8 Tips Meningkatkan Customer Engagement, Kamu Wajib Praktik! - iSeller Blog

8 Tips Meningkatkan Customer Engagement, Kamu Wajib Praktik!

customer engagement

Apa itu customer engagement, kenapa ini penting, dan bagaimana cara meningkatkannya? Customer engagement diartikan sebagai suatu upaya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau customer experience melalui interaksi yang positif. Komunikasi pelanggan dapat dilakukan melalui berbagai saluran, misalnya sosial media, artikel website, hingga forum komunitas, dan lainnya.

Dengan membangun hubungan yang positif, pelanggan akan menjadi lebih loyal dengan perusahaan atau bisnis kamu, lho. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai hubungan yang tercipta dengan para pelanggan, bukan hanya sebatas ingin meraup keuntungan saja.

Namun ingat, kamu perlu konsisten dalam membangun keterlibatan pelanggan dan menunjukkan dedikasi terhadap kebutuhan mereka. Tujuan customer engagement adalah untuk mendorong interaksi berulang, sejak pertama kali pelanggan berinteraksi dengan bisnismu Customer enggagement yang dibagun secara konsisten, tentunya akan menarik lebih banyak pelanggan baru, membantumu dalam memenuhi harapan pelanggan dan mempertahankan reputasi brand

Mengapa Customer Engagement Itu Penting?

customer engagement
Sumber: Freepik

Customer engagement penting bagi bisnis karena mampu memberikan sejumlah keuntungan, di antaranya adalah menciptakan pengalaman customer yang positif, membangun kesadaran merek, hingga mencapai kesetiaan pelanggan. 

Menjalankan strategi customer engagement memungkinkan bisnismu bisa memiliki ikatan yang lebih dalam dengan pelanggan, sehingga mereka akan terus menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Semakin sering interaksi dilakukan, kamu bisa mengumpulkan wawasan pelanggan. Dan informasi ini nantinya bisa kamu gunakan untuk mengembangkan konten, merancang strategi pemasaran, hingga menyesuaikan pengiriman pesan marketing

Keterlibatan pelanggan akan sangat berdampak pada eksistensi bisnis. Jadi, sangat penting untuk menjalin ikatan yang kuat dengan basis pelanggan. Di bawah ini ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk membangun customer engagement:

  • Ciptakan brand voice, lalu gunakan di seluruh platform pemasaran. Dengan begitu, audience akan lebih cepat mengenali brand kamu daripada kompetitor. Brand voice ini juga akan menjadi pembeda antara kamu dengan pesaing. Lebih dari itu, brand voice juga bisa memberikan kesan kredibel pada bisnismu.
  • Kamu harus memahami minat target audience, mengidentifikasi masalah-masalah apa yang sedang mereka alami, dan bagaimana mereka menghabiskan waktunya. Setelah itu, kamu harus membuat konten yang relevan dengan keresahan itu. 
  • Program loyalitas juga bisa menjadi salah satu strategi tepat dalam membangun customer engagement, lho.
  • Jangan lupa personalisasikan pengalaman pelanggan. Bisnismu bisa memanfaatkan teknologi untuk mempelajari pola kebiasaan pelanggan, lalu lakukan personalisasi kegiatan penawaran, sehingga kamu akan lebih terhubung dengan para pelanggan.
  • Gunakan berbagai channel marketing, sehingga kamu bisa menjangkau audience lebih banyak lagi.
  • Cara berinteraksi selanjutnya adalah mengadakan giveaway di sosial media, di mana strategi ini cukup efektif mengundang audience baru atau yang sudah lama. Tapi perlu dipahami, bahwa risikonya adalah hubungan ini tidak akan bertahan lama. Sebab, pasca tantangan berakhir, para audience yang bukan target pasar bisa berhenti mengikuti alias unfollow.

Baca juga: Penjualan Menurun? Jangan Turunin Harga. Ini Solusinya!

Tips Meningkatkan Customer Engagement

customer engagement
Sumber: Freepik

Ada berbagai tips yang bisa kamu praktikkan sebagai cara meningkatkan customer engagement. Mulai dari yang berbiaya rendah hingga yang memerlukan anggaran untuk menjalankan strateginya, cek ulasannya di bawah ini!

  1. Mengumpulkan data tentang keresahan dan ketertarikan pelanggan. Kamu bisa melakukan survei dan kuesioner untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang berguna bagi bisnis. Dengan begitu, kamu bisa mengembangkan strategi yang efektif. 
  2. Mempertahankan customer life cycle yang mencakup menarik pelanggan, menjalankan strategi untuk meningkatkan retensi pelanggan, hingga memperluas hubungan di luar target customer. 
  3. Menawarkan buku panduan untuk memberikan petunjuk penggunaan produk atau layanan juga bisa kamu lakukan. Selain memudahkan, kamu pun bisa mengenalkan produk serupa yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.  
  4. Menyelenggarakan acara seminar online yang melibatkan pelanggan, sehingga kamu bisa mengedukasi, berinteraksi, serta mengenalkan merek pada pelanggan potensial. 
  5. Menawarkan insentif referral,  di mana pelanggan akan berkesempatan mendapatkan keuntungan setiap mereka merekomendasikan dan berhasil membujuk orang lain membeli produk tersebut.
  6. Membangun komunitas, sehingga kamu bisa mengadakan acara yang mempromosikan merek. 
  7. Meminta umpan balik atau feedback dari pelanggan. Ini akan membantu mu dalam menyesuaikan strategi yang lebih tepat sasaran. 
  8. Mempromosikan dan mendorong para pelanggan untuk mengikuti akun sosial media brand

Baca juga: Bisnis Stuck dan Tidak Ada Peningkatan? Lakukan Cara ini!

Bagaimana, sekarang sudah tahu betapa pentingnya customer engagement untuk keberlangsungan bisnismu, bukan? 

Menjalankan strategi customer engagement akan lebih mudah jika kamu menggunakan iSeller. Dengan fitur yang lengkap dan pengintegrasian yang mudah, sistem iSeller bisa digunakan dengan cepat di setiap toko yang kamu punya, baik online maupun offline. Optimasi sistem transaksi bisa segera dilakukan, dan para pelanggan akan merasa semakin nyaman melakukan transaksi pada bisnismu.

iSeller menyediakan fitur Customers/Manajemen Pelanggan, yang memungkinkan kamu lebih mudah dalam mengelola data pelanggan dan buat program loyalti untuk mendorong pelanggan datang lagi dan meningkatkan repeat order. Kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai pelanggan dan kebiasaan berbelanja mereka. Dijamin, mendapatkan informasi kontak dan sejarah pemesanan pelanggan bisa kamu lakukan dengan mudah.

Registrasi dan COBA GRATIS produk iSeller sekarang yuk, dan rasakan kemudahan serta manfaatnya untuk bisnis kamu.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading