5 Ide Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan di Masa Depan - iSeller Blog

5 Ide Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan di Masa Depan

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Memiliki visi yang baik pada masa yang akan datang menjadi salah satu syarat buat jadi pengusaha yang sukses. Untuk itu, kamu harus mulai bisa membaca kira-kira usaha yang jarang tapi dibutuhkan, jadi kamu bisa memulainya sejak sekarang dan menuai hasilnya di waktu yang tepat.

Memang akan jadi tantangan tersendiri untuk melakukan forecasting, tidak hanya pada tren pasar tapi juga pada sektor bisnis yang kira-kira akan happening dalam beberapa waktu ke depan. Tapi untuk membantu kamu membuat gambaran, berikut beberapa ide usaha yang jarang ada sekarang ini tapi dibutuhkan dan punya prospek yang bagus di masa depan.

Baca Juga: 3 Ide Usaha Kekinian yang Bisa Jadi Jalanmu Menuju Sukses!

1. Hotel untuk Hewan Peliharaan

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Bisnis penitipan hewan peliharaan mungkin menjadi bisnis yang cukup banyak digeluti, karena potensi yang ada di masyarakat Indonesia. Tapi bagaimana dengan hotel untuk hewan peliharaan?

Pada dasarnya jasa yang dijual memiliki kemiripan. Namun, dari segi kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan ditawarkan jauh lebih tinggi. Jaminan kenyamanan hewan peliharaan pada tempat tinggal sementara dan treatment yang benar-benar memuaskan jadi nilai jual utamanya.

Sasaran dari bisnis ini adalah pelanggan dari kalangan ekonomi menengah ke atas, yang menyayangi hewan peliharaan dan ingin yang terbaik untuk bagian dari keluarganya itu. Selama service yang diberikan maksimal, mereka akan rela merogoh kocek yang tidak sedikit.

Untuk mengawalinya, lakukan riset mendalam pada kebiasaan segmen pasar yang kamu sasar. Temukan pola konsumsi media, dan manfaatkan data ini untuk membantu campaign yang tepat.

2. Model Food Truck, Berani Coba?

Mungkin beberapa waktu belakangan kamu pernah melihat food truck yang mulai diparkirkan di pusat-pusat keramaian di penjuru kota. Ide bisnis ini mulai dapat dilihat banyak pengusaha, dan menarik untuk dicoba.

Meski belum banyak yang benar-benar berhasil, setidaknya kamu bisa memanfaatkan awareness publik yang mulai meningkat. Kamu bisa belajar dari apa yang telah dilakukan pebisnis lain, dan membuat produk yang jauh lebih sesuai.

Analisis lokasi yang tepat, dan cermati selera kuliner yang dibutuhkan oleh publik di lokasi tersebut. Idealnya, food truck diharapkan bisa menyajikan makanan dengan cepat, porsi yang tidak terlalu banyak, tapi tetap lezat dan menawarkan tempat yang nyaman untuk menyantap makanan.

3. Melirik Bisnis 3D Print 

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Well bisnis ini biasanya berawal dari hobi dan rasa ingin tahu yang akhirnya bisa terjawab. Mesin cetak tiga dimensi yang mulai banyak dimiliki sudah menggeliat mencari segmen pasar, untuk berbagai kebutuhan dan keperluan pelanggannya.

Mungkin saat ini produksi yang dilakukan hanya sebatas untuk barang-barang kecil saja, keycaps untuk keyboard, kemudian speaker stand, suku cadang untuk sepeda, dan beberapa barang kecil lain. Tapi sebenarnya potensi pembuatan produk dengan mesin ini hampir tidak terbatas.

Sepertinya hanya tinggal menunggu waktu sampai pasar benar-benar sadar banyak sekali hal yang dapat diproduksi dengan mesin ini. Jadi tidak ada salahnya mulai mencoba membeli mesin tersebut, dan memetakan potensi pasar yang ada untuk masyarakat Indonesia.

4. Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Rage Room

Tingkat stres yang dirasakan masyarakat perkotaan demikian tinggi, dengan semua tekanan kerja dan kehidupan yang beragam. Selain membutuhkan tempat istirahat yang nyaman, salah satu peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan mungkin adalah rage room.

Bisnis ini menawarkan fasilitas ruangan dengan berbagai barang yang bisa dirusak, secara harfiah, dengan menggunakan peralatan yang disediakan. Tujuan utamanya adalah mengakomodir emosi negatif dari pelanggan agar bisa dilampiaskan, dan merasa lega setelah menggunakan fasilitas yang ada.

Di beberapa kota besar seperti Jakarta, sudah terdapat pelaku bisnis yang melihat dan mulai memanfaatkan peluang ini. Siapa tahu kamu ingin mencobanya terlebih dahulu, kamu bisa datang dan melakukan riset secara langsung tentang apa-apa saja yang dibutuhkan untuk merintis bisnis ini.

5. Foto Produk untuk UMKM

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Tidak bisa dipungkiri salah satu kekuatan bisnis yang ada di Indonesia adalah UMKM. Namun yang harus kamu sadari, bahwa bisnis segmen ini terkadang sulit berkembang karena tidak bisa mengakses fasilitas yang diperlukan, seperti modal dan foto produk yang berkualitas tapi terjangkau.

Untuk poin kedua bisa menjadi peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan di masa yang akan datang. Kamu bisa menawarkan jasa foto produk dengan kualitas yang baik untuk bisnis ini, sehingga membantu mereka berkembang.

Foto produk yang menarik akan meningkatkan daya saing produk UMKM di marketplace atau pasar secara umum, sehingga kekuatan yang dimilikinya juga bertambah. Satu hal yang harus diingat, meski harga yang ditawarkan terjangkau, jangan sampai kamu merugi ya!

Baca Juga: Retailer Harus Punya POS System Hardware yang Unggul 

5 ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan di masa yang akan datang di atas bisa jadi pembuka pintu rejeki untuk modal yang kamu punya saat ini. Tentu, riset mendalam tetap harus dilakukan untuk mendapatkan data solid sebagai persiapan membuka usaha.

Salah satu sektor yang bisa kamu pastikan sejak sekarang adalah penggunaan POS System yang handal dari iSeller. Mudah dikustomisasi untuk berbagai jenis bisnis, sistem dari iSeller menawarkan struktur yang solid dan sesuai untuk banyak jenis bisnis. Untuk memaksimalkan peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan seperti yang ditulis di atas kamu perlu sistem kasir yang benar-benar mumpuni. Maksimalkan semua fitur yang ada dan ajukan COBA GRATIS sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading