Lebih Jauh Tentang Industri F&B Services, Cermati di Sini! - iSeller Blog

Lebih Jauh Tentang Industri F&B Services, Cermati di Sini!

F&b services

Salah satu sektor bisnis yang bisa memberikan prospek jangka panjang adalah di bidang makanan dan minuman. F&B service, menyediakan kesempatan besar untuk keuntungan bagi pelaku bisnisnya, selama dapat dikelola dengan tepat dan memberikan produk yang diinginkan pelanggan secara umum.

Bisnis ini sendiri bergerak di jasa pelayanan dan penyajian makanan dan minuman kepada pelanggan. Jenis industri ini bisa dikatakan sebagai bisnis yang memproduksi, mengolah, serta menyajikan makanan dan minuman secara umum.

Jika kamu tertarik untuk menggeluti bisnis jenis ini, ada baiknya kamu melihat uraian tentang tujuan, jenis, dan tips mengembangkan bisnis F&B yang ada di setiap poin berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Customer Experience, Yuk Pahami Dulu Artinya!

Pertama, Kenali Tujuan Utamanya

F&B services

Jika dilihat dari scope secara umum, tujuan dari F&B service akan terbagi ke dalam lima poin utama. Masing-masing, dijelaskan dalam poin singkat berikut ini.

  • Menyediakan, menawarkan, dan melayani pelanggan yang membutuhkan makanan dan minuman yang datang ke tempat bisnis yang kamu punya
  • Memberikan kepuasan pada pelanggan dari layanan makanan dan minuman yang disajikan
  • Mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan sebagai sumber penghasilan, yang jika dikelola dengan baik dapat meningkat seiring dengan peningkatan penjualan yang terjadi
  • Dapat menjalin hubungan baik antara bisnis dengan pelanggan, atau pihak lain yang berpengaruh pada kegiatan bisnis yang kamu jalankan
  • Meningkatkan reputasi bisnis yang dimiliki, dalam hal pelayanan, produk yang ditawarkan, dan pengalaman pelanggan ketika menikmati sajian yang dihidangkan

Apakah F&B Services Hanya Restoran Saja?

F&B services

Tentu saja tidak. Pada dasarnya, F&B services akan mencakup cukup banyak jenis bisnis yang bisa jadi opsi untuk kamu coba. Untuk mengenal masing-masing jenisnya, kamu bisa lihat penjelasan berikut.

1. Restoran

Menjadi salah satu jenis F&B services yang paling umum, restoran merupakan salah satu opsi bisnis yang cukup menggoda. Berbagai macam tema bisa disajikan, dengan berbagai sistem pelayanan dan pemesanan.

Kini restoran juga sudah merambah ke industri online, dengan memasarkan produknya melalui berbagai platform. Kamu bisa melihat berbagai sampelnya dengan mudah lewat smartphone yang kamu pegang sekarang.

2. Room Service

Jenis kedua adalah room service. Layanan ini awam ditemukan di fasilitas hotel, guset house, dan tempat menginap lain. Layanan ini disajikan dengan pemesanan lewat telepon atau melalui metode lain yang disediakan penyelenggara area penginapan.

Setelah pelanggan memesan, makanan atau minuman akan diantarkan secara langsung ke ruangan tempat pelanggan menginap.

3. Bar

F&B services selanjutnya adalah bar. Tempat ini paling umum ditemukan dalam bentuk konter kecil, yang identik dengan minuman beralkohol. Tapi sebenarnya bar sendiri hanya konsep penjualannya saja, dan tidak hanya menjual produk minuman beralkohol.

Yang pasti, setiap jenis bar mengharuskan minuman yang dipesan dikonsumsi di tempat tersebut. Jadi pelanggan tidak dapat melakukan pemesanan dengan sistem takeaway.

4. Steward

Jenis keempat disebut dengan steward. Jenis ini sebenarnya tergolong di sub divisi dari layanan makanan dan minuman. Istilah steward mengacu pada seseorang yang bertugas untuk mengurus dan merawat semua alat makan dan alat masak yang ada di area dapur atau hotel.

Steward masuk dalam jenis dari F&B services, karena secara langsung bertanggung jawab pada operasional dapur yang ada.

5. Banquet 

Terakhir adalah banquet. Jenis layanan ini mengadu pada pelayanan makanan dan minuman khusus yang dilakukan saat ada perayaan event. Misalnya saja, saat seorang pelanggan akan mengadakan pesta atau jamuan dengan mengundang beberapa orang, maka pelanggan tersebut dapat melakukan booking banquet di sebuah lokasi.

Sebagai penyedia layanan, kamu akan menyiapkan jamuan makanan dan minuman sesuai dengan pesanan. Layanan ini tidak hanya fokus pada makanan dan minuman, tapi juga ruangan yang dibutuhkan.

Tips Mengembangkan Bisnis F&B

F&B services

Untuk bisa mengembangkan bisnis jenis ini, kamu bisa melihat beberapa tips di bawah ini. Tentu, tips yang disajikan akan bersifat umum, karena nantinya keunikan akan muncul saat tips ini dikombinasikan dengan value dari bisnis yang kamu punya.

  • Pengalaman terbaik, tidak sekedar makanan dan minuman yang wajib lezat, tapi kamu juga wajib memastikan setiap pelanggan yang datang mendapat pengalaman terbaik ketika berkunjung dan menikmati layanan yang kamu sediakan.
  • Jangan lupa bangun brand. Di era kekinian, tidak melakukan optimasi branding di media sosial adalah sebuah hal yang merugikan. Jadi, kamu bisa mengoptimalkan aktivitas di media sosial untuk turut membangun brand image dari bisnis yang kamu kelola. Jangan lupa juga untuk melakukan banyak aktivasi di area digital, agar dapat memberikan banyak jejak digital yang mudah ditemukan oleh calon pelanggan.
  • Program loyalitas untuk pelanggan. Program seperti ini bisa membantu membangun hubungan jangka panjang yang baik antara bisnis dengan pelanggan. Perluasan pasar memang penting, tapi sebagian besar pendapatan yang kamu peroleh akan berasal dari pelanggan loyal yang melakukan pembelian berulang.
  • Inovasi bisnis strategis. Inovasi diperlukan agar bisnis yang kamu punya tetap relevan di era yang penuh dengan persaingan ini. Tanpa adanya inovasi, maka produk dan bisnis tidak akan bisa bersaing dengan kompetitornya.
  • Diferensiasi produk dan layanan. Unique selling point akan jadi satu kekuatan besar yang dimiliki di industri F&B service. Dengan adanya keunikan, bisnis akan mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan yang kamu punya.
  • Pastikan pencatatan detail, akurat, dan menggunakan sistem solid. Dari sisi teknis pengelolaan bisnis, pastikan semua pencatatan terkait dengan transaksi dan pelanggan tercatat dengan baik dan akurat. Data ini penting untuk analisis bisnis dari waktu ke waktu.

Baca juga: Berkenalan dengan 3 Jenis Market Share dan Manfaatnya

Sejatinya F&B service menjadi salah satu industri everlasting yang menarik untuk prospek jangka panjang. Memang perlu effort yang tidak sedikit untuk bisa mengelolanya, tapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang dari model bisnis ini. Satu hal yang bisa membantu kamu mengoptimalkan pengelolaan bisnis ini adalah menggunakan POS System yang solid, seperti yang ditawarkan oleh iSeller. Dengan fitur lengkap dan integrasi yang mudah pada setiap platform penjualan yang kamu punya, pengelolaan bisnis akan lebih mudah dilakukan. COBA GRATIS sekarang, dan maksimalkan fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading