Strategi Tiktok Marketing yang Sedang Tren di 2023, Kamu Harus Tahu! - iSeller Blog

Strategi Tiktok Marketing yang Sedang Tren di 2023, Kamu Harus Tahu!

tiktok marketing

Apa itu TikTok marketing, dan seperti apa strategi TikTok marketing yang sedang tren di 2023 ini? Sederhananya, TikTok marketing ini adalah metode memasarkan produk atau brand suatu bisnis melalui platform TikTok. Beberapa metode yang digunakan adalah pembuatan video yang sedang trending, TikTok Ads, dan juga influencer marketing.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kamu mempromosikan produk lewat media sosial TikTok. Memasarkan produk lewat TikTok bisa meningkatkan brand identity, brand awareness, dan bisa mencapai target pasar yang luas. 

Jadi, sangat penting bagi kamu para pelaku bisnis untuk mengetahui trends apa saja yang akan berlaku di TikTok marketing tahun ini. Hal ini akan sangat berguna agar kamu bisa memanfaatkan media sosial TikTok untuk membantu kamu mempromosikan brand yang kamu miliki.

Tren TikTok Marketing 2023

tiktok marketing
Sumber: Freepik

Kira-kira, apa saja sih potensi trending TikTok marketing di tahun 2023 ini? Yuk simak ulasan selengkapnya!

1. Merumuskan Entertain yang Actionable

Trend TikTok marketing yang pertama adalah konten yang menghibur, berkualitas, dan tentunya juga bisa menarik audiens. Kamu bisa membuat konten yang orisinil dan berbeda dengan orang lain, tapi konten itu mudah ditirukan oleh orang lain seperti mengimitasi musiknya, hashtag, copywriting-nya bahkan efek dari video tersebut. 

TikTok menyebutkan bahwa brand yang memiliki iklan yang menghibur audiens mempunyai rating hingga 25% lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Tentunya, ini adalah peluang emas bagi para pemilik bisnis untuk memasarkan produk melalui TikTok.

2. Menciptakan Ruang Bahagia

Audiens di TikTok punya opsi dalam memilih konten yang mereka inginkan, misalnya konten-konten yang menarik perhatian mereka. Kebanyakan pengguna TikTok memilih konten-konten yang menghibur, dan ternyata itu bisa memotivasi mereka untuk melakukan pembelian.

Pada umumnya, para audiens akan membuka TikTok untuk mencari hiburan setelah melakukan aktivitas yang penat. Oleh karena itu, sebuah brand akan lebih mudah melakukan interaksi dengan audiens menggunakan konten-konten yang relate, lucu, dan menyenangkan. 

3. Jangkau Keinginan Komunitas

TikTok menjadi sebuah tempat dimana banyak komunitas berkumpul. Ada mahasiswa yang mencari tips kerja, ada orang-orang penggemar video-video kucing lucu, ada juga user yang gemar menonton video tutorial memasak, dan lain sebagainya. 

Selain mencari hiburan, ternyata orang-orang mengunjungi TikTok untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka. Jadi, ada baiknya jika sebuah brand membuat konten-konten yang bisa menjawab pertanyaan atau masalah dari audiens mereka.

Tren TikTok MCN 2023

Di sisi lain, ada TikTok MCN (Multi-Channel Network) yang dipilih oleh banyak content creator TikTok untuk memaksimalkan potensi mereka. TikTok MCN ini merupakan strategi yang menjadi kekuatan besar dalam industri influencer marketing, membantu brand untuk mengembangkan influencer marketing campaign yang lebih terukur, serta memberikan dukungan yang lebih besar kepada influencer. TikTok MCN akan menghubungkan content creator/influencer dengan brand dan membantu mereka dalam mengoptimalkan kemitraan tersebut untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Salah satu peran utama dari TikTok MCN adalah mengelola influencer di platform TikTok, di mana TikTok MCN akan membantu brand dalam memilih influencer yang paling sesuai sesuai kebutuhan brand, serta memberikan dukungan dalam mengelola campaign. Hal ini juga  memastikan bahwa brand dapat memanfaatkan influencer yang tepat untuk mencapai target pasar yang diinginkan.

Baca juga: Cara Jualan di Tiktok Shop yang Tepat untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Hal Apa Saja yang Dapat Diterapkan pada TikTok di 2023? 

tiktok marketing
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui strategi Tiktok marketing yang sedang tren di 2023, saatnya menyimak hal-hal yang dapat diterapkan pada TikTok di tahun 2023. Berikut adalah rekomendasinya:

  1. Berkolaborasi dengan lebih banyak influencer. Bekerjasama dengan influencer akan mendatangkan banyak manfaat untuk meningkatkan brand awareness dan memperoleh leads yang berkualitas. Ini menjadi strategi TikTok marketing yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnismu.
  2. Sering membuat video behind the scene (BTS). Selain berkolaborasi dengan banyak influencer, membuat video BTS juga bisa menjadi strategi TikTok marketing 2023. Video BTS ini nantinya akan membuat audiens penasaran tentang proses pembuatan produk atau brand yang kamu miliki. Untuk membuat video BTS yang berkualitas, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah membuatnya secara simple, fokus pada subjek, dan upayakan memperoleh pencahayaan yang baik.
  3. Konsisten menggunakan TikTok Ads. TikTok Ads adalah fitur dalam TikTok yang memungkinkan penggunaannya memasang iklan di platform itu. TikTok Ads ini bisa menjadi salah strategi marketing yang sangat bagus, mengingat TikTok sendiri punya jutaan yang pengguna yang sangat potensial untuk bisnis. Dengan TikTok Ads, kamu bisa memiliki banyak keuntungan lainnya, salah satunya adalah kenaikan followers, engagement rates, bahkan potensi audiens untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Cara Paling Efektif dan Terkini untuk Meningkatkan Customer Loyalty

Mengingat TikTok sekarang ini semakin populer, jangan lewatkan untuk melakukan strategi TikTok marketing, ya! Dijamin, jualan di TikTok jadi lebih cepat laku dan bisnis kamu bisa meraup banyak keuntungan.

Tak perlu bingung kalau kamu punya toko online lebih dari satu di berbagai marketplace dan platform sosial media. iSeller bisa membantu kamu berjualan melalui marketplace,  karena sistemnya sudah terintegrasi dengan berbagai macam marketplace, termasuk TikTok Shop! Coba klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading