Memahami 4 Manfaat Utama CSR Perusahaan - iSeller Blog

Memahami 4 Manfaat Utama CSR Perusahaan

csr perusahaan

Pada model bisnis kekinian, profit bukan merupakan satu-satunya tujuan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan konsep bisnis yang berkelanjutan, entitas pencari profit ini juga harus memperhatikan lingkungan dan masyarakat sekitar. Program CSR perusahaan menjadi penting untuk disusun, dan dieksekusi dengan maksimal demi hal tersebut.

Inovasi dan solusi memang dua nilai utama yang banyak dijadikan fokus pebisnis muda dan kekinian pada produk bisnis yang dimilikinya. Namun demikian, keberadaan bisnis sebagai sebuah bagian dari sistem masyarakat tetap harus diperhatikan.

Baca juga: Keuntungan Menerapkan Sistem Down Payment dalam Bisnis

Mari Kenali Apa yang Dimaksud dengan CSR Perusahaan

Csr perusahaan

Definisi sederhana dari CSR atau corporate social responsibility sendiri adalah berbagai macam aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk dapat memberikan manfaat jangka panjang pada masyarakat. Efek yang diberikan ini diharapkan juga bisa dirasakan oleh stakeholder demi kepentingan perusahaan di masa yang akan datang.

Jika melihat konteks CSR perusahaan konvensional, beberapa aktivitas yang biasa dilakukan sebagai wujud nyatanya antara lain adalah sebagai berikut.

  • Penyuluhan terkait lingkungan dan tanggung jawab perusahaan yang telah dilakukan
  • Bantuan sarana dan prasarana pada pasyarakat sekitar
  • Jasa konsultasi untuk masyarakat terkait produk yang dimiliki

Kegiatan ini harus dilakukan dengan dasar transparansi, sehingga tidak ada pihak yang kamu rugikan dalam menjalankan CSR perusahaan. Target utamanya biasanya adalah masyarakat yang berada paling dengan dengan lokasi perusahaan, dengan radius tertentu dari fasilitas yang dimiliki perusahaan.

Cukup mudah dipahami bukan? Intinya CSR ini adalah bentuk nyata partisipasi perusahaan atau bisnis yang kamu punya terhadap kebaikan lingkungan dan masyarakat yang ada di sekitar lokasi bisnis.

Manfaatnya untuk Keberlangsungan Bisnis Jangka Panjang

Csr perusahaan

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, program CSR perusahaan ini bisa membawa banyak keuntungan bagi perusahaan dalam keberlangsungannya untuk jangka panjang. Beberapa manfaat mendasar yang bisa kamu dapatkan dari pelaksanaan program ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Aktivitas Brand Awareness yang Kuat

Meski brand awareness erat kaitannya dengan konteks pemasaran, namun pelaksanaan CSR perusahaan yang berjalan lancar juga bisa menjadi salah satu pendukung terbentuknya awareness dari publik, khususnya yang berada di sekitar lokasi dari bisnis yang kamu punya.

Dengan kegiatan ini, aksi nyata perusahaan dan interaksinya dengan masyarakat akan dapat dirasakan langsung dan mudah menjadi bahan dokumentasi yang apa adanya. Publik yang turut serta dalam aktivitas ini bisa menyadari keberadaan bisnis yang kamu punya, dan mungkin saja menyebarkan kabar ini.

Peningkatan awareness dengan metode word of mouth menjadi hal yang paling wajar terjadi dari kegiatan perusahaan dengan publiknya.

2. Membangun Citra Perusahaan

Citra perusahaan akan berhubungan dengan bagaimana masyarakat mempersepsikan perusahaan di benak mereka. Semakin baik persepsi yang muncul, maka artinya semakin tinggi pula kepercayaan publik pada perusahaan yang kamu punya.

Dengan kegiatan pertanggungjawaban perusahaan pada lingkungannya ini, citra perusahaan secara langsung akan terangkat karena menunjukkan bukti nyata dukungan pada komunitas yang berada paling dekat dengan perusahaan.

Kepercayaan publik mulai dari yang terkecil akan terbangun, dan terus bergabung seiring berjalannya waktu. Tentu saja yang harus kamu ingat, kegiatan CSR ini tidak bisa hanya dilakukan satu kali saja, namun menjadi rangkaian kegiatan panjang berkelanjutan untuk komunitas yang ada di sekitar bisnis.

3. Pertisipasi Nyata Perusahaan untuk Masyarakat

Selain menyediakan produk yang menawarkan solusi untuk persoalan yang dihadapi publik, aktivitas CSR ini juga dapat menjadi bentuk partisipasi nyata perusahaan untuk masyarakat secara langsung. Kontribusi untuk komunitas penting dilakukan, sehingga hubungan baik bisa tercipta antara bisnis dan lingkungannya.

Turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan publik, perusahaan akan dengan mudah mendapatkan dukungan publik untuk terus beraktivitas dan berkarya di bidang yang digelutinya. Tanpa dukungan masyarakat terdekat ini, bisnis yang kamu punya bisa jadi sulit berkembang atau bahkan mengalami kemunduran.

Selain itu, perusahaan juga akan memiliki citra yang baik di mata pemerintah, karena ikut serta dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

4. Nilai Plus dan Potensi Kerjasama

Saat perusahaan yang kamu punya melaksanakan program CSR dengan baik, maka akan ada nilai plus yang ditambahkan oleh publik, mitra bisnis, dan komunitas industri yang ada di lingkungan tersebut. Dengan demikian, kamu bisa memperoleh citra baik dari aktivitas positif ini.

Citra yang semakin meningkat ini dapat mendatangkan berbagai potensi kerjasama dari pihak lain, yang ketika dapat dikelola dengan optimal, jelas membawa dampak baik pula bagi perusahaan.

Baca juga: Memajukan Bisnis dengan 5 Tips Remarketing yang Efektif 

Tidak sedikit manfaat CSR perusahaan yang sebenarnya bisa diperoleh, selama semua direncanakan dan dieksekusi dengan cermat. Semua kebaikan yang datang dari program CSR ini akan berdampak baik bagi bisnis dalam jangka panjang, yang artinya posisi bisnis di dalam komunitas juga dapat diamankan.

Semua urusan CSR perusahaan ini dapat menambah value yang dimiliki bisnis sehingga meningkatkan minat kerjasama dari berbagai pihak. Untuk melengkapi semua efek baik ini, jelas kamu juga perlu pengelolaan penjualan yang solid, yang dapat disediakan oleh iSeller. Ajukan COBA GRATIS sekarang juga, dan dapatkan semua keuntungannya dalam setiap fitur!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading