Optimasi Aplikasi Pembayaran Online untuk Kepuasan Pelanggan - iSeller Blog

Optimasi Aplikasi Pembayaran Online untuk Kepuasan Pelanggan

aplikasi pembayaran online

Dapat mengakomodir kebutuhan pelanggan menjadi salah satu objektif bisnis paling mendasar yang harus kamu pahami. Tidak sekedar dengan produk dan layanan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan mereka, namun juga dengan optimasi transaksi menggunakan aplikasi pembayaran online.

Pada sistem bisnis kekinian, integrasi dengan berbagai aplikasi pembayaran online menjadi hal yang umum. Integrasi ini dapat membantu memudahkan transaksi, dan meningkatkan kenyamanan pelanggan sekaligus optimasi penjualan dari sisi bisnis.

Aplikasi ini sendiri, seperti namanya, akan menyediakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan metode yang diinginkan oleh pelanggan.

Baca Juga: Kenapa Bisnis Perlu Memilih Aplikasi Kasir Terbaik?

Fungsi Mendasar dari Aplikasi Pembayaran Online

aplikasi pembayaran online

Ketika kamu mengelola sebuah bisnis, kemampuan mengintegrasikan sistem dengan aplikasi pembayaran online ini sangat penting. Mengapa demikian? Karena masyarakat modern di era kekinian sudah mulai terbiasa dengan model pembayaran cashless.

Jika berbicara mengenai fungsinya, maka akan terdapat beberapa poin mendasar yang dapat kamu pahami.

  • Mengakomodir transaksi yang ingin dilakukan pelanggan
  • Menyelesaikan transaksi dengan cepat dan ringkas
  • Menghemat waktu karena tidak perlu menunggu uang kembalian dari sebuah transaksi
  • Nominal yang dibayarkan akan selalu tepat seperti yang ditagihkan
  • Memudahkan proses pencatatan penjualan yang terjadi di dalam bisnis, sehingga penyusunan laporan akan lebih komprehensif dan akurat

Karena menjalankan fungsi yang tidak hanya dapat membantu pelanggan tapi juga membantu bisnis yang kamu punya, maka tak heran jika aplikasi seperti ini menjadi sebuah hal yang ‘wajib’ ada di dalam sebuah bisnis bukan?

Benefit Menggunakan Aplikasi Semacam Ini dalam Bisnis

aplikasi pembayaran online

Berangkat dari fungsi dasar yang disebutkan di atas, beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Transaksi yang Cepat dan Praktis

Dengan menggunakan aplikasi semacam ini, kamu bisa menyediakan proses transaksi yang cepat dan praktis. Cepat, karena pelanggan tidak perlu bersusah payah mengambil uang dari dompetnya, dan praktis, karena semua dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone.

Meningkatkan efisiensi waktu transaksi ini akan membantu pelanggan menghemat waktu berharga miliknya, sehingga mereka juga cenderung akan lebih puas.

2. Lebih Aman

Risiko terjadinya kecurangan akan dapat dikurangi dengan signifikan, karena pembayaran yang dilakukan pelanggan akan langsung masuk ke rekening perusahaan. Selain itu, staf kasir juga akan memastikan pembayaran yang dilakukan sudah sesuai dengan tagihan yang diberikan.

Tentu saja tanpa mengurangi apresiasi pada staf kasir yang bertugas, kamu juga bisa meminimalisir risiko terjadinya kecurangan dari oknum tidak bertanggung jawab sebab laci kasir praktis akan memiliki persediaan uang cash lebih sedikit.

3. Mencatat Transaksi Lebih Akurat

Aplikasi pembayaran online memungkinkan kamu memiliki sistem pencatatan yang lebih baik, karena terhubung dengan sistem pengelolaan bisnis di setiap outlet. Dengan begini, kamu bisa dengan mudah melihat transaksi yang ada di masing-masing outlet, dan mendapatkan data riil kapan saja.

Pada pengelolaan perusahaan data menjadi entitas yang sangat berharga. Kemudahan pencatatan dan akurasinya yang dapat dipertanggungjawabkan jelas memberikan banyak benefit untuk analisis pemasaran dan penjualan yang terjadi dalam periode waktu tertentu.

Tapi Bagaimana Cara Kerjanya?

aplikasi pembayaran online

Secara sederhana, cara kerjanya adalah sebagai berikut.

Kamu terlebih dahulu harus menggunakan sebuah sistem pengelolaan bisnis yang memiliki fitur pembayaran online, dan dapat mengakomodir berbagai jenis aplikasi yang digunakan oleh pelanggan. Nantinya, pengaturan ini dilakukan ketika sistem tersebut dipasang di setiap outlet.

Kemudian akan terdapat kode QR, mesin EDC, atau media lain yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi. Media lain ini sekali lagi menyesuaikan dengan aplikasi pembayaran online yang dimiliki pelanggan. Kode QR biasanya akan jadi opsi paling general di antara pilihan yang ada.

Saat pelanggan ingin melakukan pembayaran, pelanggan tinggal melakukan pemindaian pada kode QR yang disediakan, dan mengisikan total pembayaran yang diinformasikan oleh kasir. Pembayaran dilakukan, dan konfirmasi dapat diberikan oleh kasir.

Ketika pembayaran terverifikasi, maka transaksi terselesaikan, dan pelanggan dapat secara langsung memperoleh bukti pembayaran, baik dalam bentuk kertas atau dalam bentuk file digital yang masuk ke WhatsApp atau email yang mereka bagikan sebelumnya.

Sistem akan mencatat transaksi ini secara detail, mulai dari waktu transaksi, produk yang dibeli, staf kasir yang melayani, dan total tagihan yang dibayarkan lengkap dengan potongan atau pajak yang berlaku.

Praktis bukan?

Baca Juga: Berperan Penting, Simak Cara Memilih Mitra Bisnis yang Tepat 

Pemilihan sistem yang mendukung penggunaan aplikasi pembayaran online ini jelas penting, karena semakin banyak aplikasi yang dapat diakomodir, semakin mudah pula pelanggan melakukan transaksi. iSeller, dalam hal ini, akan menjawab semua kebutuhan yang kamu punya.

Melayani Lebih dari 20 Tipe Pembayaran

Dengan menggunakan iSeller Pay, kamu dengan mudah dapat melayani pelanggan yang ingin membayar dengan aplikasi pembayaran online. Mulai dari GoPay, OVO, DANA, LinkAja!, dan masih banyak lagi, semua dapat diatur dengan mudah pada pengaturan sistem iSeller. Kamu bisa melihat detail pengaturannya di sini untuk memahaminya lebih jauh. Solid, praktis, dan adaptif, kamu bisa segera menggunakan produk dari iSeller untuk  mengoptimalkan bisnis yang kamu punya sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading