List Produk Lokal yang Mendunia, Bisa Jadi Inspirasi Nih! - iSeller Blog

List Produk Lokal yang Mendunia, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

produk lokal

Produk lokal yang telah mendunia ternyata ada banyak, lho! Apa sih yang dimaksud dengan produk lokal? Produk lokal adalah produk yang diproduksi, dibuat, ataupun produk yang dihasilkan di dalam suatu negara oleh produsen atau perusahaan lokal. Di Indonesia sendiri, ada produk lokal yang menonjol dan sukses di kancah internasional sehingga sebagai warga Indonesia kamu patut untuk bangga!

Mendukung produk lokal bisa membantu memajukan perekonomian lokal, mendorong inovasi, mempertahankan warisan budaya, serta mempromosikan keberlanjutan. Bahkan ada kebijakan atau program khusus yang mendorong konsumen untuk memprioritaskan produk lokal.

Penasaran, apa saja produk lokal Indonesia yang telah mendunia? Cari tahu jawabannya melalui ulasan menarik di bawah ini, yuk!

List Produk Lokal yang Telah Mendunia

produk lokal
Sumber: Freepik

Sebetulnya ada banyak produk lokal yang telah berhasil sampai ke kancah internasional, namun di bawah ini disebutkan beberapa yang paling menonjol. Langsung simak daftarnya, yuk!

  • J.CO merupakan merek asli Indonesia yang berdiri di bawah Johnny Andrean Group, di mana gerai pertama J.CO dibuka pada Mei 2006. Lalu di tahun 2007 J.CO membuka gerai pertama di Malaysia, pada 2008 di Singapura, 2012 di Filipina, 2016 di Hong Kong, dan 2018 di Arab Saudi, dan beberapa negara lainnya.
  • SilverQueen ternyata bukanlah cokelat dari luar negeri, di mana pabriknya ada di Garut, Jawa Barat. SilverQueen telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, dan Vietnam.
  • Indomie, produk lokal yang mampu merebut hati penikmat mie global. Indomie telah tersedia di minimarket di berbagai negara lintas benua, di antaranya adalah Asia, Amerika, Australia, Afrika, hingga Eropa. Indomie semakin kuat bersaing di pasar internasional dengan tulisan pada kemasan yang menyesuaikan dengan aksara negara pengimpornya.
  • Polygon, sepeda lokal Indonesia yang berlaga di kompetisi luar negeri. Polygon adalah salah satu brand lokal yang diproduksi di Sidoarjo, Jawa Timur. Ada berbagai jenis sepeda yang diproduksi, dari sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda santai, hingga aksesoris dan perawatan sepeda. Salah satu prestasi terbaiknya yaitu menjadi tim downhill kelas dunia Hutchinson UR Team, di mana saat itu mereka tengah bertanding di UCI DH World Cup pada tahun 2013 lalu.
  • Erigo, fashion lokal yang melenggang ke panggung dunia.  Sejak 2011 hingga saat ini, produk fashion yang terdiri dari kaos, jaket, celana, hoodie, kemeja, dan beberapa aksesoris pakaian lainnya telah sukses membanjiri pasar nasional hingga internasional. Produk Erigo berhasil menembus panggung New York Fashion Week 2021 lalu.
  • Terry Palmer, handuk dari Indonesia yang digemari di luar negeri. Produk handuk buatan Terry Palmer yang terdiri dari handuk wajah, handuk olahraga, hingga handuk mandi ini mampu menembus pasar internasional, mulai dari Jepang, Amerika, hingga negara Eropa. 

Baca juga: Berbeda dengan Multichannel, Ini Manfaat dan Keunggulan Omnichannel untuk Berbagai Bisnis

Bagaimana Cara Menjual Produk Lokal Agar Sukses dan Mendunia?

produk lokal
Sumber: Freepik

Membangun bisnis dengan produk lokal memang cukup menjanjikan. Kamu harus tahu, konsumen ternyata juga suka membeli produk lokal yang dipromosikan dengan baik karena mereka jadi lebih merasa dekat dengan produk tersebut.

Itu artinya, promosi bagi sebuah brand lokal sangat penting untuk dilakukan kalau bisnis kamu ingin lebih cepat sukses. Tapi, bagaimana cara promosi produk brand lokal yang baik dan tepat?

Yuk, ikuti beberapa  tips pemasaran untuk produk lokal di bawah ini!

  • Tips pertama, kamu wajib go online dengan website sebagai channel utama untuk promosi. 
  • Jangan lupa optimalkan Local SEO. Dengan menguasai Local SEO, maka akan semakin sering orang melihat brand kamu di hasil pencarian sehingga semakin besar juga kemungkinan mereka melakukan pembelian. 
  • Daftar Google Bisnisku atau Google My Business tidak boleh dilewatkan! Google Bisnisku akan memperkuat Local SEO, dan mampu meningkatkan kredibilitas bisnis hingga 70%.
  • Ciptakan buyer persona, yaitu representasi dari tipikal target konsumen kamu. Buyer persona bisa didapatkan dari hasil riset yang nantinya berisi data demografis, tingkah laku, kepribadian, dan semacamnya.
  • Tentukan nilai keunikan atau Unique Selling Point (USP) dari bisnis kamu dan tentukan nilai jual brand.
  • Pastikan kamu mengelola blog untuk memberikan value. Melalui blog, konsumen bisa lebih dekat dengan brand dengan pendekatan content marketing. Strategi ini sangat cocok untuk membangun kredibilitas brand lokal untuk jangka panjang. 
  • Kelola media sosial resmi dengan sebaik mungkin. Media sosial yang dikelola dengan baik tentunya akan memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen. 
  • Pilih dan gunakan strategi Ads yang efektif untuk bisnis kamu.
  • Manfaatkan WhatsApp Bisnis yang diciptakan khusus untuk pemilik bisnis agar mudah berkomunikasi dengan konsumen.
  • Tawarkan promo dan diskon untuk menarik konsumen ke brand kamu.
  • Manfaatkan Customer Relationship Management (CRM).
  • Jalin kerjasama dengan Influencer.
  • Terapkan Community Marketing!
  • Lakukan program kegiatan kepedulian terhadap lingkungan sekitar atau Corporate Social Responsibility (CSR). 

Baca juga: Mengenal Sistem Self Service dan 5 Keuntungannya

Di antara berbagai tips marketing produk brand lokal di atas, manakah tips yang ingin kamu coba lebih dulu? Apapun itu, pilihlah yang paling efektif dari segi waktu dan biaya, apalagi jika brand lokal kamu baru dimulai.

Kalau sebelumnya kamu melakukan promosi secara offline, sekarang saatnya untuk beralih ke strategi marketing online. Tak perlu bingung, karena kamu bisa mengandalkan iSeller dalam memasarkan produk lokal dan berjualan. Langung saja klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading