Perbedaan SEO dan SEM, Manfaat, dan Strategi Penerapannya - iSeller Blog

Perbedaan SEO dan SEM, Manfaat, dan Strategi Penerapannya

perbedaan seo dan sem

Kebanyakan orang mungkin belum mengetahui secara jelas apa perbedaan SEO dan SEM. Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) adalah cabang dari strategi digital marketing yang digunakan dalam optimalisasi website dengan cara organik. Pengoptimalan website ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh ranking di halaman pertama mesin pencarian atau SERP (Search Engine Optimization Page).

Kira-kira, seperti apa perbedaan SEO dan SEM? Apa manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan strategi ini?

Perbedaan SEO dan SEM yang Perlu Dipahami

perbedaan seo dan sem
Sumber: Freepik

SEO dan SEM adalah dua strategi yang sangat penting dalam sebuah teknik digital marketing. Yuk, pahami lebih jelas mengenai perbedaan di antara keduanya lewat poin-poin berikut:

1. Ada Ikon Iklan di Hasil Pencarian SEM

Perbedaan pertama antara SEO dan SEM adalah terletak pada hasil pencarian. Hasil pencarian dari SEM memiliki label Ad di dalam search engine, tapi SEO tidak ada sama sekali dan hanya menampilkan cuplikan singkat dari laman web. Selain label Ad, ada juga perbedaan mendasar dari hasil pencarian keduanya, di mana SEM memberikan hasil pencarian dengan ekstension. Di sana ada beberapa informasi penting seperti nomor telepon, link, dan tambahan lainnya.

2. SEM Bisa Memilih Target Audiens

Berikutnya, perbedaan SEO dan SEM terletak pada fleksibilitas pengaturan. Kamu yang memakai iklan SEM bisa memilih sendiri target audiens yang diinginkan, sedangkan pengguna SEO tidak bisa melakukannya karena sistem ini menggunakan teknik organik.

3. Hasil SEM Lebih Cepat Daripada SEO

Untuk hasil akhir, SEM bisa memberikan hasil yang jauh lebih cepat dibandingkan SEO, karena SEO memakai teknik organik atau alami, sehingga butuh proses di dalamnya. Tidak heran juga kalau teknik SEM banyak diminati meskipun membutuhkan biaya. Namun SEO juga tidak kalah efektif meskipun prosesnya memang tidak secepat SEM.

4. SEM Lebih Baik untuk Testing

Banyak pengguna yang ingin melakukan percobaan dulu dalam rangka optimasi website, dan ternyata teknik SEM jauh lebih banyak direkomendasikan untuk proses testing. Tidak sama seperti SEO yang tidak cocok untuk testing atau uji coba, karena fleksibilitas dari SEM yang cukup tinggi, sehingga bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan percobaan.

5. SEO Baik Digunakan untuk Jangka Panjang

Perbedaan SEM dan SEO lainnya juga terletak pada jangka waktu efektivitasnya, di mana SEM punya efektivitas yang lebih singkat. Tidak sama seperti SEO yang efektivitasnya justru berlaku untuk jangka panjang.

6. Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Daripada SEM

Click Through Rate alias CTR dari SEO ternyata bisa mencapai angka yang lebih tinggi daripada SEM. CTR ini adalah persentase jumlah klik terhadap iklan yang ada pada sebuah laman website.

7. SEO Gratis, Sedangkan SEM Berbayar

SEO dan SEM dalam marketing memang sama-sama memiliki peran yang penting. Tapi, keduanya ternyata punya perbedaan dari segi biaya. Kamu harus mengeluarkan budget lebih besar untuk SEM sedangkan SEO memberikan hasil organik dan tidak dikenakan biaya apapun.

Baca juga: 11 Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

Strategi Penerapan SEO dan SEM dalam Bisnis

perbedaan seo dan sem
Sumber: Freepik

Strategi SEO adalah cara organik dalam meningkatkan visibilitas halaman website sedangkan SEM meningkatkan visibilitas website dengan pencarian organik, serta melalui iklan seperti menggunakan platform iklan PPC semacam Google Ads supaya bisa sampai pada pengguna.  Oleh karena itu, dalam menentukan strategi mana yang tepat antara SEM atau SEO, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan kapan harus menggunakan SEO, SEM, atau keduanya. Simak beberapa tips di bawah ini!

  • Kalau kamu memutuskan memilih strategi SEO, itu artinya perlu waktu yang lebih lama sekitar berbulan-bulan dalam memperoleh traffic website untuk menghasilkan penjualan. Lain halnya dengan strategi SEM yang akan lebih cepat karena menggunakan pay-per-click. Strategi SEM ini memungkinkan kamu bisa membuat iklan, mengatur anggaran, serta meningkatkan visibilitas dalam waktu lebih singkat.
  • Strategi SEO adalah cara organik untuk meningkatkan visibilitas halaman website, jadi setiap ada pengguna yang membuka halaman website maka tidak akan dikenakan biaya. Sedangkan strategi SEM, akan ada biaya yang dikenakan jika ada audiens yang mengklik halaman website dengan strategi SEM. 
  • Dalam menggunakan strategi SEO, audiens yang ditentukan tidak bisa benar-benar presisi dan pada akhirnya konten dalam halaman website bisa mengarah ke berbagai kategori audiens. Tapi kalau kamu memakai strategi SEM, audiens bisa lebih tertarget karena dengan SEM, detail audiens seperti tempat, usia, dan lain sebagainya bisa ditentukan. Dengan begitu, target keyword bisa sampai pada audiens yang tepat.
  • Kalau kamu menggunakan strategi SEO, maka akan memiliki efek jangka panjang dalam mempertahankan brand bisnismu. Ketika sudah memperoleh strategi SEO yang tepat, halaman website milikmu bisa bertahan lama untuk menempati ranking atas di search engine. Tapi jika menggunakan SEM, maka traffic halaman website akan bergantung pada pembayaran yang kamu lakukan. Saat pembayaran berhenti dilakukan, maka traffic halaman website juga bisa berhenti.
  • Dengan strategi SEO, tingkat kepercayaan pengguna lebih tinggi karena SEO merupakan strategi yang mengandalkan cara organik dan tidak berbayar. Sedangkan SEM diketahui oleh pengguna menggunakan sistem iklan berbayar, sehingga kepercayaan audiens dengan halaman website yang menggunakan SEM lebih rendah.

Baca juga: Mari Mengenal Apa Itu Point Of Sales dan Manfaatnya

Baik SEO maupun SEM, keduanya memiliki kesamaan yaitu sama-sama berfungsi untuk meningkatkan visibilitas suatu konten atau halaman website sehingga pengguna mengunjungi website, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang ditampilkan pada website tersebut.

Untuk memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis, termasuk untuk pemasaran digital, kamu bisa mengandalkan iSeller. Ada berbagai macam fitur yang lengkap dan canggih, semuanya bisa diakses kapan dan di mana saja. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan iSeller, silakan klik di sini dan dapatkan kesempatan COBA GRATIS iSeller.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading