Cara Jualan di Tiktok Shop yang Tepat untuk Meningkatkan Omset Bisnis - iSeller Blog

Cara Jualan di Tiktok Shop yang Tepat untuk Meningkatkan Omset Bisnis

cara jualan di tiktok shop

Rasanya, hampir tidak ada yang tak kenal dengan aplikasi TikTok. Media sosial yang satu ini memang sedang ramai-ramainya, mulai dari anak-anak sampai orang tua banyak yang menggunakan media sosial ini. Dan kabar baiknya, TikTok telah meluncurkan fitur belanja sehingga membuat banyak pelaku usaha penasaran. Kira-kira, bagaimana cara jualan di TikTok Shop? Dan mengapa harus mencoba berjualan di TikTok Shop?

TikTok Shop merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh TikTok, yang memungkinkan para pengguna, kreator, pebisnis, atau brand untuk menawarkan produknya secara langsung dengan cara menautkan link pada video, live, maupun pada etalase Shop

Berdasarkan survei Adweek, ada sebanyak 49% pengguna TikTok yang akan membeli produk atau jasa setelah mereka menonton iklan, ulasan, atau promosi yang ada. Nah, dari adanya temuan ini tentunya semakin memperkuat alasan untuk bejualan di TikTok Shop, bukan?

Adapun cara jualan di TikTok Shop bisa kamu simak di bawah ini!

Kenapa Kamu Perlu Jualan di TikTok Shop?

cara jualan di tiktok shop
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa alasan penting dan fakta menarik tentang TikTok yang perlu kamu ketahui:

  • TikTok memiliki rata-rata satu juta tayangan per hari dalam satu tahun pertama, dan jumlah ini terus meningkat setiap waktunya.
  • Ada sekitar banyak sekali pengguna TikTok yang membagikan konten setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi pengguna TikTok sangat tinggi dibandingkan dengan media sosial lain.
  • TikTok menggunakan kecerdasan buatan atau AI untuk menghitung konten video yang paling mungkin untuk menjadi viral. Seperti yang diketahui, TikTok memiliki lama FYP yang berisi video viral. Jadi, jika kamu mampu memproduksi konten bisnis yang menarik, maka akan sangat mungkin kontenmu muncul di FYP banyak pengguna aktif TikTok.
  • Ada fitur analisis video untuk melihat sebaik apa kinerja konten video yang sudah diunggah, di mana dengan fitur ini kamu bisa melihat jangkauan audiens, total penayangan, rata-rata penonton, dan lain sebagainya.
  • TikTok bisa diakses melalui browser di PC, sehingga kamu bisa memproduksi dan membagikan banyak konten dengan lebih baik.
  • Para pengguna TikTok bisa membuat konten dengan fitur duet, di mana fitur ini sangat menguntungkan bagi bisnis. Alih-alih membayar influencer untuk mempromosikan produk, akan lebih menarik jika kamu bersama-sama dengan influencer membuat konten duet.
  • Aplikasi TikTok juga tersedia di lebih dari 154 negara, yang artinya kamu sangat mungkin memasarkan produk hingga ke banyak negara.
  • Kamu juga bisa membuat video slideshow dari beberapa foto. Jika kamu sudah lama berjualan di e-commerce dan tidak mempunyai bahan video, maka kamu bisa membuat video TikTok cukup dengan menggabungkan beberapa foto produk saja.
  • Mengunggah konten di waktu tertentu bisa meningkatkan tayangan, lho! Waktu terbaik untuk mengunggah konten di TikTok yaitu antara jam 6 hingga jam 10 pagi, atau antara jam 7 hingga 11 malam.
  • Konten TikTok bisa menghasilkan uang, karena dengan membagikan video kamu juga bisa mendapatkan pemasukan.

Baca juga: 3 Tahapan Utama Siklus Akuntansi yang Perlu Diketahui

Cara Jualan di TikTok Shop dan Strategi Promosi yang Tepat

cara jualan di tiktok shop
Sumber: Freepik

Banyak pebisnis ulung yang menyebut TikTok sebagai lahan basah untuk meraup banyak keuntungan, apakah kamu juga setuju?

Bagi kamu yang tertarik untuk mengembangkan bisnis atau berencana memulai cara jualan di TikTok Shop, cara jualan di TikTok Shop berikut ini tidak boleh kamu lewatkan!

  • Langkah pertama, kamu harus mengunjungi laman https://seller-id.tiktok.com/ untuk menjadi penjual di Tiktok Shop. Lalu silakan lakukan pendaftaran menggunakan akun TikTok atau email yang kamu miliki.
  • Isikan semua data diri dengan benar dan lengkap, lalu klik simpan.
  • Selanjutnya kamu bisa klik mulai menjual, maka akan terbuka laman baru yang berisi beberapa menu, dan kamu bisa pilih menu tambah produk pertama > tambah produk.
  • Silakan isi semua data yang diminta, lalu verifikasi dokumen dengan mengunggah dokumen Nomor Induk Berusaha bagi badan korporasi, serta KTP atau Paspor bagi penjual perseorangan.
  • Kemudian langkah yang terakhir adalah klik tautkan rekening bank untuk menerima pembayaran dari penjualan produk kamu.

Baca juga: Memajukan Bisnis dengan 5 Tips Remarketing yang Efektif

Karena media sosial TikTok telah berkembang pesat dan pergeseran pola belanja, kamu memang perlu memaksimalkannya sebaik mungkin. Ditambah lagi, melalui TikTok penghasilanmu tidak hanya datang dari penjualan barang, tapi juga dari video yang kamu unggah. Jadi, jangan lupa untuk membuat jadwal dan tema video secara rutin, ya!

Kabar baiknya, iSeller bisa kamu andalkan untuk membantu mengelola penjualan di TikTok, lho! Dengan penggunaan sistem dari iSeller, kamu akan lebih mudah dalam mengelola penjualan dari platform ini, dan beberapa platform lainnya secara terintegrasi. Semua metode pembayaran juga tersedia lengkap, jadi pelanggan akan lebih mudah dalam melakukan transaksi. Yuk, coba GRATIS sekarang dan optimalkan bisnis kamu hingga capai omset besar!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading