5 Ide Usaha Kuliner Menjanjikan dan Minim Risiko - iSeller Blog

5 Ide Usaha Kuliner Menjanjikan dan Minim Risiko

usaha kuliner

Jika berbicara tentang ide bisnis yang everlasting, usaha kuliner menjadi salah satu yang harus kamu cermati. Pasalnya, bisnis ini benar-benar memiliki daya tahan yang tinggi pada pergantian waktu, karena yang menjadi sasaran produk utama adalah kebutuhan dasar dari manusia yakni makanan dan minuman.

Tapi yang harus disadari bahwa usaha kuliner ini bukan tanpa tantangan. Dinamika pasar bahan baku yang terus terjadi, tren yang berubah setiap waktu, serta campur tangan pemain-pemain besar dalam industri yang tengah dirintis dan memiliki banyak pelanggan harus selalu disiasati dengan baik.

Untuk membuka jendela inspirasi, kamu bisa lihat beberapa ide bisnis kuliner berikut ini. Siapa tahu kamu bisa menambahkan nilai unik pada ide ini, dan menjadikannya salah satu lini bisnis andalan!

Baca Juga: Predatory Pricing Mengintai, Siasati Pakai 3 Cara Ini!

1. Ayam Bumbu Nusantara

usaha kuliner

Kamu suka bepergian ke berbagai lokasi di Indonesia dan melakukan wisata kuliner?

Maka mungkin ide bisnis ini cocok untuk kamu coba. Bisnis ayam bumbu nusantara ini akan mengambil bahan baku ayam sebagai menu utama, dengan berbagai bumbu, cara masak, dan cita rasa yang beragam dari berbagai lokasi di Indonesia.

Memang diperlukan bumbu yang spesifik untuk masing-masing olahan dari setiap daerah. Tapi jika berhasil diformulasikan dengan tepat, spektrum pelanggan yang bisa kamu tuju benar-benar luas. Dengan cita rasa beragam, kamu bisa memuaskan kerinduan banyak orang pada masakan khas kampung halaman mereka.

Sangat baik jika kamu bisa membawa juru masak dari beberapa daerah untuk memasak menu andalan.

2. Kue Kering untuk Hampers

usaha kuliner

Salah satu budaya masyarakat Indonesia yang serupa dari Sabang hingga ke Merauke adalah budaya selebrasi atau perayaan. Hampir di setiap masyarakat, terdapat budaya perayaan yang dilakukan untuk berbagai konteks.

Nah untuk memanfaatkannya, kamu bisa membuat bisnis kue kering, tapi dengan konsep spesifik sebagai hampers. Cocok untuk diberikan pada orang-orang yang memiliki kedekatan emosional serta menjadi media menjaga silaturahmi, hampers yang dikirimkan langsung ini bisa jadi membawa keuntungan yang besar.

Kualitas kue kering yang disajikan jelas harus premium agar kamu bisa memberikan nilai yang tinggi pada produkmu. Dengan pengemasan yang cantik dan juga aman, pelanggan akan terus tumbuh dan menjadi pembeli jangka panjang setiap waktu.

3. Usaha Kuliner Organik

usaha kuliner

Ide ketiga akan menyasar pasar konsumen produk organik yang ada. Produk organik dipercaya memiliki nutrisi yang lebih baik, serta merupakan salah satu cara aktif dalam berpartisipasi merawat keberlangsungan lingkungan.

QC yang berkualitas harus jadi hal utama, agar dapat menjamin semua produk yang dijual benar-benar organik. Untuk perluasan pasar, kamu bisa juga menawarkan berbagai menu vegan atau vegetarian sebagai opsi lain yang bisa dipilih.

Akan lebih baik jika kamu mencantumkan kandungan dan kadar nutrisi pada setiap makanan dan menu yang kamu tawarkan, sebagai informasi tambahan yang berguna untuk pelanggan setiamu.

4. Spesialisasi Teh

usaha kuliner

Jika banyak kafe yang menawarkan menu spesial kopi dari berbagai belahan dunia dan cara penyajian, kenapa tidak terpikir untuk membuat satu tempat atau kedai spesialisasi teh? Faktanya, tidak sedikit masyarakat yang gemar minum teh dan menikmati sedapnya rasa khas minuman yang berasal dari daun ini.

Jika kopi identik dengan produktivitas dan hustle culture, sebaliknya, teh justru identik dengan ketenangan, kehangatan obrolan yang terjalin, serta keintiman. Kamu bisa mendesain kedai atau tempat yang mendukung suasana ini, sehingga cocok dijadikan tujuan bersantai.

Jangan takut tidak menemukan ahli peracik teh yang tepat, sebab pencarianmu tidak akan terlalu lama untuk menemukan sosok yang tepat untuk mengepalai dapur yang kamu punya.

5. Dessert Box

usaha kuliner

Terakhir untuk ide usaha kuliner yang menjanjikan dan minim risiko adalah dessert box. Jenis kuliner ini juga memiliki cukup banyak peminat, sehingga menawarkan potensi keuntungan yang besar untuk pelakunya.

Kamu bisa menawarkan berbagai menu yang menarik untuk dibeli pelanggan, dengan melibatkan bahan baku berkualitas premium. Tidak perlu ragu dengan persaingan harga, karena dessert box yang berkualitas dan memiliki rasa lezat selalu menemukan pasar dengan sendirinya.

Bisnis ini juga dapat dikatakan minim risiko karena pembuatan dessert box dapat dilakukan dengan sistem pre-order. Jadi kamu tidak harus berhadapan dengan risiko produk tidak terjual dan kemudian tidak lagi bisa dikonsumsi, karena semua disimpan dalam bentuk bahan baku.

Baca Juga: Ide Bisnis Ramah Lingkungan yang Mudah dan Menguntungkan 

Ide usaha kuliner sebenarnya sangat beragam. Untuk menekan risiko, sistem pre-order dapat diterapkan sehingga kamu tidak perlu terlalu memusingkan urusan penyimpanan produk yang kamu tawarkan pada pelanggan. Yang pasti kamu harus menyediakan sampel foto atau produk yang menarik, sehingga pelanggan bisa mencicipi atau tergoda oleh keindahan visual dari kuliner yang kamu tawarkan.

Tentu saja untuk memaksimalkan potensi keuntungan usaha kuliner yang kamu jalankan, kamu bisa menggunakan POS System dari iSeller. Lengkap, solid, dan mudah dikustomisasi, iSeller siap membantu bisnismu meraih keuntungan optimal setiap saat! 

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading