Ini 7 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing - iSeller Blog

Ini 7 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Bisnis bisa dimulai dari mana saja, dan kapan saja. Yang kamu perlukan hanya sedikit kemampuan mengamati kesempatan, dan kemauan untuk menginisiasi langkah pertama. Cukup banyak ide usaha modal kecil yang belum banyak pesaing bahkan di tahun 2023 ini.

Tapi apa saja ya kira-kira jenis usaha yang masuk dalam kategori ini?

Nah sebagai inspirasi ide yang bisa kamu buat, berikut sederet contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan masih menawarkan kesempatan yang besar!

Baca Juga: 5 Fungsi dan Benefit E-Receipt untuk Bisnis, Kapan Mau Coba?

1. Makanan Sehat Harian

Bisnis makanan sehat harian menjadi contoh pertama. Mirip seperti katering, tapi bisnis ini benar-benar fokus pada menu makanan dan minuman yang sehat. Kamu bisa menjualnya dengan sistem pre-order harian, atau bahkan paket mingguan untuk pelanggan.

Jangan lupa, lengkapi informasi nutrisi dalam setiap sajian makanan dan minuman yang kamu jual agar pelanggan bisa tahu benar apa yang masuk ke dalam tubuhnya. Kamu bisa memanfaatkan kesadaran masyarakat pada konsumsi makanan sehat pasca pandemi yang sudah berlalu dan membawa banyak perubahan tersebut.

2. Bisnis MPASI

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Jika kamu hidup di area perkotaan yang sibuk dan padat penduduk, maka bisnis MPASI bisa jadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing sekarang ini. Yang harus kamu pastikan adalah proses pemilihan bahan yang berkualitas, dan proses pembuatan yang higienis.

Dengan materi promosi yang tepat, kamu bisa menyasar wanita karir yang memiliki momongan namun tidak sempat memberikan MPASI untuk buah hatinya. Pendekatan personal akan lebih efektif, karena tentu seorang ibu ingin yang terbaik untuk anaknya.

3. Sewa Peralatan Bayi

Kesadaran pada efisiensi biaya yang dikeluarkan sebuah keluarga terus meningkat. Ini mengapa salah satu bisnis yang cukup potensial adalah menyewakan peralatan bayi. Seperti yang kamu sudah tahu, bayi memiliki proses tumbuh kembang yang cepat, dan akan memerlukan cukup banyak peralatan di setiap tahapan tumbuh kembangnya.

Belakangan penyewaan peralatan bayi semakin diminati karena muncul kesadaran pada mahalnya harga peralatan tersebut dengan asumsi hanya digunakan dalam waktu singkat. Bahkan hanya ada beberapa pemain besar saja di industri ini. Kamu bisa mencobanya dan memastikan semua peralatan yang disewakan dijamin higienis dan bersih untuk digunakan, serta berikan jasa pengantaran dan penjemputan.

4. Jasa Pembersih

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Layanan ini memiliki kesempatan yang besar di area perkotaan atau area tempat mahasiswa banyak berada. Sasaran pasar yang  kamu tuju adalah orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi hingga tidak bisa membersihkan secara proper tempat tinggalnya.

Beberapa waktu lalu memang ada jasa serupa yang berada di bawah payung bisnis besar. Tapi belakangan order yang masuk kian sepi. Kamu bisa memanfaatkan ini, dan membuat daftar rinci pembersihan dengan acuan waktu pengerjaan, barang-barang spesifik yang dibersihkan seperti tempat tidur, sofa, atau sejenisnya.

5. Kemasan Produk

Tidak sedikit bisnis UMKM atau bisnis berskala kecil yang kesulitan mendapatkan kemasan produk yang pantas dan menarik untuk digunakan. Kamu bisa memanfaatkan hal ini, dan mendapatkan keuntungan di sana.

Tidak hanya jasa custom kemasan produk yang dapat digunakan, tapi juga kemasan-kemasan default seperti styrofoam, kemudian plastik mika, kertas minyak, dan kemasan konvensional lain. Bisnis ini akan berjalan dengan baik jika kamu pandai meraih segmen pasar yang tepat dan dengan penawaran harga yang kompetitif.

6. Usaha Microgreen

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Bisnis ini menawarkan produk tanaman yang dapat dipanen dalam jangka waktu pendek. Kamu bisa membuat paket-paket pembelian yang menarik, sehingga pelanggan bisa melakukan transaksi untuk beberapa produk sekaligus.

Microgreen sendiri bisa dibilang salah satu bisnis yang kurang banyak pesaing karena membutuhkan effort yang cukup besar. Tapi ketika kamu sudah mendapatkan pasar yang setia dan menjadikannya sebagai hobi, keuntungan dari bisnis ini cukup lumayan.

Berikan informasi tentang kandungan nutrisi dari hasil panen yang bisa didapatkan, tutorial cara merawatnya, dan pastikan dikemas dengan cantik sehingga bisa menarik perhatian. Kamu juga bisa menawarkan paket peralatan perawatan sebagai ide upselling-nya.

7. Bisnis Jasa Titip

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing selanjutnya adalah bisnis jasa penitipan atau jastip. Usaha ini cocok untuk kamu yang sering bepergian ke berbagai tempat dengan oleh-oleh atau barang khas yang sulit didapatkan oleh orang lain yang tidak berkunjung secara langsung.

Meski pelaku bisnis ini cukup banyak, tapi tidak sedikit yang hanya bertahan sementara. Bisnis ini cocok menjadi sampingan, dan bisa melatihmu untuk melakukan marketing lewat media sosial dengan efektif.

Baca Juga: 5 Strategi Optimasi Perputaran Persediaan untuk Bisnis 

Bagaimana menurutmu? Adakah bisnis contoh bisnis usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang menarik perhatian? Jika sudah menentukan bisnis apa yang akan kamu geluti, kamu bisa mulai mencari informasi mengenai pasar dan potensi yang bisa dituju. Tentu saja, untuk memaksimalkan pengelolaan bisnismu, kamu juga bisa menggunakan POS System dari iSeller. Mudah dioperasikan dan dikustomisasi, sistem kasir online ini juga akan dengan mudah memfasilitasi pembukaan cabang baru tanpa harus banyak effort. COBA GRATIS sekarang juga, dan manfaatkan semua fiturnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading