventori, transaksi, dan lainnya, kamu bisa menghubungi kontak layanan iSeller sekarang. iSeller adalah satu platform untuk semua kebutuhan bisnis kamu. Kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk COBA GRATIS, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading