Manfaat Penerapan Sales Channel Integration Secara Digital - iSeller Blog

Manfaat Penerapan Sales Channel Integration Secara Digital

sales channel integration

Seiring perkembangan teknologi, banyak bisnis menggunakan saluran berbeda untuk menjangkau banyak pelanggan. Namun, banyaknya saluran kerap membuat bisnis kerepotan untuk mengelolanya sehingga bisnis membutuhkan sales channel integration.

Memangnya, apa itu sales channel integration? Sales channel integration atau yang juga dikenal dengan istilah integrated marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang melibatkan semua kanal marketing untuk bekerjasama. Biasanya, strategi ini digunakan untuk campaign tertentu sehingga brand message yang disampaikan lewat seluruh kanal marketing akan sama.

Pemasaran terintegrasi merupakan satu konsep yang menyelaraskan fungsi-fungsi departemen lain untuk suatu tujuan tertentu. Tidak hanya fungsi-fungsi marketing saja, tetapi sales, public relation, dan lainnya juga akan terlibat untuk menyampaikan satu brand message dalam sebuah campaign. Integrated marketing menjadi suatu konsep yang penting agar semua kanal marketing menyampaikan tone of voice yang konsisten.

Konsep ini tidak hanya berlaku untuk aspek digital marketing saja, melainkan juga marketing secara tradisional. Dengan strategi pemasaran terintegrasi, kamu bisa lebih mudah untuk memperluas capaian pemasaran, daripada jika hanya menggunakan satu kanal saja. Tidak heran kalau keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar juga.

Apa Itu Sales Channel Integration Secara Digital?

sales channel integration
Sumber: Freepik

Sales channel integration secara digital adalah suatu pendekatan pemasaran digital yang mengintegrasi beberapa strategi pemasaran sekaligus. Sederhananya, integrated digital marketing ini adalah sebuah strategi yang memadukan semua taktik pemasaran digital kamu, di mana setiap kampanye dan pendekatan saling melengkapi dan juga menciptakan citra yang konsisten di mata pelanggan.

Kira-kira, bagaimana cara kerja integrated digital marketing?

Sama seperti namanya, integrated digital marketing bekerja dengan cara mengintegrasi beberapa saluran pemasaran digital sekaligus untuk mensukseskan pemasaran, sehingga bisnis nantinya bisa menciptakan pengalaman yang sama bagi audiens mereka, dan pemasaran akan berfungsi secara keseluruhan.

Itu artinya, para audiens atau pelanggan bisa berpindah dari satu titik kontak ke titik kontak lainnya dengan mudah dan tanpa memperhatikan perbedaannya.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan yang Bisa Didapatkan Jika Bisnis Menggunakan QR Code?

Manfaat Sales Channel Integration Secara Digital

sales channel integration
Sumber: Freepik

Penggunaan strategi sales channel integration secara digital dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi bisnis. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membangun Brand Awareness

Manfaat sales channel integration secara digital yang pertama adalah membangun brand awareness yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Ini karena penggunaan sales channel integration secara digital dapat membuat merek bisnis kamu dengan mudah ditemui di berbagai platform digital, seperti media sosial, email, hingga mesin pencari seperti Google.

2. Memberikan ROI (Return on Investment) yang Tinggi

Membuat rencana pemasaran secara konsisten merupakan satu kunci untuk mencapai ROI yang lebih tinggi dan lebih cepat. Sebab, prospek dan pelanggan akan lebih mudah terlibat saat kamu menceritakan kisah yang jelas dan konsisten. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran digital terintegrasi untuk menghubungkan seluruh saluran pemasaran digital, dan menciptakan pemasaran yang konsisten di setiap saluran.

3. Dapat Meningkatkan Conversion Rate

Memberikan pemasaran yang konsisten dan menarik tentunya juga bisa membantu mengkonversi prospek menjadi pelanggan. Sebab, mereka memiliki pengalaman yang luar biasa ke mana pun mereka pergi, itu artinya strategi pemasaran ini mampu meningkatkan conversion rate bisnis secara mudah.

4. Dapat Menciptakan Brand Loyalty

Salah satu cara yang bagus untuk menghasilkan brand loyalty adalah dengan memposisikan merek bisnis kamu secara konsisten di benak pelanggan. Itu berarti kamu dituntut untuk menjadi efisien dan kohesif dengan seluruh konten, iklan, dan pesan media sosial milikmu. Efisien dalam hal ini, berarti komunikasi kamu harus disesuaikan dengan kebutuhan audiens kamu. Sementara itu, kohesif berarti mengintegrasikan seluruh saluran pemasaran bisnis kamu.

Kamu bisa melakukannya dengan mengintegrasikan setiap saluran dan merencanakan taktik yang tepat. Kemudian, buat semuanya bekerja sama untuk menggerakkan pelanggan menjadi lebih jauh dalam customer journey.

Baca juga: Yuk, Optimalkan Keberadaan Dompet Digital untuk Kemajuan Bisnis Kamu!

Manfaatkan Fitur Integrasi Marketplace dari iSeller!

iSeller menyediakan semua fitur untuk membantu kamu supaya lebih mudah dalam menayangkan produk kepada sebanyak mungkin pelanggan di semua marketplace. Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengandalkan iSeller untuk urusan ini?

  • Marketplace chat. Kamu bisa membalas chat pelanggan di marketplace tanpa pusing. Balas chat pelanggan dari berbagai marketplace kini bisa dari satu dashboard iSeller, dijamin lebih praktis!
  • Kelola seluruh channel dalam 1 tampilan. Saatnya berhenti menggabungkan data penjualan berbagai channel kamu secara manual. Kamu bisa melihat semua laporan penjualan toko offline dan marketplace online dalam satu dashboard iSeller.

Yuk, daftarkan produk kamu dengan mudah di berbagai marketplace! Kamu bisa menjangkau pelanggan baru di mana pun mereka berbelanja dengan menayangkan produk iSeller kamu, secara massal, di marketplace populer, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan banyak lagi.

Menariknya lagi, iSeller secara otomatis akan menyesuaikan dan menyinkronkan inventaris, serta memperbarui informasi di marketplace kamu untuk menghindari produk overselling yang tidak lagi kamu miliki.

Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi input data manual, karena kini kamu bisa mengelola setiap produk marketplace kamu langsung dari iSeller. Kamu juga bisa mengoptimalkan proses bisnis di manapun kamu berjualan, termasuk di marketplace. Pesanan marketplace bisa diterima di POS iSeller sehingga kamu bisa memenuhi semua pesanan dari satu layar.

Satu lagi, di iSeller semua transaksi tercatat otomatis dan tertata rapi, begitu juga laporan laba/rugi yang bisa kamu lihat setiap saat dan ter-update secara realtime. Coba sekarang, silakan klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading