9 Ide Bisnis Kreatif dengan Modal Kecil, Cocok untuk Anak Muda! - iSeller Blog

9 Ide Bisnis Kreatif dengan Modal Kecil, Cocok untuk Anak Muda!

ide bisnis kreatif

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bisnis kreatif itu? Apakah berbeda dengan bisnis atau usaha pada umumnya? Bisnis atau usaha kreatif adalah menjalankan suatu bisnis dengan mengusung inovasi dan keunikan, sehingga terbilang berbeda dari usaha lainnya. Ide bisnis kreatif dapat melibatkan penggabungan dua hal atau lebih untuk bisa menciptakan ide-ide secara langsung.

Dengan berpikir kreatif, maka seorang pengusaha bisa menciptakan inovasi pada produk yang dipasarkan, sehingga akan menambah atau menciptakan produk tertentu yang bermanfaat baik secara sosial maupun ekonomi.

Ide Bisnis Kreatif dengan Modal Kecil

ide bisnis kreatif
Sumber: Freepik

Sebagai referensi, berikut ini adalah ulasan tentang 9 ide bisnis kreatif dengan modal kecil, yang cocok untuk anak muda. Yuk, simak!

1. Bouquet Gift

Ide bisnis kreatif yang cocok untuk anak muda adalah bouquet gift. Jika dulu kebanyakan bouquet dibuat dari bunga, sekarang ini bouquet bisa dikreasikan dengan menggunakan snack, pakaian, uang, make up, dan lain sebagainya. Karena bahannya unik, dijamin potensi keuntungan bisnis ini cukup besar!

2. Custom Case

Tingginya angka pengguna smartphone membuat bisnis aksesoris seperti case cukup banyak diminati. Sebagai langkah inovatif, kamu bisa membuat custom case dengan desain dan bentuk yang unik. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini cukup kecil, dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

3. Hand Lettering

Hand lettering bisa menjadi salah satu ide bisnis kreatif yang cocok untuk anak muda. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah sejumlah kertas, alat tulis, dan kemampuan menulis tangan yang rapi. Bagi kamu yang punya kemampuan di bidang ini, jangan sampai melewatkan potensi cuan yang satu ini, ya!

4. Bisnis Foto Polaroid

Mengingat tidak semua orang bisa membeli kamera polaroid, jadi hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis baru. Kamu bisa membuka jasa cetak foto biasa di kertas ala foto polaroid. Untuk membuka usaha jasa ini, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, kok!

5. Surprise Box

Konsep bisnis yang satu ini hampir sama dengan bouquet gift, hanya saja hadiah diletakkan di dalam box dan pemesan tidak mengetahui ada apa saja di dalamnya. Keunikan ini tentunya akan membuat surprise box berbeda dari bisnis gift lainnya, karena belum banyak yang membuat bisnis serupa. Dengan begitu, peluang keuntungan bisnis ini pun cukup besar.

6. Bisnis DIY (Do it Yourself)

Siapa sangka kalau menyediakan alat dan bahan saja bisa menjadi peluang bisnis masa kini yang menjanjikan? Karena yang disediakan adalah “bahan mentah”, maka modal yang dibutuhkan tentu tidak terlalu besar. Beberapa contoh ide bisnis DIY yang bisa kamu buat adalah paket membuat kaos tie dye, paket mewarnai cangkir tanah liat, paket membuat lilin aroma terapi, dan lain sebagainya.

7. Challenge Book

Ide bisnis kreatif lain yang bisa kamu coba adalah membuat challenge book. Challenge book ini bisa berisi beberapa tantangan, misi, atau teka-teki yang bisa dimainkan bersama dengan teman dan keluarga. Supaya konsepnya lebih unik, kamu bisa membuat buku yang interaktif. 

8. Jasa Konten Kreator

Peran media sosial cukup besar saat ini, jadi jika kamu memiliki keahlian yang memadai, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang itu dan coba membuka jasa konten kreator. Konten yang ditawarkan bisa berupa tulisan untuk blog atau website atau video untuk Youtube, Tiktok, maupun Instagram.

9. Jasa Desain Grafis

Selain jasa konten kreator, ide bisnis kreatif lain yang bisa kamu tekuni adalah jasa desain grafis. Kemampuan ini cukup sering dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Baca juga: 6 Keuntungan Kasir Online untuk Bisnis, Sudah Coba?

Tips Mengoptimalkan Bisnis dengan Keuntungan yang Menjanjikan

ide bisnis kreatif
Sumber: Freepik

Kalau kamu sudah menentukan ide bisnis kreatif mana yang akan dilakoni, di bawah ini ada beberapa tips yang tidak boleh dilewatkan!

Untuk memulai suatu bisnis, tentunya membutuhkan modal. Jadi, pastikan kamu memilih jenis bisnis yang sesuai dengan modal yang kamu miliki, ya! Lalu, jangan lupa jalani bisnis sesuai dengan minatmu.

Tips berikutnya adalah melihat lokasi bisnis yang strategis sehingga dapat membantu kamu menentukan peluang bisnis apa yang cocok di daerah tersebut. Jika kamu tidak memiliki opsi tempat lain dan hanya bisa menggunakan rumah, maka pastikan ruangannya mendukung untuk memulai bisnis. Tapi jika tersedia opsi lain atau memiliki dana lebih, maka tidak ada salahnya untuk menyewa tempat yang lebih strategis demi mengembangkannya.

Terakhir adalah bagian pemasaran yang wajib dilakukan jika kamu ingin terus mengembangkan bisnismu. Jangan ragu untuk terus memasarkannya di mana saja selagi ada kesempatan!

Baca juga: 4 Cara Optimalkan Pengelolaan Stok Barang, Baca di Sini!

Itulah beberapa ide bisnis kreatif dengan modal kecil yang cocok untuk anak muda, serta tips untuk mengoptimalkannya. Apapun jenis bisnis yang kamu pilih, selama kamu tahu seberapa besar potensi dan peluangnya, maka kamu tidak perlu khawatir bisnis tidak akan berkembang pesat.

Jangan lupa untuk menggunakan sistem kasir online saat menjalankan bisnis. Kamu bisa klik di sini sekarang juga untuk mendapatkan informasi lengkap seputar fitur-fitur yang disediakan!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading