Retailer Harus Punya POS System Hardware yang Unggul, Pilih iSeller! - iSeller Blog

Retailer Harus Punya POS System Hardware yang Unggul, Pilih iSeller!

pos system hardware

Jika kamu adalah seorang retailer, kamu memang memerlukan POS System Hardware untuk menerima pembayaran dan melakukan penjualan secara langsung. Perlu diketahui, sistem Point of Sale atau POS merupakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk melakukan penjualan, menerima pembayaran, dan memeriksa pelanggan dengan lebih mudah.

Lantas, kenapa seorang retailer perlu menggunakan POS System Hardware yang tepat? 

Salah satu keuntungan penting memiliki sistem POS yang tepat adalah secara signifikan dapat mengurangi human error atau kesalahan manusia. POS System Hardware seperti scanner barcode yang dikombinasikan dengan fitur lainnya mampu mengurangi human error secara signifikan, sehingga akan menghemat banyak uang kamu, lho!

Kemudian, manfaat penting lainnya dari POS System Hardware adalah sistem ini bisa membuat bisnis kamu lebih responsif terhadap kebutuhan konsumen. Kamu bisa mengetahui, apakah strategi penjualan yang ada telah bekerja dengan baik.

Komponen POS System Hardware yang Paling Dibutuhkan

pos system hardware
Sumber: iSeller

Semua sistem POS membutuhkan beberapa komponen hardware atau perangkat keras berikut ini:

  • Komputer / Tablet / Ipad. Ada banyak pilihan bagi retailer selain menggunakan komputer, misalnya menggunakan Tablet/Ipad di mana dengan tampilan fisik yang lebih elegan dan menarik, tetapi tetap berfungsi sama baiknya seperti komputer konvensional.
  • Sistem POS. Sistem POS merupakan otak dari keseluruhan aktivasi operasional, di mana sistem ini dapat berjalan pada server lokal, atau bisa dijalankan pada sistem berbasis internet yang biasa disebut Cloud POS. Sistem POS tidak hanya berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan saja, tapi juga bisa mencatat pergerakan inventori. Dan yang pasti juga bisa menyediakan laporan yang kamu butuhkan secara real-time kapanpun dibutuhkan.
  • Cash Drawer. Ini merupakan alat yang dibutuhkan untuk menyimpan uang yang diterima dari transaksi pembayaran tunai dari pelanggan. Cash drawer ini akan terhubung dengan printer dan komputer. Bahkan beberapa cash drawer saat ini sudah menyediakan fungsi keamanan yang cukup baik yang hanya bisa dibuka saat ada transaksi atau memiliki kode elektronik yang hanya diketahui oleh bagian tertentu sehingga bisa menghindari risiko kecurian.
  • Printer. Setiap usaha juga membutuhkan printer untuk pencetakan bukti transaksi. Ada banyak pilihan yang bisa kamu gunakan, yang terpenting adalah apapun printer yang dipilih, pastikan sesuai dengan sistem POS yang akan digunakan.
  • Barcode Scanner. Sebagian besar sistem POS sudah mendukung barcode scanner untuk membaca kode saat melakukan transaksi penjualan, penerimaan barang, dan lain sebagainya. Barcode scanner ini juga berfungsi untuk membantu melacak informasi persediaan serta pembelian pelanggan.

Sistem POS adalah investasi kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi oleh para retailer, supaya operasional menjadi efektif dan efisien untuk mencapai profit yang maksimal. Dengan berdasarkan frekuensi transaksi dan pelaporan penjualan, para retailer bisa menentukan kebutuhannya, sehingga akan mempersempit pilihan sistem POS dan hardware-nya yang akan membantu kesuksesan operasional hari ini dan di masa mendatang.

Baca juga: Lebih Jauh Tentang Industri F&B Services, Cermati di Sini!

Bagaimana Cara Kerja POS System Hardware?

pos system hardware
Sumber: iSeller

Alur kerja POS System Hardware sebenarnya cukup sederhana, tapi justru menjadi efektif saat dipadukan dengan jaringan pengelolaan data yang solid.

  • Pelanggan akan datang ke kasir untuk melakukan pembayaran. Kemudian, kasir akan memasukkan belanjaan secara manual, atau dengan pemindaian untuk mengetahui jumlah total yang harus dibayarkan. Sementara di toko online, pelanggan akan memasukkan daftar belanjaannya ke ‘keranjang’ untuk proses ini.
  • Lalu, sistem POS akan menghitung jumlah total yang harus dibayarkan, di mana perhitungan ini juga termasuk pajak jika ada.
  • Proses selanjutnya adalah dari entri yang dimasukkan ke sistem ini, akan terjadi perubahan inventori di dalam bisnis. Pengurangan inventori dari pembelian yang terjadi akan tercatat dengan baik untuk proses bisnis lainnya terkait persediaan.
  • Selain itu, kasir juga bisa menambahkan perhitungan program loyalitas yang kamu sediakan secara langsung pada proses ini.
  • Selanjutnya, pembayaran dilakukan dengan metode yang sudah disediakan oleh sistem.
  • Transaksi telah selesai, inventori sudah dicatat perubahannya, dan penjualan terdokumentasi. Semua proses ini berlangsung hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: 10 Alasan Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan

Semua kemudahan, manfaat, dan juga proses cepat ini bisa kamu dapatkan jika kamu memilih produk POS yang tepat, seperti yang disediakan oleh iSeller.

POS System Hardware yang disediakan oleh iSeller menjadi produk unggulan di kelasnya. Dengan fitur yang lengkap dan pengintegrasian yang mudah, sistemnya bisa digunakan dengan cepat di setiap toko yang kamu punya, baik online ataupun offline. Jadi, optimasi sistem transaksi bisa segera dilakukan, dan pelanggan akan merasa semakin nyaman melakukan transaksi. Ayo, COBA GRATIS sekarang produk iSeller ini dan rasakan manfaatnya untuk bisnis retail kamu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading