Pentingnya Transformasi Digital dalam Menjalankan Bisnis - iSeller Blog

Pentingnya Transformasi Digital dalam Menjalankan Bisnis

transformasi digital adalah

Kamu mungkin bertanya, kenapa bisnis harus melakukan transformasi digital? Sebagaimana yang telah diketahui bersama, bahwa digitalisasi sudah merambah ke semua aspek kehidupan. Maka dari itu, bisnis juga harus mengimplementasi transformasi digital ini untuk efisiensi dan lebih kompetitif di pasar. 

Transformasi digital, artinya adalah perpindahan proses manual atau konvensional menjadi digital dengan memanfaatkan teknologi. Pada dunia digital, transformasi digital ini lebih merujuk pada cara teknologi dalam merevolusionerkan bisnis dengan berbagai bidang teknologi yang baru. Di antaranya seperti pembelajaran mesin, data besar, hingga internet untuk segala hal.

Kemudian, bentuk transformasi digital dalam dunia bisnis telah mengubah keterlibatan klien, perdagangan, pemasaran, dan lain sebagainya. Lantas, mengapa transformasi digital diperlukan dalam bisnis?

Pentingnya Transformasi Digital bagi Bisnis

transformasi digital adalah
Sumber: Freepik

Merambahnya transformasi digital di dalam dunia bisnis sangat penting untuk diterapkan. Berikut ini adalah sederet alasan pentingnya transformasi dalam dunia bisnis yang perlu diketahui:

  1. Mengingat salah satu manfaat teknologi adalah sebagai alat atau wahana untuk membantu mempercepat pekerjaan manusia, maka dengan transformasi digital bisnis dapat meningkatkan laju perubahan digital secara eksponensial. Para pebisnis juga bisa membawa bisnis ke pasar yang lebih luas, seperti memberikan kemudahan akses melalui internet, hingga memanfaatkan AI untuk meningkatkan produksi bisnis.
  2. Tingginya laju perekonomian tentunya akan membuat perusahaan semakin bersaing dalam meningkatkan performa bisnisnya. Perusahaan yang masih bertahan dalam bisnis konvensional, mau tidak mau harus bersaing dengan perusahaan rintisan berbasis digital. Maka dari itu, transformasi digital bisa menjadi solusi untuk meningkatkan performa bisnis dan perusahaan. Perusahaan bisa memanfaatkan model bisnis berbasis digital untuk bersaing dengan perusahaan lainnya.
  3. Tentu saja, para pelanggan mengharapkan pengalaman yang baik di semua aspek bisnis dan perusahaan. Maka dari itu, setiap perusahaan harus memastikan interaksi mereka dapat berjalan lancar dengan pelanggan. Dengan transformasi digital, perusahaan bisa memanfaatkan kemudahan akses internet untuk berinteraksi dengan para pelanggan.

Baca juga: Kembangkan Bisnis, Pilih Media Promosi yang Paling Tepat!

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Memulai Transformasi Digital

transformasi digital adalah
Sumber: Freepik

Untuk memulai transformasi digital pada bisnis, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Apa sajakah itu?

1. Sumber Daya Manusia (SDM) yang Siap Akan Perubahan

SDM memiliki peranan yang sangat penting dalam proses transformasi digital bisnis, karena SDM merupakan user yang akan merasakan secara langsung proses transformasi digital.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa ditiru untuk mempersiapkan SDM supaya mereka mampu beradaptasi dengan digitalisasi bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan metode pembatasan pemakaian kertas, sehingga akan memaksa SDM untuk beralih menggunakan fasilitas digital dalam membuat dokumen dan menyimpan dokumen. Cara ini dinilai sangat efektif untuk belajar membiasakan diri menggunakan fasilitas digital. 
  • Bangun kebiasaan menyimpan berbagai dokumen yang berhubungan dengan bisnis dan perusahaan pada cloud.
  • Jalin komunikasi dengan team secara digital. Selain memudahkan semua anggota perusahaan berkomunikasi, komunikasi secara digital juga akan membuat lingkungan kerja menjadi lebih kondusif.
  • Membuat workshop khusus untuk literasi digital, seperti pelatihan penggunaan sistem atau aplikasi. Dengan memulai literasi digital seperti ini, diharapkan SDM akan lebih sadar betapa pentingnya transformasi digital baik bagi bisnis maupun bagi SDM itu sendiri.

2. Alokasikan Dana untuk Investasi pada Sistem atau Teknologi

Melakukan proses transformasi digital bisnis, maka akan ada dana yang perlu disiapkan karena transformasi digital berarti mengadaptasi teknologi baru. Tetapi perlu diingat, jangan terburu-buru merubah semua sistem menjadi sistem digital dan sebaiknya dilakukan secara bertahap. Tujuannya adalah untuk memastikan proses transformasi digital bisa diterima dengan baik, dan untuk mengatur dana supaya tidak bengkak di awal.

3. Jadwalkan Evaluasi Secara Berkala

Pastikan kamu membuat jadwal evaluasi secara berkala untuk memastikan proses transformasi digital bisnis telah berjalan dengan baik. Hal-hal yang ingin dievaluasi juga perlu dijabarkan secara detail supaya kamu bisa mendapatkan hasil evaluasi yang lebih menyeluruh.

Menilai efektivitas dari setiap tahapan transformasi digital bisnis sangat penting, bukan hanya perkara nilai uang yang sudah dialokasikan saja. Namun juga mengenai kesiapan perubahan sistem pada tahapan transformasi digital selanjutnya.

Baca juga: Terapkan Digital Marketing pada Bisnis, Ini 7 Strateginya

Andalkan iSeller dalam Menjalankan Bisnis!

Sebagai salah satu bentuk transformasi digital, iSeller hadir menawarkan berbagai kemudahan dalam hal pembayaran dan pengelolaan bisnis, baik secara online dan offline. Dengan fitur yang disediakan, segala urusan pembayaran, pengelolaan persediaan, hingga laporan penjualan, semuanya bisa kamu pantau dari perangkat yang kamu gunakan.

Lebih dari itu, iSeller juga bisa membantu meringkas proses penjualan karena iSeller akan memudahkan pelanggan yang ingin melakukan pembelian langsung dari konten yang kamu luncurkan di berbagai platform media sosial. Dengan begitu, proses jual beli akan berjalan dengan lebih cepat, efektif, dan praktis, lengkap dengan pencatatan yang real-time sehingga semua laporan bisa dibuat dengan cara lebih mudah.

Waktu yang tepat untuk memulai transformasi digital bisnis adalah sekarang! Yuk, mulai dengan mencari tahu lebih banyak mengenai fitur-fitur iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading