Kenapa Bisnis Perlu Menyediakan Sistem Online Payment, Apa Keuntungannya? - iSeller Blog

Kenapa Bisnis Perlu Menyediakan Sistem Online Payment, Apa Keuntungannya?

online payment

Online payment adalah sistem pembayaran secara online dengan melibatkan penggunaan jaringan komputer, internet, serta layanan keuangan digital. Sistem pembayaran ini sering juga disebut e-payment.

Dengan sistem pembayaran online, baik penjual maupun pembeli tidak perlu melakukan transaksi secara manual sehingga pembayaran lebih praktis, cepat, dan aman. Itulah alasannya kenapa sistem pembayaran ini lebih banyak diminati dibandingkan dengan sistem pembayaran tunai atau langsung.

Di dalam pelaksanaannya, sistem online payment  melibatkan beberapa pihak, yaitu:

  • Pembeli, sebagai pihak yang melakukan pembayaran.
  • Penjual, sebagai pihak yang menerima pembayaran.
  • Issuer, pihak yang menjembatani pembayaran, bisa berupa bank atau lembaga keuangan non bank.
  • Regulator, yaitu pihak yang melakukan pengaturan dan pengawasan pembayaran digital, dalam hal ini adalah pemerintah.

Seperti Apa Tren Penggunaan Online Payment?

online payment
Sumber: Freepik

Seiring dengan perkembangan teknologi, pilihan metode pembayaran juga ikut berkembang. Masyarakat semakin sering menggunakan layanan online payment dalam bertransaksi sehingga sistem pembayaran itu berpotensi mengalami peningkatan di masa mendatang. Saat ini, sudah ada beberapa tren online payment yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia, di antaranya adalah:

1. QR Code

Salah satu metode online payment yang cukup populer saat ini adalah QR payment atau pembayaran dengan menggunakan QR code. QR code adalah kode khusus yang diciptakan untuk membaca atau mentransfer data yang ada di dalamnya dengan cepat dan mudah. Dengan fitur ini, pembeli bisa melakukan pembayaran dengan memindai kode QR yang telah disediakan oleh penjual.

2. Dompet Digital

Penggunaan dompet digital juga telah menjadi tren pembayaran online. Sampai saat ini, sudah ada banyak sekali perusahaan atau vendor yang mengembangkan dompet digital, seperti operator seluler, pihak perbankan, dan perusahaan fintech. Sebagian besar orang menggunakan dompet digital dengan alasan karena penggunaannya yang lebih praktis, aman, dan nyaman.

3. Payment Gateway

Pembayaran dengan menggunakan sistem payment gateway biasa digunakan oleh pihak perbankan, perusahaan, atau merchant. Sistem pembayaran yang satu ini banyak dipilih karena menyediakan berbagai metode pembayaran, memudahkan transaksi, serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Sederet Manfaat Online Payment bagi Pebisnis

Ada banyak alasan kenapa bisnis perlu menyediakan sistem atau layanan online payment. Berikut ini adalah sederet manfaat yang bisa diperoleh jika kamu sebagai pemilik usaha menggunakan sistem online payment:

  • Penggunaan sistem pembayaran online akan membuat proses transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Kamu hanya perlu memberikan nomor rekening, virtual account, payment link, atau kode QR kepada pelanggan untuk melakukan pembayaran.
  • Melalui sistem pembayaran online, terutama jika kamu menggunakan online payment gateway, kamu bisa menerima banyak transaksi dalam satu waktu karena payment gateway sudah memiliki sistem pengelolaan transaksi yang cukup baik dan akurat.
  • Pencatatan keuangan akan jadi lebih mudah, karena setiap transaksi akan tercatat secara otomatis dalam sistem pembayaran online.
  • Keamanan lebih terjamin, di mana penipuan atau transaksi palsu dapat dihindari karena sistem pembayaran online biasanya sudah dilengkapi dengan standar keamanan tertentu untuk memverifikasi pembayaran.
  • Dengan menyediakan sistem pembayaran online, itu artinya para pelanggan akan lebih mudah melakukan pembayaran. Dengan begitu, transaksi dapat berjalan lancar dan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis pun meningkat.

Baca juga: 7 Ide Contoh Promosi Penjualan, Perhitungkan dengan Cermat!

Seperti Apa Cara Kerja Online Payment?

online payment
Sumber: Freepik

Untuk menerima online payment, penjual harus memiliki akses ke sistem online payment gateway, yaitu penyedia layanan pembayaran terintegrasi yang menyediakan beragam metode pembayaran untuk penjual dan pembeli.

Beberapa tahap yang harus dilalui dalam sistem pembayaran online adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan mengirimkan informasi pembelian ke penjual, misalnya melengkapi formulir pembayaran di situs web penjual dan mengirimkan informasi tersebut.
  • Penjual akan mengirimkan informasi pembayaran ke online payment gateway.
  • Lalu online payment gateway akan langsung memproses pembayaran dari pelanggan kemudian meneruskannya ke penjual.
  • Pihak penjual akan memverifikasi pembayaran yang sudah dilakukan oleh pelanggan.
  • Setelah itu, pembayaran akan langsung masuk ke sistem pembayaran online dan kemudian akan diterima oleh penjual setelah transaksi selesai.

Baca juga: 7 Langkah Solid Menyusun Marketing Plan untuk Restoran

iSeller Pay, Solusi Pembayaran Paling Lengkap untuk Bisnis Kamu!

Kini kamu bisa mengandalkan iSeller yang cocok untuk segala jenis usaha. Kamu bisa menikmati keunggulan iSeller Pay dengan semua kemudahan dan fasilitasnya.

Cukup aktifkan iSeller Pay, dan kamu sudah bisa menggunakan berbagai pembayaran digital. Sistem ini mendukung berbagai pembayaran digital termasuk kartu debit, kredit, e-wallet termasuk GoPay, OVO, DANA dan masih banyak lagi.

Dengan iSeller Pay, semua settlement sudah terkonsolidasi sehingga kamu akan menerima semua pembayaran dalam 1 sistem terpadu. Toko offline dan online, kamu bisa menikmati kemudahan bertransaksi dengan iSeller Pay!

iSeller Pay sudah terintegrasi penuh dengan sistem kasir Point of Sale dan Online Store, jadi kamu bisa mengatur pilihan pembayaran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang kamu miliki. Registrasi dan coba gratis sekarang, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading