Lebih Praktis, Inilah 6 Tips Aman Transaksi Online - iSeller Blog

Lebih Praktis, Inilah 6 Tips Aman Transaksi Online

transaksi online

Kenapa bisnis perlu menyediakan sistem transaksi online bagi para pelanggan? Faktanya, transaksi online dinilai lebih bisa mencegah kecurangan atau penipuan ketimbang transaksi tunai. Alasannya adalah karena sistemnya transparan dan biasanya dana yang dikirimkan tidak langsung sampai ke penjual. Kalau pelanggan merasa barang yang diterimanya sudah sesuai dengan yang dibeli, maka mereka bisa melakukan konfirmasi dan dana pun baru sampai ke penjual.

Bagi para pelaku bisnis yang sudah memiliki sistem pembayaran online apalagi terbukti kredibilitasnya (dari review pembeli lain misalnya), tentunya akan lebih dipilih pelanggan atau konsumen baru. Tidak hanya itu saja, pelanggan lama juga akan betah dan jadi langganan dengan toko online-mu jika memiliki sistem pembayaran online yang terpercaya.

Kemudian, transaksi online tidak hanya praktis untuk pelanggan saja, tapi juga berlaku untuk pemilik usaha. Pasalnya, fitur pembayaran transaksi online biasanya memungkinkan proses verifikasi pembayaran menjadi instan. Para pelanggan tidak perlu lagi mengirim struk bukti pembayaran secara manual, sedangkan pemilik bisnis tidak perlu lagi mencatatnya secara manual. Jadi bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan seperti salah memasukkan data pembeli ataupun hilang bukti akibat file yang rusak dan lainnya. 

Kehadiran transaksi online dalam sistem pembayaran bisnis juga akan memberikan peluang untuk menjangkau pasar lebih luas. Kamu bisa memasarkan produk atau jasa ke siapapun yang bisa mengakses internet dari daerah mana saja bahkan seluruh dunia. Tapi ingat, kamu juga harus memastikan bahwa bisnismu menyediakan berbagai pilihan ekspedisi yang menjangkau daerah bahkan negara-negara tersebut. 

6 Tips Aman Transaksi Online bagi Bisnis

transaksi online
Sumber: Freepik

Bagaimana, sudah tahu kan kalau sistem transaksi online cukup bagi bisnis? Berikut ini ada beberapa tips transaksi online yang aman bagi bisnis, simak yuk!

  1. Hadirkan kualitas produk dan layanan yang terbaik. Ingat, kualitas produk dan layanan sangat penting untuk selalu diperhatikan supaya pelanggan tidak ragu melakukan transaksi online di tokomu. Selain itu, jangan lupa hadirkan deskripsi yang lengkap tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan dan jangan malas menjawab setiap pertanyaan pelanggan, ya.
  2. Mengetahui profil pelanggan juga diperlukan. Sebaiknya kamu membuat buyer persona sebelum memasarkan produk dan jasa, supaya kamu bisa merancang strategi yang tepat sasaran. Selain itu, hal ini juga penting untuk menghindari tokomu dari potensi penipuan dari pelanggan palsu.
  3. Pilihlah marketplace yang terpercaya. Kamu wajib memilih marketplace yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Tapi selain itu, marketplace yang punya banyak pelanggan juga patut dilirik, sehingga dari sana kamu bisa dapat kesempatan menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi. Biasanya marketplace semacam ini punya sistem keamanan bertransaksi yang lebih aman dan terjaga.
  4. Pilih dan gunakan jasa kurir yang punya layanan terbaik. Perlu diketahui, salah pilih jasa kurir tidak hanya membuatmu kehilangan kepercayaan pelanggan, tapi kamu juga bisa dibuat rugi berkali-kali lipat karena ancaman penipuan juga bisa datang dari kurir yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan kurir resmi dan punya reputasi layanan yang terpercaya.
  5. Jangan hanya mengandalkan satu platform saja. Supaya bisnismu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, sebaiknya gunakan beberapa platform untuk menjual produk. Seperti halnya membangun website toko online dan mengintegrasikannya dengan marketplace untuk mengoptimalkan bisnis sekaligus menjaga keamanan dalam bertransaksi. 
  6. Gunakan layanan payment gateway. Dengan menggunakan layanan payment gateway, maka keamanan dalam melakukan transaksi online akan lebih terjamin karena dana yang kamu kirim atau terima dari pelanggan akan ditahan sampai transaksi berhasil. Selain itu, kamu juga tidak perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank karena payment gateway dapat menerima dana transfer dari berbagai rekening dan menyalurkannya ke satu rekening milik tokomu.

Baca juga: 4 Tips Mengelola Keuangan Bisnis dengan Lebih Mudah

Transaksi Online Aman dan Real-time dengan iSeller

transaksi online
Sumber: iSeller

Melakukan transaksi online dengan aman dan real-time, kamu bisa mengandalkan iSeller. Dibuat dengan teknologi termodern, iSeller menawarkan fitur lengkap dan handal untuk berjualan di toko fisik, toko online, sosial media, dan di mana saja.

Sistem iSeller bisa menerima berbagai metode pembayaran online. Kamu bisa memaksimalkan potensi bisnis dengan pilihan pembayaran online bervariasi, mulai dari cicilan, kartu kredit, hingga pembayaran offline seperti transfer bank, ATM, dan banyak lagi. Semuanya bisa diaktifkan secara mudah dan instan.

Menariknya lagi, iSeller menyediakan pembayaran omni-channel yang memungkinkan kamu bisa menerima beragam metode pembayaran offline seperti ATM, transfer bank, dan toko swalayan. Saat pelanggan melakukan pembayaran melalui saluran yang dipilih, maka iSeller akan secara otomatis menandai pesanan telah terbayar sehingga kamu tidak perlu lagi menangani pemeriksaan pembayaran manual.

Baca juga: Pelanggan Bisa Pesan dan Bayar di Handphone? Kenapa Tidak!

Menjalankan bisnis sekarang semakin praktis. Berkat  iSeller Admin App, kamu bisa tetap terhubung dengan bisnis ke mana pun kamu pergi. Tersedia secara gratis untuk Android dan iOS, menjalankan dan mengelola bisnis akan menjadi jauh lebih mudah, karena semuanya dapat diakses dari perangkat favoritmu. Yuk registrasi dan COBA GRATIS iSeller sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading