Memahami Cara Kerja Gift Card dan Tips Mengoptimalkannya - iSeller Blog

Memahami Cara Kerja Gift Card dan Tips Mengoptimalkannya

gift card

Gift Card adalah metode yang sangat menarik untuk meningkatkan penjualan online karena selain menguntungkan para pelanggan, juga menguntungkan pemilik usaha. Dengan adanya Gift Card, secara tidak langsung calon pelanggan akan mempromosikan toko online milikmu kepada orang lain ketika mereka menghadiahkannya.

Disisi lain, para pelanggan juga merasakan manfaat Gift Card karena pembelian produk bagi diri mereka sendiri atau orang lain jadi lebih mudah, serta meningkatkan engagement antara pemilik toko dengan pelanggan itu sendiri.

Biasanya, transaksi Gift Card memerlukan data email sebagai syarat utama. Jadi, simpan baik-baik data email yang kamu terima dan manfaatkan data itu untuk retargeting. Kirimkan email harian atau newsletter yang bisa menarik perhatian para pelanggan terhadap toko online kamu.

Tips Merancang Gift Card untuk Bisnis

gift card
Sumber: Freepik

Dengan semakin maraknya perkembangan toko online, maka menyediakan pilihan Gift Card dalam website memang bisa menaikkan penjualan. Hampir setiap produk atau jasa, akan selalu ada pilihan pemberian gift atau hadiah untuk momen-momen spesial tertentu. Lantas, bagaimana cara untuk membuat penawaran Gift Card dalam situs toko online yang tepat?

  • Gunakan kartu elektronik, bukan kertas dan plastik. Kartu elektronik dan dikirimkan lewat email akan membuatmu lebih mudah dalam menargetkan tipe konsumen yang last minute. Selain itu, Gift Card yang dikirim via email juga bisa memudahkan penerima untuk copy-paste kode langsung ke dalam website.
  • Buatlah halaman khusus Gift Card, bisa berupa sebuah tab dalam barnavigasi utama atau bisa juga sebuah pilihan yang ada di bagian footers. Halaman Gift Card harus disajikan dengan mudah dan cepat bagi para pelanggan. Jangan lupa sertakan link di bawah setiap halaman kategori produk dan dalam halaman informasi pengiriman.
  • Sediakan layanan free shipping. Sebab, pelanggan yang memesan Gift Card tentu tidak ingin penerima pesanan mereka harus membayar biaya pengiriman produk. Jika kamu memiliki program pengiriman gratis, informasi ini perlu dituliskan dengan jelas dalam website.
  • Tawarkan pengiriman yang cepat atau tidak sama sekali. Misalnya untuk bahan plastik atau kertas, mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengirimannya. Padahal pelanggan pasti akan berharap pengiriman dengan lebih cepat, dan dengan jangka waktu pengiriman yang super cepat. Jadi jangan lupa untuk memperhitungkan masalah ini juga.
  • Baik itu Gift Card terbuat dari plastik, kertas, atau elektronik, sebaiknya jangan berikan tanggal berlakunya. Jika memang akan dibuat seperti itu, maka perlu dibuat untuk jangka waktu yang cukup panjang. Konsumen bisa kecewa saat menemukan Gift Card sudah melewati tanggal berlaku dan harus membuangnya. 
  • Gunakan format yang akan membuat penerima bersedia untuk menerima email Gift Card. Penerima Gift Card mungkin belum familier dengan perusahaan atau bisnis kamu, hal itu menyebabkan email yang kamu kirimkan mungkin saja berakhir di folder spam. Solusinya, masukkan alamat email pengirim Gift Card dalam kolom From, dan gunakan kalimat subjek seperti “[Nama perusahaan] Gift Card dari [nama pengirim]”.
  • Jangan lupa cantumkan call to action yang jelas. Di dalam email, beritahu penerima bahwa mereka menerima Gift Card, dilengkapi dengan informasi berupa nominal yang diberikan, sebuah link atau tombol untuk mulai berbelanja, detail informasi tentang ketentuan pembelanjaan, dan email customer service serta nomor telepon yang bisa dihubungi jika ada pertanyan.
  • Jika penerima tidak membelanjakan semua nominal voucher yang diberikan, jangan lupa informasikan pada mereka sebuah pernyataan bahwa mereka masih memiliki saldo sekian dalam layar konfirmasi dan email konfirmasi. Ingatkan penerima jika mereka masih memiliki saldo tersisa, sehingga mereka akan kembali ke website kamu dan membelanjakannya.

Baca juga: Terapkan Digital Marketing pada Bisnis, Ini 7 Strateginya

Apa Manfaat Gift Card untuk Bisnis?

gift card
Sumber: Freepik

Mari kita lihat mengapa voucher Gift Card sangat menarik dan bagus untuk bisnis:

  • Kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih besar.
  • Loyalitas pelanggan akan lebih tinggi.
  • Brand awareness akan meningkat.
  • Menarik pelanggan baru lebih banyak lagi.
  • Mendorong penjualan dan meningkatkan pendapatan.
  • Dapat meningkatkan layanan pelanggan dan memberikan pelanggan cara untuk mengekspresikan diri mereka sambil memberikan feedback positif tentang produk dan layanan.
  • Membantu menyederhanakan promosi dan penawaran diskon. 
  • Adanya voucher Gift Card juga dapat menyehatkan arus kas, karena saat pelanggan membelinya mereka akan membayar di muka untuk pembelian mereka. Ini dapat membantu mengelola arus kas dengan lebih baik.

Baca juga: Ada Banyak Tugas Kasir, Saatnya Pilih Sistem yang Unggul!

Menerapkan voucher Gift Card saat ini sangat mudah, di mana Sistem Point of Sale (POS) seperti iSeller memiliki fitur voucher Gift Card yang dapat digunakan untuk mendukung kampanye pemasaran yang lebih baik.

Dengan iSeller, kamu bisa meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan menggunakan kartu hadiah dengan merk kamu sendiri. Kamu bisa dengan mudah membuat produk kartu hadiah dan menentukan denominasi varian yang ingin kamu jual. Nantinya, pelanggan bisa menggunakan kartu hadiah untuk pembayaran toko offline maupun toko online.

Penasaran seperti apa produk dan fitur-fitur iSeller akan membantumu dalam berjualan? Kamu berkesempatan untuk COBA GRATIS, langsung saja klik di sini sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading