5 Fungsi Data Penjualan dan Optimasinya Bersama iSeller - iSeller Blog

5 Fungsi Data Penjualan dan Optimasinya Bersama iSeller

data penjualan

Ketika mengelola sebuah bisnis, keberadaan data penjualan yang aktual akan menjadi hal penting. Dari sajian data ini, kamu bisa mendapat gambaran tentang bagaimana berbagai strategi memberikan hasil, dan penjualan yang terjadi di setiap gerai yang ada dalam jaringan bisnismu.

Namun apa hanya sebatas itu saja fungsi dari data penjualan? Memberikan gambaran tentang performa bisnis secara umum? Tentu tidak.

Masih banyak fungsi lain dari data penting ini yang dapat dirasakan oleh bisnis, ketika dikelola dan dimanfaatkan dengan analisis yang tepat.

Baca Juga: Ingin Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok Shop?

Fungsi Data Penjualan secara Umum

data penjualan

1. Data Dasar untuk Evaluasi Usaha

Data penjualan akan menyajikan data real time sebuah bisnis terkait aktivitas penjualan yang dilakukan. Dinamika penjualan yang muncul akan terlihat dengan mudah pada perangkat atau sistem yang kamu gunakan.

Dari informasi ini, kamu bisa menyusun strategi ke depan, agar performa bisnis bisa semakin baik. Evaluasi usaha bisa dilakukan secara berkala berbasis data yang ada di setiap periode penjualan, jadi kamu bisa dengan mudah menentukan perubahan atau peningkatan apa yang harus dilakukan.

2. Menaikkan Produktivitas Bisnis

Kenapa data ini berfungsi untuk menaikkan produktivitas bisnis?

Sebab dengan laporan harian kamu bisa tahu banyaknya transaksi yang terjadi, dan perusahaan bisa melihat ketercapaian target yang dimiliki. Dengan begini, langkah cepat bisa diambil ketika diperlukan booster saat penjualan mulai menurun.

Produktivitas setiap gerai dan kanal penjualan dapat didorong menjadi lebih tinggi, agar target yang ditetapkan bisa tercapai. Dalam skenario target sudah tercapai, kamu bisa mendorong setiap karyawan untuk menorehkan capaian lebih, dengan bonus pada setiap capaian tertentu.

3. Penunjang Kredibilitas Usaha

Data penjualan yang real time dan dapat dilihat setiap saat juga bisa menjadi penunjang kredibilitas perusahaan. Bisnis kamu bisa dengan percaya diri memperlihatkan data ini pada investor atau pihak lain yang berkepentingan, sebagai bentuk transparansi.

Jangan salah sangka, transparansi ini penting ketika kamu ingin mengajukan pinjaman atau tambahan modal. Dengan data yang riil, investor dapat melakukan pertimbangan yang akurat, sehingga penilaian pada bisnis bisa diberikan dengan basis data yang nyata,

4. Bentuk Pertanggungjawaban

Data ini menjadi data utama yang akan dilaporkan oleh bagian sales atau tim penjualan pada pihak manajemen, atas kinerjanya menjalankan strategi dan campaign yang direncanakan. Dengan data penjualan, capaian dapat terlihat secara nyata.

Ketika disajikan secara real time, kamu bisa melihat bagaimana kinerja tim penjualan yang kamu punya.

5. Acuan Penetapan Harga Jual

Dengan analisis yang baik, data ini juga dapat berfungsi untuk membantu menentukan harga jual. Analisis data penjualan dan data kompetitor akan menjadikan keputusan penetapan harga semakin solid, sebab pertimbangan dilakukan dengan dua basis data yang juga riil.

Semua fungsi ini akan dapat dijalankan ketika kamu bisa mengakses data penjualan secara cepat, real time, dan fleksibel di mana saja kamu berada. Untuk bisa mengakomodir hal ini, POS System dari iSeller akan jadi solusi yang tepat, sebab dapat menyajikan dasbhboard terintegrasi yang menunjukkan berbagai data aktual dari bisnis.

Keuntungan Analisis Data Penjualan dengan Dashboard iSeller

data penjualan

Dashboard yang disediakan iSeller sendiri akan menjadi fitur yang sangat berguna, karena secara langsung dapat menyajikan berbagai data terkait aktivitas bisnis yang kamu punya.

Setidaknya akan ada tiga fitur utama yang tersaji dalam dashboard ini.

  • Quick stats, berisi mengenai statistik secara keseluruhan dari setiap pos kerja yang ada di dalam bisnis. Data yang disajikan bersifat real time dan terintegrasi dengan sistem lain, sehingga memungkinkan kamu mengambil keputusan cepat dan mengeksekusinya
  • Sales trend chart, grafik mengenai catatan data penjualan akan tersaji di sini, dan memungkinkan kamu mendapatkan insight cepat dari keadaan aktual. Pemahaman pada julah total penjualan pada periode tertentu serta keuntungan dari setiap kanal penjualan jelas akan membantu banyak proses analisis bisnis
  • Notification, menyajikan pemberitahuan dan update terbaru langsung pada dashboard iSeller yang kamu gunakan. Aksi bisa langsung dilakukan dengan mengetuk notifikasi ini

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat ketika menganalisis data penjualan lewat dashboard iSeller adalah sebagai berikut:

  • Melihat keseluruhan data penjualan dengan cepat tanpa harus mengakses banyak fitur lain, sehingga efisiensi analisis dapat ditingkatkan secara signifikan
  • Data dapat disajikan berdasarkan preferensi dari kamu sebagai penggunanya, sehingga setiap bisnis akan memperoleh tampilan dan akses pada berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan
  • Analisis cepat bisa dilakukan karena secara langsung kamu bisa melihat data-data penting terkait penjualan, stok, dan berbagai informasi penting yang lain
  • Sajian data sederhana, tapi memuat semua informasi yang dibutuhkan sehingga terasa nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama
  • Proses onboarding yang cepat, sehingga ketika kamu selesai melakukan proses ini dan bisnis mulai menjual produk, dashboard akan secara otomatis berubah menjadi sales dan trend charts

Baca Juga: Penting, Ini Fungsi dan Manfaat Inventory Control untuk Bisnis 

Pemanfaatan data penjualan dalam bisnis memang krusial, sebab data ini berhubungan langsung dengan statistik performa bisnis aktual. Bersama dengan POS System dari iSeller, kamu bisa memaksimalkan data yang tersaji secara cepat, sehingga analisis bisnis yang dilakukan akan semakin komprehensif. Segera gunakan iSeller sekarang, dan optimalkan setiap proses bisnis bersama iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading