Cara Daftar Google AdSense dan 5 Keuntungannya untuk Bisnis - iSeller Blog

Cara Daftar Google AdSense dan 5 Keuntungannya untuk Bisnis

daftar google adsense

Untuk mendapatkan penghasilan, kanal yang dipakai sebenarnya sangat banyak. Bagi pebisnis misalnya, selain melakukan berbagai campaign pemasaran dan upaya penjualan di berbagai titik, kamu juga bisa memanfaatkan situs resmi atau konten yang kamu punya. Hal ini bisa dilakukan dengan Google AdSense. Tapi pertanyaannya, apa kamu sudah tahu cara daftar Google AdSense dan menjadi penggunanya?

Google AdSense sendiri adalah program periklanan dari Google yang memungkinkan penggunanya mendapatkan penghasilan dari iklan lewat video di YouTube, unggahan di blog, atau menggunakan situs resmi yang kamu punya.

Mulai tertarik? Cermati cara daftarnya di sini!

Baca juga: Memajukan Bisnis dengan 5 Tips Remarketing yang Efektif

Cara Daftar Google AdSense

daftar google adsense

Sebelum bisa memakai fitur yang ditawarkan, kamu terlebih dahulu harus membuat akun Google AdSense untuk bisnis yang kamu kelola. Cara untuk mendaftarnya cukup sederhana, seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Buka browser pada https://www.google.com/adsense/start
  • Kemudian klik Mulai
  • Masuk ke akun Google yang kamu punya
  • Halaman baru akan muncul, dan masukkan URL situs tempat kamu ingin menampilkan iklan, misalnya URL situs resmi bisnis atau blog yang digunakan untuk bisnismu sebagai media utama
  • Pilih apakah kamu ingin agar AdSense mengirim bantuan yang disesuaikan dan saran kinerja atau tidak
  • Kemudian pilih negara atau wilayah pembayaran
  • Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  • Klik Mulai untuk menggunakan AdSense

Dan selesai, kini kamu sudah memiliki akun Google AdSense dan URL yang kamu masukkan bisa mulai ditawarkan pada pengiklan guna memasang iklan sesuai dengan kriteria yang ditentukan

Pahami Cara Kerja Fitur Ini, Dan Maksimalkan Potensinya

daftar google adsense

Secara praktis Google AdSense memiliki cara kerja yang cukup sederhana.

1. Ruang Iklan pada Situs

Untuk bisa memasang iklan, maka pengiklan harus mendapatkan space yang tersedia untuk menampilkan iklannya. Maka dari itu, kamu harus memastikan laman yang kamu masukkan ke Google AdSense tadi memiliki ruang yang tersedia untuk meletakkan iklan.

Ruang ini bisa beragam posisinya, mulai di bagian header, kemudian tengah artikel, sidebar, atau di bagian footer. Kamu tinggal menempelkan kode berupa script di bagian yang sudah ditentukan, dan otomatis iklan akan muncul di bagian tersebut sesuai dengan minat dan riwayat penjelajah internet dari siklus pengunjung.

2. Iklan Biaya Paling Tinggi

Pengiklan yang ingin memasang iklan jumlahnya sangat besar. Maka sistem Google AdSense akan mengutamakan iklan dengan biaya paling tinggi untuk dilihat audience yang berkunjung ke laman yang kamu kelola.

Pemunculan iklan ini akan berurutan ke biaya iklan yang lebih rendah secara terus menerus tergantung dengan kesediaan ruang dan antrian yang ada pada sistem iklan Google AdSense.

3. Pendapatan Tergantung Iklan yang Diklik

Nah soal pendapatan yang kamu peroleh, akan bergantung pada total jumlah iklan yang dipasang diklik dalam satu periode waktu. Ini kenapa, kamu perlu memastikan adanya traffic yang tinggi pada laman yang disediakan untuk beriklan, jadi kamu bisa memiliki potensi pendapatan yang lebih tinggi.

Banyak variabel pada jumlah pendapatan yang diperoleh dari penggunaan fitur ini. Misalnya saja, pada jenis produk dan persaingan bid yang dilakukan pengiklan, jumlah klik total dalam satu periode waktu, hingga jumlah pengunjung yang datang ke laman yang kamu sediakan.

Sedikitnya 5 Keuntungan Penggunaan Google AdSense

daftar google adsense

Ketika bisnis atau situs yang kamu punya menggunakan fitur ini, maka akan ada setidaknya lima keuntungan yang bisa kamu nikmati.

1. Pendapatan Tambahan

Keuntungan pertama jelas adalah adanya kanal pendapatan tambahan untuk bisnis atau untukmu sendiri. Pendapatan yang diperoleh ini akan dapat dicek dan dicairkan dengan cara yang telah disediakan oleh Google AdSense. Jadi maksimalkan popularitas website dan konten YouTube yang bisnismu punya!

2. Iklan yang Muncul Sesuai

Iklan yang akan masuk akan sesuai dengan isi konten dari laman yang kamu punya. Jadi iklan yang muncul ini tidak akan terlalu mengganggu dan membuat pengunjung situs merasa risih.

3. Bentuk Bisa Disesuaikan

Konsep website yang kamu punya jelas sudah atur sedemikian rupa agar sesuai dengan karakter bisnis, produk, dan brand bisnis. Nah iklan yang masuk ini akan bisa kamu sesuaikan bentuknya, jadi tidak akan mengganggu estetika dan kemudahan pengunjung menggunakan website.

Ukuran, bentuk, latar belakang, dan border iklan, semua bisa disesuaikan.

4. Referensi Optimasinya Banyak!

Jangan takut untuk merasa bingung, karena direktori dokumentasi Google AdSense sangat banyak. Kamu bisa dengan mudah menemukan tips optimasinya di banyak sumber, jadi ketika kamu menemukan masalah kamu bisa segera mendapatkan solusinya.

5. Statistik Laporan Lengkap

Kamu juga bisa dengan mudah menemukan statistik terkait performa website, performa iklan, dan jumlah pendapatan yang diperoleh dengan mudah. Hal ini akan tercantum dalam fitur yang tersedia, jadi kamu bisa mengontrol dan memonitornya dengan praktis.

Baca juga: Penerapan Omnichannel dalam Bisnis, Ini 5 Strateginya! 

Setelah tahu cara daftar Google AdSense dan keuntungannya ini, apa kamu mulai tertarik menggunakannya? Untuk menambah penghasilan, cara ini cukup efektif lho, apalagi jika website yang kamu punya sudah cukup ramai. Tentu saja, secara mendasar kamu juga tetap harus memperhatikan aktivitas bisnis utama yang kamu punya. Untuk mendukung kelancaran transaksi yang dilakukan pelangganmu, kamu bisa menggunakan POS System dari iSeller. Praktis, mudah diintegrasikan, dan memberikan laporan yang lengkap setiap saat, POS System ini bisa membantu bisnis meningkatkan efisiensinya, dan memaksimalkan keuntungan. COBA GRATIS sekarang, dan rasakan manfaatnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading