5 Poin Penilaian Analisis Kredit, Cermati Baik-Baik! - iSeller Blog

5 Poin Penilaian Analisis Kredit, Cermati Baik-Baik!

penilaian kredit

Untuk mendapatkan modal bisnis yang lebih besar, kamu bisa dengan cukup leluasa mengajukan pinjaman pada berbagai pihak. Namun demikian sebelum pinjaman ini disetujui, pihak pemilik modal pasti akan melakukan analisis kredit pada bisnis yang kamu punya.

Tapi tahukah kamu apa itu analisis kredit?

Istilah ini umum digunakan pada perusahaan atau lembaga keuangan yang memiliki kemampuan memberikan pinjaman untuk mengukur seberapa besar kemampuan sebuah entitas bisnis dalam mengembalikan modal yang telah dipinjamnya.

Analisis kredit secara praktis adalah kegiatan penilaian kredit secara lengkap melalui berbagai aspek, dengan menggunakan rasio keuangan dan pendekatan tertentu dalam menentukan kebutuhan kredit setiap calon debitur. 

Baca Juga: 5 Manfaat Laporan Stok Barang, Klik di Sini!

Tapi Apa Tujuan dari Proses Analisis Kredit Ini?

Karena memberikan pinjaman modal usaha merupakan sebuah hal yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, maka proses ini harus dilakukan. Jangan lupa, pihak yang memiliki modal usaha ini juga harus memastikan modal yang dipinjamkannya bisa kembali dalam jumlah yang sesuai, dengan bunga atau komisi tertentu.

Setidaknya ada empat tujuan dari proses ini bagi pemilik modal.

  • Membantu pemilik modal untuk mengambil keputusan apakah akan memberikan atau tidak pinjaman yang diajukan oleh perusahaan sebagai calon debitur
  • Membantu penentuan besar pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaanmu
  • Mengelola portofolio kredit secara optimal dan mengendalikan risiko yang mungkin muncul dari pemberian pinjaman ini
  • Memantau perkembangan bisnis dan pembayaran calon debitur selama masa pinjaman ini berlangsung

Dengan proses yang cermat, analisis pada kemampuan keuangan bisnis yang kamu punya bisa dilakukan dengan baik sehingga diketahui dengan akurat kemampuan pengembalian pinjaman dan kebutuhan yang sebenarnya kamu miliki untuk bisnismu.

Pahami Cara Kerjanya Supaya Pengajuan Kredit Lebih Lancar!

Banyak sekali cara atau metode yang dilakukan dalam penilaian kredit ini, salah satunya adalah dengan analisis kredit 5C. Cara kerja dari analisis ini sendiri adalah sebagai berikut.

1. Analisis Character

Penilaian ini akan bertujuan untuk mendapatkan keyakinan bahwa watak dari orang yang mengajukan pinjaman, dalam hal ini kamu, benar-benar dapat dipercaya. Peninjauan pada altar belakang, bisnis yang dijalankan, prospek dan legalitasnya, serta riwayatnya dalam mengelola keuangan dan utang jadi poin pertimbangan utama.

Penilaian juga akan dilakukan pada kondisi bisnis, keluarga, social standing, moral, dan kejujuran dalam menjalankan bisnis.

2. Analisis Capacity

Penilaian kedua dilakukan pada kapasitas untuk mengendalikan bisnis yang dimiliki. Acuannya akan berkisar pada pendidikan, kemampuan dan pemahaman pada ketentuan pemerintah, kemampuan memimpin, keahlian di bidang usaha, dan prospek masa depan.

Dengan penilaian ini, piutang bisa benar-benar disesuaikan dengan kemampuan kamu untuk mengembalikannya.

3. Analisis Capital

Penilain juga dilakukan pada modal yang kamu punya pada bisnis yang dijalankan. Analisis ini ditujukan untuk melihat cara yang kamu punya dalam pengelolaan modal, dengan melihat laporan keuangan pada neraca dan laporan laba rugi.

Di sini kemampuan menyusun laporan yang sistematis dan sesuai kaidah akuntansi menjadi penting, karena hal tersebut juga menjadi indikasi bahwa kamu bisa menjalankan bisnis dengan prinsip akuntansi yang ideal.

4. Analisis Collateral

Pada poin keempat ini, yang akan dilihat oleh lembaga keuangan atau pemilik modal adalah aset yang kamu punya. Aset ini akan diukur menjadi jaminan atas pinjaman yang diberikan, dan memegang peran sebagai pelunasan di atas piutang yang sudah kamu terima.

Pinjaman hanya akan diberikan senilai total aset atau kekayaan yang kamu berikan sebagai jaminan. Semakin tinggi nilai kekayaan yang masuk dalam penilaian, maka semakin besar juga potensi kamu mendapatkan pinjaman sesuai dengan yang kamu ajukan.

5. Analisis Condition

Terakhir adalah analisis pada kondisi ekonomi. Penilaian ini dilakukan kaitannya dengan situasi politik, sosial, ekonomi, budaya, dan berbagai hal lain yang bisa berpengaruh pada keadaan perekonomian bisnis yang kamu punya untuk jangka panjang.

Saat kamu dinilai layak mendapatkan pinjaman yang diajukan, maka proses analisis kredit secara penuh telah terlaksanakan. Namun sebaliknya ketika ditemukan variabel yang membuat penilaian ini memberikan hasil rendah, kredit yang kamu ajukan semakin mungkin ditolak.

Kelola Kredit Usaha dengan Baik

Banyak sekali cara yang bisa diterapkan untuk mengelola kredit usaha yang sudah kamu dapatkan. Tentu saja, semua akan berorientasi pada tujuan pengajuan kredit ini, dan pengembalian tepat waktu sehingga menunjukkan kamu pebisnis yang bertanggung jawab.

  • Investasi dari hasil keuntungan. Setelah mendapatkan kredit dari lembaga pinjaman modal, kamu bisa melakukan pengembangan usaha. Kemudian investasikan keuntungan yang didapat, sehingga kamu punya tabungan untuk bisnismu di masa yang akan datang.
  • Jangan lupa buat catatan keuangan pada pengalokasian modal yang kamu dapatkan, dan pastikan semua sesuai dengan rencana. Pencatatan ini juga jadi salah satu tolak ukur kedisiplinan dan bentuk laporan di kemudian hari atas penggunaan modal yang didapatkan.
  • Perhatikan rasio keuangan. Pengajuan pinjaman hanya akan dipenuhi ketika kamu punya rasio utang dan pendapatan yang cukup baik. Ketika rasio ini terus dijaga, maka akses pada pinjaman modal akan lebih mudah didapatkan.
  • Buat perencanaan matang, dan konsisten pada rencana yang sudah disusun dengan cermat.

Baca Juga: Pentingnya Riwayat Transaksi untuk Bisnis, Ini 4 Fungsinya 

Proses analisis kredit memang membutuhkan banyak sekali variabel dari bisnis yang kamu punya. Tapi selama kamu punya catatan dan laporan keuangan yang disiplin serta sesuai dengan kaidah akuntansi, poin ini tidak akan jadi masalah. Ini kenapa kamu bisa menggunakan iSeller untuk mendukung pencatatan transaksi dan mendapatkan materi penyusunan laporan keuangan yang komprehensif. Dengan demikian, pembukuan yang dilakukan lebih disiplin, dan penilaian catatan kredit juga dapat dilakukan lebih lancar. Segera ajukan COBA GRATIS sekarang, dan dapatkan manfaat dari setiap fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading