5 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Tahan Guncangan Ekonomi - iSeller Blog

5 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Tahan Guncangan Ekonomi

bisnis yang menjanjikan

Salah satu seni dalam berbisnis adalah mengolah ancaman yang datang menjadi kesempatan, dan memanfaatkannya untuk terus berkembang dan mendapatkan keuntungan. Tidak sedikit ide bisnis yang menjanjikan bisa dicoba. Tapi kamu juga harus mempertimbangkan kondisi ekonomi makro dan kabar resesi yang belakangan semakin keras gaungnya.

Beberapa ide bisnis di bawah ini bisa kamu coba pikirkan dan dalami, untuk mendapatkan unique selling point yang bisa diangkat. Menarik, tangguh pada guncangan ekonomi, dan memiliki prospek bagus, berikut beberapa ide bisnis yang bisa dibagikan dalam artikel singkat ini.

Baca Juga: 5 Tantangan Bisnis dan Strategi Mengatasinya

1. Bisnis Sembako

bisnis yang menjanjikan

Memang terdengar sangat konvensional dan tidak modern, tapi jangan salah bisnis ini benar-benar tahan banting dan bisa dikatakan everlasting.

Kenapa demikian?

Karena dapat dipastikan selama manusia dan masyarakat ada, maka kebutuhan akan sembilan bahan pokok akan terus muncul. Bahkan jika benar akan terjadi resesi ekonomis, bahan-bahan yang kamu jual tetap akan memiliki pasar meski harganya akan meningkat.

Kamu bisa merintisnya dari skala mikro, dan kemudian mengembangkannya perlahan. Agar tetap relevan, kamu bisa memasukkan unsur teknologi kekinian seperti pesan antar atau POS System ke dalam bisnismu, sehingga terdapat keunikan tersendiri ketika belanja di tempatmu.

2. Bisnis Makanan dan Minuman

Bisnis yang menjanjikan kedua adalah di sektor makanan dan minuman. Masuk dalam komponen dari kebutuhan pokok, bisnis ini cukup ‘bandel’ ketika harus berhadapan dengan kondisi ekonomi yang dinamis.

Pada dasarnya semua orang perlu makanan dan minuman. Kamu hanya perlu memutar otak kira-kira produk apa yang diminati pasar, atau segmen pasar apa yang akan kamu tuju. Buat sistem rantai pasok yang rapi dan efektif, kemudian melayani pembeli dengan proses yang efisien saat transaksi.

Fokus pada produk makanan dan minuman, karena ketika lidah sudah jatuh cinta akan sulit untuk tidak membeli produkmu.

3. Bisnis Retail atau Toserba

bisnis yang menjanjikan

Ketiga adalah bisnis retail atau toserba. Tentu kamu bisa mengamati secara langsung betapa bisnis ini tahan banting dan bisa bertahan ketika pandemi lalu bukan? Brand minimarket merah yang bertebaran bisa terus bertahan dan terus melayani pelanggan setianya.

Modal yang dibutuhkan memang cukup lumayan. Tapi untuk bisnis jangka menengah hingga panjang, retail dan toserba bisa masuk ke golongan yang menjanjikan. Selama kamu bisa memberikan kepuasan pada service untuk pelanggan, akan muncul pelanggan-pelanggan setia yang terus datang.

Bisnis seperti ini biasanya sudah memiliki sistem rantai pasok sendiri, dan sistem pencatatannya. Jadi kamu juga tidak perlu repot untuk mengatur berbagai hal esensial ini.

4. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Diperlukan sensitivitas untuk tahu produk apa yang diminati segmen pasar tertentu, tapi setelah kamu tahu, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller yang beromzet besar. Pasarkan produk dengan cara yang tepat, sehingga pelanggan bisa mengambil produk dari kanal yang kamu punya.

Berperan menjadi ‘agen’ pemasaran untuk sebuah produk, pada dasarnya dropshipper menjadi bisnis yang menjanjikan untuk kamu yang memiliki skill di sektor marketing. Bisnis ini juga dapat dijadikan sambilan yang mendatangkan cuan cukup lumayan.

Meski demikian kamu harus sadar bahwa bisnis sektor ini sudah cukup padat pelakunya, sehingga kamu harus cermat dalam membuat faktor pembeda sehingga toko online yang kamu punya lebih diminati dari toko lain.

5. Bisnis Produk dan Jasa Kesehatan

bisnis yang menjanjikan

Pasca pandemi yang terjadi beberapa waktu lalu, kesadaran publik pada kesehatan diri sendiri meningkat pesat. Ini mengapa, bisnis produk dan jasa kesehatan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni.

Hal yang perlu diperhatikan saat ingin merintis bisnis ini adalah legalitas dari bisnis, dan produk-produk dengan sertifikasi yang jelas. Karena menyangkut hal mendasar untuk masyarakat, peraturan pemerintah untuk sektor ini cukup ketat.

Pastikan kamu mengurus semua berkas legal dengan baik, dan hanya jual produk-produk kesehatan bersertifikat resmi. Untuk jasa, pastikan juga semua yang bekerja bersamamu sudah memiliki izin praktek yang berlaku dan formal.

Baca Juga: 4 Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan Menarik 

Beberapa ide bisnis yang menjanjikan di atas bisa segera kamu dalami seluk beluknya untuk mendapatkan insight dan poin unik yang dapat diangkat jadi hal menarik. Tentu saja, dalam prakteknya kamu perlu sistem penjualan yang solid, sehingga transaksi yang dilakukan bisa berjalan lancar.

iSeller, POS System Andalan untuk Berbagai Jenis Bisnis

iSeller kemudian hadir dengan membawa produk POS System yang dapat digunakan pada berbagai bentuk bisnis. Dengan integrasi yang mudah dengan sistem yang kamu punya, POS System dari iSeller akan segera dapat digunakan dengan optimal di setiap outlet yang kamu punya.

Tidak hanya itu, sistem iSeller juga dapat terhubung dengan marketplace dan layanan food delivery, sehingga akan sangat memudahkan bisnismu untuk mengembangkan pasar. Perpaduan ide bisnis yang menjanjikan dengan fitur yang tersedia dari iSeller akan membuat bisnis semakin cepat tumbuh, dan mendatangkan keuntungan yang makin besar. Ajukan PERCOBAAN GRATIS sekarang, dan rasakan semua manfaatnya! 

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading