5+ Kelebihan Aplikasi Kasir Android, Pilih yang Terbaik! - iSeller Blog

5+ Kelebihan Aplikasi Kasir Android, Pilih yang Terbaik!

Teknologi yang sekarang ada, harus digunakan semaksimal mungkin untuk kemajuan bisnis yang kamu miliki. Misalnya saja, penerapan aplikasi kasir Android, yang dapat memudahkan proses penjualan, pencatatan, hingga dokumentasi data untuk keperluan laporan.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan aplikasi ini?

Sebenarnya secara mendasar aplikasi ini, serupa dengan namanya, adalah sebuah program yang dapat digunakan membantu urusan kasir dengan menggunakan sistem operasi Android. Jadi penggunaannya wajib memanfaatkan perangkat dengan sistem operasi serupa.

Lebih Jauh Soal Aplikasi Kasir Android

Aplikasi kasir, atau juga dikenal dengan sebutan lain point of sales, merupakan sebuah sistem yang dapat membantu proses pelayanan pelanggan pada tahap transaksi akhir. Barang yang dibeli akan secara otomatis dideteksi ke dalam sistem, dan pembayaran yang diberikan akan diterima hingga proses selesai dengan pelanggan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pada aplikasi kekinian sistem juga dapat membantu mencatat pengurangan stok barang yang ada di gudang, catatan harian penjualan, dan bahkan terintegrasi dengan aplikasi yang dipasang di titik penjualan yang lain.

Jadi artinya, semua terintegrasi dalam satu sistem terpadu, dan dapat membantumu mencatat semua transaksi dan pengaruhnya di perubahan stok yang ada di fasilitas penyimpanan.

Apa Fungsinya?

Aplikasi kasir android

Apapun aplikasi kasir yang kamu gunakan, terdapat beberapa fungsi mendasar yang wajib dipastikan. Setidaknya dengan memastikan fungsi yang dituliskan di bawah ini, optimasi aplikasi kasir bisa benar-benar maksimal.

  • Mencatat transaksi penjualan dan retur penjualan dari setiap toko yang kamu punya, lengkap dengan mencetak struk atau faktur penjualannya
  • Mencatat transaksi pergerakan barang yang masuk dan keluar dari toko atau fasilitas penyimpanan
  • Mencatat biaya lain yang terjadi di dalam toko
  • Mencatat transaksi setiap pelanggan untuk membantu program loyalitas
  • Mencatat performa toko dan capaian penjualan setiap kurun waktu tertentu
  • Menyediakan laporan sederhana terkait penjualan dan aktivitas toko
  • Menjalankan transaksi penjualan secara offline karena fungsi aplikasi kasir tidak hanya di sisi online tapi pada transaksi langsung juga wajib dipastikan

Dengan fungsi dasar tersebut, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini untuk membantu aktivitas toko dan kasir secara penuh. Di akhir periode waktu, kamu juga bisa memanfaatkan laporan yang tersaji dari semua catatan yang telah dibuat di dalam sistem.

Kelebihan Penggunaan Aplikasi Kasir Berbasis Android

Aplikasi kasir berbasis Android ada untuk memberikan kemudahan bagi pebisnis, staf, dan pelanggan yang terlibat di dalam transaksi. Maka beberapa kelebihan berikut ini bisa dicermati, agar kamu bisa memiliki alasan kuat untuk menggunakan program tersebut.

1. Simpel, Canggih, Terjangkau

Karena menggunakan basis sistem operasi Android, maka penggunaannya akan sangat simpel tapi tetap dengan teknologi yang cukup canggih. Di waktu yang sama, kamu juga tidak perlu membeli perangkat mahal karena perangkat smartphone atau tablet Android harganya cenderung terjangkau.

2. Satu Akun untuk Semua Kebutuhan Bisnis

Aplikasi kasir Android juga memungkinkan kamu untuk membuat satu akun tunggal untuk berbagai kebutuhan bisnis. Artinya, setiap mesin kasir atau POS yang digunakan akan terhubung pada satu akun, sehingga pengelolaan data yang dibutuhkan bisa lebih terpusat.

3. Sistem Penyimpanan Data Praktis

Setiap data yang terkait dengan transaksi akan secara mudah disimpan pada media penyimpanan yang tersedia. Nantinya direktori ini bisa diakses dengan mudah melalui perangkat yang kamu pegang. Jadi, kapanpun dimanapun kamu perlu akses atas data penjualan, kamu tinggal membuka akun dan melihat data tersaji dengan jelas.

4. Memungkinkan Pemantauan Data Online

Menyambung dari poin ketiga tadi, kamu bisa melihat data penjualan secara online dan praktis melalui perangkat yang kamu punya. Laporan dan catatan transaksi akan terlihat jelas saat kamu masuk dengan akun owner yang kamu punya, sehingga peninjauan pada setiap pos penjualan berjalan dengan mudah.

5. Dengan Mudah Memantau Toko

Baik toko online atau toko offline, kamu bisa memantaunya melalui aplikasi yang telah terintegrasi. Dengan begini, kontrol yang kamu punya terhadap penjualan dan pencapaian target akan semakin baik.

Selain kelima kelebihan di atas, kamu juga bisa mendapatkan beberapa kelebihan lain pada aplikasi kasir Android yang tepat. Misalnya saja, dapat memantau stok barang yang dimiliki, kemudian adanya fitur laporan transaksi, hingga ekspor data dalam bentuk CSV atau format lain yang dibutuhkan.

Lalu Apa Aplikasi yang Terbaik?

Aplikasi kasir android

iSeller, menjadi jawaban atas kebutuhan bisnis yang kamu miliki dalam menggunakan aplikasi kasir Android terbaik. Aplikasi dan sistem POS yang disediakan iSeller dapat mendukung bisnis yang kamu punya, dengan fitur yang praktis, solutif, intuitif, dan modern, serta mudah diadaptasi oleh setiap jenis bisnis.

Baca juga: Jangan Sepelekan Keberadaan Bukti Transaksi, Ini 4 Fungsinya 

Dengan berbagai kemudahan yang disediakan iSeller, bisnis yang kamu jalankan jelas akan menjadi semakin maju. Aplikasi kasir Android terbaik bisa diperoleh pada produk kami, dan jika ragu kamu bisa mengajukan UJI COBA GRATIS sekarang dengan klik tautan tersebut!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading