Tips Memulai Bisnis Online Store dan Digital Tools Pendukungnya - iSeller Blog

Tips Memulai Bisnis Online Store dan Digital Tools Pendukungnya

online store

Perkembangan teknologi internet dan smartphone yang semakin pesat, bisnis online pun semakin marak digeluti banyak orang termasuk online store. Hal ini karena bisnis yang satu ini dinilai memiliki banyak keuntungan. 

Keuntungan yang pertama adalah bisnis online store bisa dijalankan tanpa modal besar, tidak seperti mendirikan toko offline yang butuh banyak biaya seperti gedung yang dijadikan tempat jualan, atau produk yang harus dipajang. Bisnis online store alias online shop (olshop) dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Selain itu, berbisnis olshop mengandalkan jaringan internet yang membuat semakin luasnya jangkauan pembeli, terutama dalam hal pemasaran bisnis. Melalui internet, calon pembeli tidak hanya datang dari dalam negeri saja, bahkan dari luar negeri pun sangat mungkin terjadi. Yang dibutuhkan adalah kamu harus pintar menggunakan atau mengoptimalkan SEO agar bisnis mudah ditemukan pembeli.

Bisnis olshop, sebagai penjual kamu tidak harus memajang produk fisik di toko seperti saat berjualan offline. Kamu cukup menyediakan katalog yang berisi deskripsi seputar produk yang ditawarkan. Selain itu, mendirikan bisnis ini juga tidak membutuhkan karyawan seperti jika kamu menekuni toko offline

Bagaimana Cara Berbisnis Online Store yang Tepat?

online store
Sumber: iSeller

Untuk memulai bisnis online store memang tidak sama dengan bisnis offline, dan persiapan yang dilakukan mungkin cukup lebih detail. Berikut ini adalah bagaimana cara memulai bisnis online store yang bisa dicoba:

  • Sebelum memulai berbisnis olshop, apa saja yang harus dipersiapkan? Kamu harus menyiapkan laptop, PC atau smartphone, hingga kuota internet. Kemudian, cobalah untuk membuat website khusus olshop. Selain itu, kamu juga harus mengerti tentang internet marketing agar lebih mudah berjualan nantinya.
  • Setelah fasilitas yang dibutuhkan telah siap, kamu harus menentukan tema terkait produk apa yang akan dijual. Ada banyak sekali tema yang bisa dipilih, misalnya dalam bidang kuliner, perawatan kulit, kosmetik atau fashion, dan lain sebagainya. Setelah memilih salah satu, perhatikan sedetail mungkin tentang produk yang akan dijual.
  • Untuk menjalankan bisnis ini, perlu juga untuk melakukan riset kompetitor.
  • Selanjutnya, pertimbangkan untuk mencari supplier yang tepat. Setidaknya temukan yang bisa memberikan harga termurah sehingga kamu bisa mendapat untung yang lebih besar. 
  • Buatlah brand yang meyakinkan, sehingga akan membuat orang yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan.
  • Lakukan promosi dengan strategi yang tepat. Promosi online melalui media sosial bisa dilakukan secara gratis maupun berbayar. Jika dilihat dari keefektifan, jelas lebih baik yang berbayar, karena promosi akan dibantu oleh pihak ketiga sehingga lebih tertarget. Namun meskipun memilih yang gratis, tidak menutup kemungkinan bisnis bisa menghasilkan banyak keuntungan, kok. Jika dari awal sudah gencar melakukan promosi, maka pembeli juga akan semakin banyak berdatangan.

Baca juga: 5 Cara Membuat Iklan yang Menarik, Dijamin Bikin Banjir Order!

Bagaimana Cara Mempromosikan Bisnis Online Store yang Efektif?

online store
Sumber: iSeller

Bagian terpenting dari memulai bisnis online store adalah dalam hal mempromosikannya pada banyak orang. Sebab, pada sistem jual online seperti ini calon pembeli tidak bisa melihat secara langsung apa yang sedang ditawarkan oleh penjual.

Nah, berikut adalah apa saja yang harus dilakukan untuk mempromosikan bisnis online store yang dimiliki:

  • Ada banyak jenis media sosial saat ini yang bisa kamu gunakan untuk media promosi olshop. Selain membuat website sendiri, kamu juga bisa mempromosikan dagangan melalui berbagai media sosial tersebut. Cobalah untuk membuat akun pada media sosial tersebut, lalu dapatkan target pasar sebanyak-banyaknya.
  • Meskipun media sosial bisa menjadi tempat promosi yang bagus, tapi baiknya hindari melakukan spam notif. Terkadang, banyak pemilik olshop secara acak menandai (tag) pada pengguna media sosial. Padahal, tidak semua orang suka dengan ide ini, malahan tidak jarang banyak yang terganggu, lho. Jadi sebaiknya gunakan secara bijaksana, ya.
  • Bisnis olshop tentu akan lebih sempurna dengan adanya katalog produk yang ditujukan untuk calon pembeli. Ini akan sangat berguna agar pembeli lebih mudah dalam mencari dan memilih produk yang diinginkan. 
  • Jangan lupa untuk memerhatikan kelengkapan informasi! Karena sifatnya online, jadi calon pembeli tidak bisa mengetahui secara langsung kondisi barang yang ditawarkan. Maka dari itu, kamu perlu menyediakan informasi terkait produk selengkap mungkin, sehingga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan pembeli pada online shop yang dibuat. 
  • Tambahkan fitur “chat service” pada website bisnis olshop yang kamu buat. Fitur ini akan mempermudah calon pembeli dalam berkomunikasi dengan penjual. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyisipkan nomor kontak yang bisa dihubungi, ya.
  • Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang ramah dan sebisa mungkin untuk memberikan informasi sebanyak mungkin agar pelanggan semakin banyak.

Baca juga: Peran Penting Customer Segment bagi Kemajuan Bisnis Kamu

iSeller, Digital Tools Terbaik untuk Bisnis Online Store Kamu

Kini, kamu bisa membuat toko online secara instan dan mulai bisnis tanpa batas dengan iSeller. Dengan iSeller, kamu bisa mulai menjangkau pelanggan tanpa terbatas jarak dan tingkatkan arus penjualan kamu dengan berjualan online di mana dan kapan saja.

iSeller mudah digunakan, dan kamu bisa memilih tema secara langsung lalu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Fitur ini terbaik di kelasnya, yuk coba GRATIS sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading