5 Tren Influencer Marketing Tidak Boleh Diabaikan di 2023 - iSeller Blog

5 Tren Influencer Marketing Tidak Boleh Diabaikan di 2023

influencer marketing

Optimasi influencer marketing di tahun 2023 diprediksi akan semakin beragam jenisnya. Tidak sekedar menggunakan influencer untuk memasarkan produk dengan unggahan di media sosial, varian teknik pemasaran yang dipakai juga akan memberikan opsi lebih beragam.

Jelas saja, kamu wajib tahu tren yang sedang berkembang ini, dan turut memanfaatkan celah yang ada untuk keuntungan pemasaran bisnis yang dikelola sekarang. Berbagai prediksi dilakukan oleh banyak pihak yang kredibel dalam bidang ini.

Tim iSeller kemudian juga turut melakukan pengamatan dan prediksi atas tren influencer marketing yang akan ramai digunakan dan dipilih banyak brand. Lebih jelasnya tentang prediksi ini, kamu bisa lihat penjelasan di bawah ini.

Baca juga: 7 Tips Memajukan Bisnis E Commerce Hingga Meroket, Catat Ya!

1. Konten Live akan Semakin Banyak Diminati

influencer marketing

Live shopping, menjadi salah satu konten yang akan banyak sekali muncul di tahun 2023 ini. Terlebih dengan bantuan influencer, dalam berbagai ukuran, konten seperti ini akan makin masif karena memberikan prospek penjualan yang sangat baik.

Jenis konten ini tidak hanya akan ditemukan di TikTok, sebagai salah satu media sosial yang paling tinggi tingkat engagement-nya, namun juga di berbagai platform lain yang dimiliki oleh bisnis.

Untuk bersiap akan tren ini dan tidak ketinggalan, jelas kamu sudah harus menghubungi KOL dan influencer yang cocok untuk produk dan brand yang kamu punya. Rencanakan konten live untuk memberikan pengalaman baru, dan rekomendasi langsung dari influencer ini.

2. Konten Berlangganan dari Influencer

Disampaikan dalam sebuah artikel di forbes.com, konten berlangganan dari influencer atau subscription juga akan semakin marak. Konten seperti ini menawarkan eksklusivitas yang bisa diperoleh pelanggan, atas konten dari kreator yang mereka ikuti.

Kreator juga mendukung tren ini dengan memberikan konten yang sifatnya spesifik, khusus, dan tidak terbuka untuk umum. Pengelolaan komunitas kecil ini diduga bisa menjadi potensi pasar yang sangat baik jika kamu bisa memanfaatkannya.

Untuk masuk dalam konten berlangganan yang dimiliki oleh influencer atau kreator memang tidak mudah, sebab ini akan ‘mengganggu’ eksklusivitas konten dengan iklan. Tapi, pemasaran dengan penempatan produk tetap bisa dilakukan, asal kamu bisa menemukan kesepakatan yang bagus.

3. Pemilihan Mesin Pencarian

influencer marketing

Masih dalam artikel yang sama, disebutkan bahwa pada tahun 2022 lalu pengguna media sosial berusia muda lebih memilih Instagram dan TikTok sebagai mesin pencarian, alih-alih Google atau GMaps. Dalam artikel itu dinyatakan sedikitnya 40% Gen Z memilih dua media sosial ini alih-alih Google.

Penyebabnya adalah TikTok memberikan hasil yang sesuai dengan preferensi dan kecenderungan pencarian dari user secara khusus. User juga bisa menggunakan filter untuk hasil yang lebih spesifik dan sesuai dengan latar belakang konten yang mereka punya.

Well, ini harus jadi highlight, karena artinya kamu juga harus mulai fokus pada upaya pemasaran di dua media sosial ini. Meski jelas Google masih digunakan sebagai pencarian dasar untuk menemukan situs resmi, tapi perluasan effort di TikTok dan Instagram bisa mulai direncanakan.

4. Konten dari Video Singkat

Tentu kamu sadar bahwa kehadiran model konten seperti TikTok, yakni video pendek, berhasil menarik perhatian publik secara masif. Hal ini, selain dimanfaatkan oleh influencer, juga bisa kamu manfaatkan untuk aktivitas pemasaran.

Optimasi konten video singkat, seperti YouTube Shorts, Instagram Reels, dan video TikTok, bisa memberikan paparan yang cukup tinggi pada konten. Jelas, dengan pemilihan kreator video yang tepat, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dari influencer marketing  yang kamu jalankan.

Buat perencanaan yang matang, dan integrasikan berbagai media ini dengan baik dengan bisnis yang kamu punya untuk jangkauan pasar yang luas.

5. Influencer Marketing Lintas Platform

influencer marketing

Tidak ada yang mengatakan influencer marketing di tahun 2023 menjadi hal yang sederhana. Menurut digination.id, Anda sebagai pebisnis tidak boleh hanya fokus ke salah satu platform media sosial saja. Aktivitas marketing lintas platform harus jadi poin yang diutamakan, sehingga jangkauan pasar semakin luas.

Jelas hal ini juga wajib diimbangi dengan penyediaan layanan pembayaran yang fleksibel dan membuat pelanggan merasa nyaman. Kamu tidak bisa memastikan dari titik mana penjualan terbesar akan terjadi. Jadi pastikan semua kanal menawarkan kemudahan pembayaran langsung dari konten yang kamu luncurkan.

Baca juga: Point of Sale (POS): 5 Tips Pakai Sistemnya Secara Optimal 

Untuk mendukung lancarnya influencer marketing di berbagai platform ini, kamu memerlukan sistem pembayaran dan POS multiplatform yang handal. iSeller, akan jadi jawaban atas kebutuhan ini. Dengan sistem yang solid dan interface yang bersahabat, kamu bisa memudahkan pelanggan yang ingin melakukan pembelian langsung dari konten yang kamu luncurkan bersama influencer. Dengan begini proses pembelian berjalan lebih cepat, efektif, dan praktis, serta lengkap dengan pencatatan yang real-time sehingga semua laporan bisa dibuat dengan lebih mudah. Coba GRATIS produk dari iSeller sekarang dengan klik di sini, dan dapatkan semua manfaatnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading