Software Kasir Terbaik untuk Memajukan Bisnis Kamu, Pilih iSeller! - iSeller Blog

Software Kasir Terbaik untuk Memajukan Bisnis Kamu, Pilih iSeller!

software kasir

Seiring perkembangan zaman, ada yang namanya software kasir atau yang dikenal dengan nama POS (Point of Sales) yang bisa diandalkan untuk urusan transaksi bisnis. Kalau dilihat dari sisi historisnya, software kasir adalah alat pembayaran elektronik pertama di dunia. Pada tahun 1973 silam, POS pertama kali muncul dengan sebutan cash register yang di-install di beberapa supermarket di Amerika Serikat. McDonalds adalah salah satu perusahaan yang menggunakan cash register pertama kali pada tahun 1974 silam.

Kemudian, teknologi semakin maju hingga membuat toko atau usaha ritel juga menerapkan program kasir untuk memudahkan transaksi. Ketika internet mulai marak digunakan pada akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, beberapa perusahaan teknologi mengembangkan software kasir online. Jadi, cash register tidak hanya bisa dipakai di dalam satu toko, tetapi juga terhubung dengan toko lainnya di beberapa daerah walaupun belum secanggih sekarang.

Baru pada tahun 2000-an awal, teknologi cloud computing mulai mudah digunakan, menjadikan hampir semua teknologi POS dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui koneksi internet.

Apa Itu Software Kasir Online?

software kasir
Sumber: iSeller

Secara sederhana, software kasir atau sistem POS adalah kombinasi antara software dan hardware yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk sentralisasi manajemen bisnis. Dengan kata lain, pemilik bisnis cukup membuka satu aplikasi saja untuk mengelola keseluruhan operasional bisnisnya.

Software kasir ini tidak hanya memproses transaksi penjualan layaknya cash register tradisional, melainkan juga membantu pemilik usaha dalam mengelola inventori, karyawan, hingga konsumen sekalipun.

Lebih dari itu, sistem POS yang lengkap seperti Aplikasi Kasir iSeller juga menyediakan data dan laporan real time, mulai dari laporan penjualan hingga laporan keuangan. Dengan begitu, kamu sebagai pemilik usaha bisa membuat keputusan secara cermat berdasarkan data yang akurat, sehingga penjualan dan pendapatan bisnis bisa terus meningkat.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Software Kasir Online?

Di dalam software kasir online, kamu bukan hanya akan menemukan pengaturan penjualan, melainkankan juga fitur pengelolaan berbagai aspek bisnis lainnya. Oleh karena itu, setiap pemilik usaha perlu mempertimbangkannya supaya operasional bisnis lebih mudah. 

Supaya kamu bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas, yuk simak beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh bisnis jika menggunakan aplikasi kasir:

  • Transaksi penjualan menjadi lebih efisien dan terdokumentasi dengan baik.
  • Memperoleh data dan laporan detail secara real-time.
  • Pengelolaan inventori menjadi jauh lebih baik, serta bisa dipantau kapan dan dari mana saja.
  • Manajemen karyawan akan jadi lebih mudah, terlebih jika kamu masih mengurus banyak aspek bisnis sendiri. 
  • Mampu meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Lebih mudah dalam melakukan analisa usaha, karena laporan lengkap akan diberikan secara otomatis dan dijamin akurat.
  • Mampu mencegah dan meminimalisir kecurangan. Salah satu kelebihan dari sistem kasir online adalah data barang yang terjual tidak akan bisa diotak-atik oleh staf karena tersimpan di server yang aman.

Baca juga: Kian Populer, Bisnis Kopi Kekinian Cukup Menjanjikan Lho!

Tips Memilih Software Kasir Terbaik untuk Bisnis Kamu

software kasir
Sumber: iSeller

Saat ini ada banyak sekali pilihan sistem kasir yang bisa kamu gunakan, baik yang berbayar, maupun sistem kasir gratis yang juga populer di kalangan pengusaha pemula. Supaya bisa berfungsi dengan maksimal bagi bisnis kamu, ada beberapa hal terkait software kasir yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya.

  • Pertama, pilihlah software kasir yang sesuai dengan kebutuhan juga bidang usaha kamu.
  • Pilih yang user friendly dan terhubung dengan cloud supaya kamu dapat mengakses data dari manapun dan kapanpun meski tanpa jaringan internet.
  • Gunakan software kasir yang menerima berbagai metode pembayaran, seperti melalui e-wallet, kartu debit, kartu kredit dan lainnya. Metode pembayaran yang praktis semacam itu akan sangat disukai oleh konsumen.
  • Setiap software atau aplikasi pasti berisiko mengalami trouble atau error. Jadi, kamu perlu menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan customer service. Layanan customer service yang responsif sangat dibutuhkan  untuk mengatasi berbagai kendala yang mungkin kamu hadapi ketika menggunakan aplikasi.
  • Pilih software yang selalu update fitur-fiturnya, sehingga pengoperasiannya akan lebih lancar dan minim kendala.

Baca juga: Point of Sale (POS): 5 Tips Pakai Sistemnya Secara Optimal

Butuh Software Kasir Terbaik, Pilih iSeller!

Penggunaan software kasir memungkinkan para pelanggan untuk membayar dengan menggunakan kartu kredit, debit, maupun scan barcode. Selain itu, sistem ini juga akan memudahkan pelacakan penjualan, pembelian, dan keuangan bisnis secara keseluruhan.

Tidak perlu bingung kalau saat ini kamu berniat untuk menggunakan sistem POS, karena iSeller punya solusinya! Yuk, efisiensikan pengelolaan bisnis kamu dengan Aplikasi Kasir iSeller. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelola bisnis offline dan online secara bersamaan langsung dari POS kamu. Sistem penjualan, produk dan inventori yang tersentralisasi akan membuat proses pengelolaan bisnis jadi lebih mudah dan efisien.

Aplikasi Kasir iSeller adalah aplikasi kasir nomor 1 di Indonesia yang simple, intuitif, dan modern. Beberapa keunggulannya adalah:

  • Pengalaman pengguna yang terbaik di kelasnya
  • Sistem yang berbasis cloud
  • Bekerja secara offline dengan SmartSync™
  • Bisa menerima pembayaran dengan berbagai macam kartu
  • Integrasi perangkat keras yang sangat komprehensif
  • Dilengkapi juga dengan lebih dari 300 fitur-fitur canggih.

Selain aplikasi kasir, iSeller juga menyediakan fitur-fitur seperti laporan penjualan yang lengkap, transaksi secara real-time, hingga register shift dan absensi karyawan. Segera nikmati sistem yang dirancang khusus untuk bisnis kamu. Coba Gratis sekarang, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading