Mengenal Sistem Self Service dan 5 Keuntungannya - iSeller Blog

Mengenal Sistem Self Service dan 5 Keuntungannya

Memproses pesanan pelanggan yang masuk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu tentu mengenal metode konvensional dengan menerima pesanan secara langsung dengan staf yang ada di toko. Tapi apa kamu sudah mencoba metode self service untuk urusan pemesanan ini?

Metode ini sendiri muncul karena perkembangan zaman dan optimasi teknologi, yang terintegrasi dengan berbagai sistem lain di dalam bisnis. Pada dasarnya, kamu menyediakan sebuah sistem dimana pelanggan yang ada bisa melakukan pelayanan mandiri, melalui prosedur yang sudah disediakan.

Baca juga: Mengenal 8 Jenis Direct Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mari Pahami Dulu Apa Definisinya

self service

Self service sendiri bisa dipahami sebagai sebuah pendekatan yang memungkinkan pelanggan untuk bisa mengakses apa yang dibutuhkan terkait produk yang disediakan bisnismu, tanpa bantuan pelayan dalam bentuk staf.

Pelanggan bisa mengambil apa yang dibutuhkannya dari display yang kamu sediakan, kemudian membayarkan tagihan yang muncul dari semua produk yang telah diambilnya ini. Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan harga, fitur produk, dan spesifikasinya, untuk memastikan pembelian yang dilakukan sesuai dengan keinginannya.

Jadi pada dasarnya, kamu hanya perlu menyediakan sebuah sistem, sebuah alur belanja yang bisa dipahami pelanggan, supaya mereka bisa melayani dirinya secara mandiri dengan keterlibatan staf toko seminimal mungkin.

Mula Banyak Diminati, Ini Beberapa Kelebihannya

self service

Ada cukup banyak kelebihan yang ditawarkan metode atau sistem ini ketika diterapkan di dalam bisnis yang kamu punya. Kelebihan ini juga yang jadi alasan kenapa model tersebut populer, dan mulai banyak digunakan di berbagai jenis bisnis kekinian.

1. Efisiensi Sumber Daya

Pertama adalah pada efisiensi sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengoperasikan bisnis. Secara langsung, model pelayanan mandiri ini akan memberikan tanggung jawab pada pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, dengan memilih produk dan memasukkannya ke dalam sistem untuk dibaca, diproses, dan kemudian dibayarkan.

Kamu akan membutuhkan sedikit sekali tenaga kerja manusia untuk menyiapkan pesanan yang dimasukkan oleh pelanggan. Efisiensi biaya bisa terjadi sehingga bisnis bisa mengurangi total beban operasional yang ada.

2. Soal Kepuasan Pelanggan

Self service juga memberikan sensasi puas pada pelanggan karena memberikan kuasa penuh pada pihak ini untuk menentukan dan memenuhi sendiri kebutuhan yang dimiliki akan sebuah produk. Kuasa ini memberikan efek yang baik pada kepuasan pelanggan.

3. Stimulasi Penjualan

Kenapa begitu? Karena dengan melakukan pelayanan mandiri, kamu bisa mendorong keinginan yang tadinya tidak ada menjadi ada. Alih-alih tertarik dengan penawaran langsung dari staf yang terasa seperti promosi, biarkan sistem menyajikan opsi menu beragam untuk menarik minat belanja dari pelanggan.

Tidak sedikit pelanggan yang memiliki kecenderungan pembelian tambahan ketika melihat opsi produk yang beragam pada display yang tersedia. Mungkin saja mereka datang hanya dengan dua kebutuhan produk, tapi setelah melihat opsi yang ada, mereka tertarik untuk membeli beberapa produk lain.

4. Membantu Mengurangi Antrian

Antrian yang muncul juga bisa dikurangi, atau bahkan dihilangkan. Setelah adaptasi yang diperlukan oleh pelanggan, maka proses pemesanan dan input-nya akan semakin cepat dan efektif. Antrian yang muncul tidak akan terlalu panjang, dan dalam waktu singkat setiap pesanan pelanggan bisa diproses.

Misalnya pada model bisnis makanan, pelanggan bisa mengambil tray yang disediakan, berjalan sepanjang display produk dan mengambil produk yang diinginkan, sambil terus memilih. Antrian yang muncul tentu akan jauh lebih sedikit, sebab setiap orang bisa berjalan pada jalur yang disediakan sambil terus bergerak maju memilih produk untuk sampai ke bagian pembayaran.

Hal ini juga akan membantu bisnis melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu yang cenderung sama, sehingga meningkatkan profit bisnis.

5. Mengurangi Kesalahan Staf

Staf yang piawai dalam menjalankan tugasnya jelas akan membantu bisnis menjadi lebih efektif. Namun tidak bisa dipungkiri, ada saja saat ketika staf yang kamu punya membuat kesalahan. Human error adalah hal yang alami dalam sebuah bisnis yang masih dijalankan oleh manusia.

Namun dengan penerapan sistem self service ini, kamu bisa mengurangi tingkat kesalahan yang muncul. Karena semua pesanan mengacu pada input yang dilakukan pelanggan, maka dapat dipastikan setiap pesanan benar dan sesuai dengan pelanggan.

Mulai Tertarik? Ini Cara Kerjanya sebagai Gambaran

self service

Untuk kamu yang sudah mulai tertarik, ada baiknya juga kamu tahu secara garis besar cara kerja dari sistem self service ini. Ilustrasi paling mudah mungkin akan diambil dari contoh cara kerjanya di restoran, yang kini juga sudah banyak digunakan.

  • Pertama pelanggan akan masuk ke dalam restoran dan dihadapkan pada display layar yang menyajikan berbagai opsi, mulai dari pilihan makan di tempat atau take away, kemudian opsi makanan yang ditawarkan, dan opsi pembayaran.
  • Setelah pelanggan selesai menentukan pilihan dari apa saja yang diperlukan, maka secara otomatis pesanan akan masuk ke sistem dapur. Pesanan kemudian akan diproses oleh staf dapur.
  • Dalam waktu singkat setelah pesanan selesai diproses, pesanan akan diantarkan pada pelanggan dengan metode yang sudah kamu tentukan, bisa diantar secara langsung, atau memanggil pelanggan ke bagian server.
  • Pelanggan mendapatkan produk, mengkonsumsinya, dan selesai, tidak membutuhkan waktu lama untuk memproses pesanan dan menyajikannya.

Semua sistem ini terintegrasi, sehingga mulai dari penghitungan jumlah pesanan, perhitungan stok produk di fasilitas penyimpanan, dan perhitungan pendapatan harian dapat dilihat pada sistem yang digunakan.

Baca juga: 8 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Ini akan Berguna Untukmu!

Praktis dan cepat bukan? Self service seperti ini dapat digunakan dengan berbagai sistem yang ada. Tentu saja, sangat kami rekomendasikan kamu menggunakan sistem yang solid dan terintegrasi, seperti Digital KiosK yang disediakan iSeller.

Memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan ketika datang di toko kamu, mulai dari pemilihan menu, proses pesanan, hingga pembayaran, semua dapat diselesaikan dengan layar yang disediakan. Proses cepat self service membantu pelanggan dan bisnis meningkatkan efisiensi transaksi, sehingga memberikan kepuasan pelanggan optimal. Gunakan produk Digital KiosK dari iSeller sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading