Kenapa Bisnis Perlu Memakai Kemasan Ramah Lingkungan? - iSeller Blog

Kenapa Bisnis Perlu Memakai Kemasan Ramah Lingkungan?

kemasan ramah lingkungan

Sebagai pebisnis, kenapa sih kamu perlu mempertimbangkan penggunaan kemasan ramah lingkungan? Disadari atau tidak, masyarakat saat ini sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan beralih ke produk-produk yang lebih eco friendly.

Selain itu, beralih menggunakan kemasan ramah lingkungan juga akan mendatangkan banyak dampak positif terhadap brand yang kamu miliki. Sebab, itu berarti kamu ikut berkontribusi mengurangi sampah kemasan yang sulit terurai.

Kemasan seperti sedotan, styrofoam, botol minum, hingga kantong plastik berkontribusi menyumbangkan permasalahan sampah yang sangat besar. Kalau tidak dikelola dengan baik, sampah plastik akan mencemari tanah, mengacaukan proses rantai makanan, menjadi penyebab perubahan iklim, hingga menjadi mikroplastik jika tidak terurai dengan sempurna.

Jadi, mengurangi pemakaian kemasan plastik yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan bisa menjadi langkah untuk menjaga kesehatan dan juga keselamatan manusia.

Alasan Kenapa Bisnis Perlu Memakai Kemasan Ramah Lingkungan

kemasan ramah lingkungan
Sumber: Freepik

Ada banyak kemasan dengan berbagai macam bahan yang bisa kamu temukan di luar sana. Kemasan-kemasan itu juga datang dengan kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, sehingga perlu dipertimbangkan baik-baik, mana yang sekiranya cocok untuk bisnismu.

Akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, karena akan memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga lingkungan sekitar. Memangnya, apa saja manfaat jika bisnismu menggunakan kemasan jenis ini?

  • Namanya saja kemasan ramah lingkungan, jadi tentu saja salah satu manfaat yang akan didapatkan adalah lebih ramah terhadap lingkungan sekitar. Sebab, kemasan jenis ini dapat terurai dengan lebih cepat, berbeda dengan plastik konvensional yang memerlukan waktu hingga ratusan tahun lamanya. 
  • Berbeda dengan kemasan konvensional, kemasan ramah lingkungan dibuat dengan mengikuti perkembangan zaman dengan desain menarik yang dapat menarik perhatian para pelanggan. 
  • Manfaat lainnya adalah kemasan ramah lingkungan lebih mudah didaur ulang karena memiliki tekstur yang berbeda jika dibandingkan dengan kemasan konvensional. 

Itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika kamu menggunakan kemasan ramah lingkungan yang tidak hanya membantu bisnis semakin maju, tapi juga membantu untuk menjaga lingkungan tetap lestari dan sehat.

Baca juga: Konsep Digital Marketing yang Harus Dikuasai Agar Tetap Kompetitif

Ide Kemasan Ramah Lingkungan untuk Bisnismu

kemasan ramah lingkungan
Sumber: Freepik

Bagi kamu yang ingin mulai menggunakan kemasan ramah lingkungan, berikut ini ada lima jenis kemasan ramah lingkungan yang bisa dipakai untuk keperluan bisnis:

1. Alat Makan

Bagi kamu yang berbisnis kuliner, saat ini sudah ada banyak food container berbahan ramah lingkungan atau mudah didaur ulang. Beberapa di antaranya adalah gelas dan sedotan yang terbuat dari bambu, lunch box dan food pail dari kertas food grade, hingga paper bag food grade serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai macam makanan.

2. Tas Ramah Lingkungan

Tas ramah lingkungan merupakan tas berbahan organik yang mudah terurai dan bisa digunakan untuk menggantikan fungsi tas plastik. Sebagai contoh, ada tas dengan bahan dasar singkong atau yang disebut cassava bag, di mana bentuknya mirip dengan kantong plastik, tetapi teksturnya lebih lembut dan halus.

3. Kotak Kardus

Seiring bertumbuhnya belanja online, maka kebutuhan untuk menggunakan kotak kardus juga semakin meningkat. Tidak hanya ramah lingkungan karena bisa digunakan kembali dan mudah terurai, kotak kardus juga dinilai lebih aman untuk produk dan penampilannya tampak lebih profesional. Saat ini, sudah ada banyak jasa yang melayani pembuatan kardus secara custom sehingga sangat cocok untuk keperluan bisnis.

4. Kain

Kamu juga bisa membuat kemasan sendiri dengan mengandalkan kain sebagai pembungkus produk yang estetik. Nantinya, kain itu bisa digunakan kembali oleh konsumen sehingga ramah lingkungan. Tidak melulu membeli kain baru, tapi kamu bisa menggunakan kain bekas yang masih bagus sebagai pembungkus supaya tampak lebih menarik.

5. Gabus dari Jamur

Kalau kamu sering mendapati konsumen membeli produk dengan pengamanan ekstra, maka kamu bisa menggunakan dengan gabus dari jamur untuk menggantikan styrofoam. Kemasan jenis ini biasanya juga dikenal dengan nama mushroom packaging.

Kemasan yang ramah lingkungan ini sangat cocok digunakan untuk menjual barang-barang yang mudah pecah, seperti alat elektronik, botol kaca, parfum, dan lain sebagainya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa kemasan ramah lingkungan berjenis ini bisa digunakan untuk kemasan yang tidak kontak langsung dengan makanan atau minuman.

Baca juga: cara membuat business plan

Bagaimana, apakah saat ini kamu sudah semakin mantap untuk mulai menggunakan kemasan ramah lingkungan untuk keperluan bisnis? Selain ramah lingkungan, kemasan-kemasan ramah lingkungan seperti yang telah disebutkan di atas juga bisa menjadi sarana untuk membangun citra bisnismu, lho.

Secara keseluruhan, meningkatnya kesadaran penerapan kemasan produk ramah lingkungan dari perspektif bisnis dan konsumen sangat penting. Tentunya, ini juga memiliki lebih banyak dampak positif pada kebiasaan belanja dan kontribusi terhadap lingkungan.

Supaya menjalankan bisnis lebih mudah, kamu juga perlu memiliki sebuah sistem lengkap yang bisa mengatur berbagai hal. Nah, iSeller akan membantumu untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan praktis. iSeller telah menyediakan fitur-fitur yang canggih dan mudah digunakan. Kamu bisa langsung klik di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading