5 Fungsi Marketplace Chat dan Tools Tepat untuk Digunakan - iSeller Blog

5 Fungsi Marketplace Chat dan Tools Tepat untuk Digunakan

marketplace chat

Hampir setiap jenis usaha sekarang ini menggunakan marketplace sebagai perpanjangan bisnisnya, untuk merengkuh pasar yang tersedia. Optimasi setiap fiturnya harus dilakukan, salah satunya adalah penggunaan marketplace chat yang bisa mendukung kelancaran transaksi dan promosi.

Dilansir dari sebuah artikel, Shopee di tahun 2021 memiliki akun pengguna aktif sebanyak 127,4 juta. Jadi bisa dibayangkan betapa besar total pengguna marketplace yang ada di Indonesia bukan? Angka tersebut hanya pada satu platform saja, belum ditambahkan dengan marketplace lain yang juga populer seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Alat Kasir Dasar yang Perlu Kamu Punya di Toko

Sekilas Marketplace Chat

marketplace chat

Fitur ini sendiri merupakan salah satu poin yang wajib digunakan jika kamu ingin membuka ‘lapak’ di marketplace. Pasalnya, fitur ini akan menjadi media komunikasi antara kamu dan pelanggan, ketika mereka memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi langsung dari penjualnya.

Dengan setup awal yang tepat, kamu bisa menyematkan fitur jawab otomatis dengan format tertentu, bahkan integrasi chat dengan AI yang ada sehingga dapat dilakukan balas-cepat dengan identifikasi kata-kata kunci tertentu.

Lalu Apa Fungsinya untuk Bisnis?

marketplace chat

Sebagai pebisnis kekinian, pemahaman pada fitur-fitur dasar di marketplace seperti ini jelas jadi hal utama. Beberapa fungsi dari fitur ini untuk bisnis kamu, bisa dilihat di poin singkat berikut ini.

1. Shopping Experience 

Serupa dengan berbelanja di gerai fisik, kamu juga bisa melayani pelanggan secara langsung lewat fitur chat ini. Ketika pelanggan membutuhkan informasi setelah melihat produk, mereka bisa tap pada fitur chat dan terhubung dengan layanan pelanggan yang kamu sediakan.

Di sini interaksi bisa terjadi, dan kamu punya kesempatan untuk membuat pelanggan mendapatkan informasi dan interaksi yang tepat. Pelanggan yang puas atas informasi akan meningkatkan kesempatannya membeli produk di akhir sesi.

2. Membangun Kepercayaan

Dengan berkomunikasi secara langsung, kamu juga bisa mulai membangun kepercayaan pelanggan pada brand yang kamu kelola. Akan lebih baik jika tone komunikasi yang diberikan benar-benar sesuai dengan value dari bisnismu, jadi mereka akan merasa familiar ketika suatu saat datang ke gerai fisik.

Trust memang bukan hal yang bisa didapatkan dalam waktu singkat. Tapi setidaknya dengan komunikasi yang lancar, kamu bisa punya banyak kesempatan membangun hal ini dari waktu ke waktu.

3. Dari Sisi Privasi

Data pribadi seperti nomor telepon adalah data yang cukup sulit didapatkan dari pelanggan karena alasan privasi. Namun dengan marketplace chat ini, mereka bisa berinteraksi tanpa harus memberikan nomor telepon yang mereka miliki.

Cukup dengan memiliki aplikasi marketplace-nya saja, mereka bisa dengan leluasa berinteraksi dan bertanya tentang produk dengan CS yang kamu sediakan. Otomatis, hal ini juga akan membuat mereka lebih nyaman.

4. Mudah dalam Mencari Informasi

Ketertarikan pelanggan saat melihat produk yang kamu pasang bisa langsung ditindaklanjuti dengan chat secara langsung. Mereka tidak perlu repot berpindah aplikasi atau platform, karena keberadaan fitur ini sudah menjadi default untuk setiap marketplace.

Dengan begini, mereka bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk dan mungkin saja pertanyaan lain terkait produk.

5. Feedback dari Pelanggan

Salah satu fungsi dari fitur ini adalah untuk mendapatkan feedback dari pelanggan secara langsung. Setelah pelanggan selesai dalam sesi tanya jawabnya, kamu bisa mengajukan pertanyaan akhir mengenai bagaimana pengalaman yang didapatkan pada sesi ini.

Pertanyaan juga bisa diajukan setelah pelanggan melakukan pembelian, melakukan review produk, dan sebagainya. Dari sini, kamu bisa mendapat data mengenai performa layanan yang dirasakan.

Bagaimana Fitur Ini Bekerja?

marketplace chat

Sederhana dan praktis, mungkin dua kata ini yang paling mewakilkan cara kerja dari fitur marketplace chat.

Pada tahap awal kamu harus melakukan pengaturan dengan cermat pada fitur chat ini. Mulai dari sapaan awal pada pelanggan, pertanyaan umum, atau informasi lain yang relevan sebelum masuk ke produk.

Sapaan awal akan muncul ketika pelanggan mengirimkan chat, dan akan menjadi balasan cepat untuk mereka. Selanjutnya staf CS bisa langsung memberikan respon sesuai urutan dan pada jam kerja yang telah diberikan, dan komunikasi secara langsung bisa terjadi.

Jika terintegrasi dengan AI chatbot, kamu bahkan bias mengatur kata kunci tertentu untuk jawaban template. Hal ini berguna untuk pertanyaan yang sering diajukan terkait produk.

Tentu saja, semakin canggih tools yang kamu pakai, semakin mudah dan puas pula pelanggan yang berkomunikasi dengan bisnismu. Ini kenapa kemudian iSeller menghadirkan iSeller Chat untuk digunakan, dan langsung terintegrasi dengan produk iSeller lain.

iSeller Chat untuk Pengelolaan Percakapan Lebih Baik

marketplace chat

iSeller Chat adalah sebuah fitur di dalam produk iSeller, yang bisa membantu kamu mengelola chat yang terjadi di marketplace. Terintegrasi dengan berbagai fitur lain di produk iSeller, kamu akan lebih mudah melakukan sinkronisasi pada produk dan program loyalitas.

Beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah sebagai berikut.

Detail percakapan akan terlihat jelas

Produk yang ditanyakan bisa dilanjutkan ke tahap pembelian dan pembayaran

Terhubung dengan berbagai marketplace, jadi memudahkan pengelolaan setiap percakapan di setiap platform atau marketplace yang ada

Kamu bisa cek fitur ini lebih jauh pada tautan berikut ini, yang akan menjelaskan secara detail tentang pemasangan dan penggunaan dari iSeller Chat pada bisnis yang kamu punya.

Baca Juga: Tahu Cara Kelola Data Konsumen? Lihat di Artikel Ini! 

Jadi bagaimana? Apakah sudah mulai tertarik menggunakan marketplace chat dengan iSeller Chat yang ditawarkan ini? Integrasi yang mudah akan membantu optimasi bisnis yang kamu punya di sektor online, jadi kamu bisa memaksimalkan semua potensi pasar yang ada. Segera ajukan COBA GRATIS untuk tahu lebih banyak, dan maksimalkan pengelolaan penjualan dengan iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading