Terapkan Digital Marketing pada Bisnis, Ini 7 Strateginya - iSeller Blog

Terapkan Digital Marketing pada Bisnis, Ini 7 Strateginya

digital marketing

Selama ini, kamu mungkin sudah pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online. Atau mungkin saja kamu juga pernah melihatnya melalui website dan media sosial suatu perusahaan. Hal-hal semacam itulah yang dikenal dengan istilah digital marketing.

Konsep dan penerapan digital marketing menjadi satu hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Memangnya, sepenting apa sih strategi digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu?

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran dengan teknik atau memanfaatkan media digital untuk mendapatkan data, pasar, dan pelanggan. Dulu, strategi pemasaran lebih banyak memakai media konvensional untuk promosi seperti majalah, spanduk, baliho, dan lainnya. Tapi sekarang, teknologi dan internet sudah semakin maju hingga membuat kegiatan pemasaran lebih banyak memanfaatkan teknologi dan internet yang jauh lebih menguntungkan. 

Untuk dapat menerapkan strategi digital marketing, semua promosi akan diarahkan ke penggunaan media sosial, website, platform e-commerce, aplikasi, dan lain sebagainya.

Apa Saja Manfaat Penerapan Strategi Digital Marketing?

digital marketing
Sumber: Freepik

Sebetulnya ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika bisnis kamu menerapkan strategi digital marketing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Biaya promosi jadi lebih hemat, karena kamu tidak perlu menghabiskan dana untuk membuat brosur, spanduk, baliho, atau iklan di media cetak maupun televisi. Cukup gunakan media digital untuk mempromosikan produk kamu, seperti Facebook, Twitter, TikTok, Instagram, dan lainnya. Membuat akun di berbagai platform jauh lebih mudah dan praktis, tentunya juga tidak membutuhkan banyak biaya bahkan ada juga yang gratis.
  • Dengan menggunakan digital marketing, kamu dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tidak terbatas letak geografis. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sasaran customer seperti apa yang ingin dibidik sebagai target promosi, baik dari profesi, usia, lokasi, hobi, dan lain sebagainya.
  • Selain hemat biaya promosi dan menjangkau pasar yang lebih luas, digital marketing juga bisa meningkatkan penjualan. 
  • Dengan menggunakan digital marketing, kamu dapat menyediakan layanan pelanggan online selama 24×7 penuh. Itu artinya, kamu membuka kesempatan bagi para pelanggan untuk mengenal, berkomunikasi, berinteraksi, dan membangun hubungan yang solid sehingga tercipta pelanggan-pelanggan yang loyal terhadap bisnis kamu.
  • Selain itu, penerapan digital marketing secara tepat akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan data akurat terkait pelanggan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka. Dari data yang kamu dapatkan itu, kamu bisa melakukan analisis yang lebih cepat dan tepat untuk melakukan perbaikan atau untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Baca juga: 5 Tren Influencer Marketing Tidak Boleh Diabaikan di 2023

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Kamu

digital marketing
Sumber: Freepik

Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan, di antaranya adalah menyiapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Kedua, kamu harus menyiapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Ketiga, kamu dapat memulai mengunggah konten dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap media sosial yang dimiliki. Pada tahap ini, kamu harus menentukan mana yang memberikan feedback dan fokus dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis kamu. Langkah selanjutnya, kamu perlu masuk dan bergabung dengan forum marketplace public

Di bawah ini adalah beberapa strategi digital marketing yang bisa kamu pilih:

  1. Search Engine Optimization (SEO), merupakan suatu upaya untuk mengoptimasi sebuah situs supaya bisa mendapatkan peringkat paling atas dari hasil pencarian. Media yang digunakan seperti website, blogs dan infografis
  2. Content Marketing, yaitu merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini bisa dibuat dalam bentuk unggahan di blog, media sosial, artikel, e-book, infografis, maupun brosur online.
  3. Otomatisasi Pemasaran, yaitu teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini bisa dilakukan di kanal-kanal digital seperti email maupun media sosial.
  4. Pay-Per-Klik (PPC), merupakan sebuah cara untuk mengarahkan traffic ke situs bisnis kamu dengan bayaran setiap kliknya. 
  5. Native Advertising, merupakan bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang punya kemiripan dengan konten media dan penempatannya, seperti Promoted Post di Instagram dan Facebook.
  6. Affiliate Marketing, adalah menjalin mitra atau kerjasama dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis kamu.
  7. Sosial Media Marketing, yaitu kamu mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger, Instagram, dan lainnya.

Baca juga: Sudah Tahu Cara Iklan di Instagram? Coba Lihat di Sini!

Jangan Lupa Andalkan iSeller dalam Menjalankan Bisnis Kamu!

iSeller hadir menawarkan kemudahan pembayaran dan pengelolaan bisnis, baik secara online dan offline. Dengan fitur yang disediakannya, segala urusan pembayaran, pengelolaan persediaan, hingga laporan penjualan, semuanya bisa dipantau dari perangkat yang kamu gunakan.

Menerapkan strategi digital marketing dalam bisnis kamu, iSeller juga akan membantu meringkas proses penjualan. Bagaimana tidak, iSeller akan memudahkan pelanggan yang ingin melakukan pembelian langsung dari konten yang kamu luncurkan di berbagai platform media sosial. Dengan begitu, proses jual-beli akan berjalan lebih cepat, efektif, dan praktis, serta lengkap dengan pencatatan yang real-time sehingga semua laporan bisa dibuat dengan lebih mudah. Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai fitur-fitur iSeller di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading