Shopee Live: Strategi Sukses untuk Optimalkan Penjualan - iSeller Blog

Shopee Live: Strategi Sukses untuk Optimalkan Penjualan

shopee live

Shopee Indonesia telah sukses menggelar Shopee Super Awards 2023 sebagai salah satu dedikasi untuk mendukung kemajuan ekonomi berbasis digital di Indonesia. Pada acara tersebut, salah satu UMKM bernama Azella Collections yang dikelola oleh Triana Saptiaji menerima penghargaan Super Livestreamer UMKM karena tekun menggunakan fitur Shopee Live hingga mampu menjual ribuan produk dalam satu hari. Kesuksesan tersebut membuat bisnisnya meraup ratusan juta ketika promo 12.12.

Kisah sukses tersebut menjadi bukti bahwa peralihan bisnis ke ranah digital semakin membawa dampak positif. Zaman semakin canggih, jadi pilihan masyarakat pada belanja online meningkat. Harga produk juga relatif terjangkau. Selain itu, kamu pun bisa membeli barang dari luar kota atau produk luar negeri.

Shopee merancang fitur siaran langsung agar para kreator dan penjual bisa berinteraksi dengan pelanggan yang menonton. Live streaming dimanfaatkan sebagai media untuk memamerkan produk yang dijual hingga demonstrasinya untuk pemakaian yang lebih nyata.

Ingin tahu kiat-kita sukses berjualan dan meningkatkan bisnis melalui fitur Shopee Live? Ketahui metodenya lebih lanjut melalui artikel ini, ya!

Baca Juga: 11 Langkah Membuat Website Toko Online Sendiri yang Mudah

Mengenal Shopee Live

shopee live

Shopee Live merupakan fitur yang diluncurkan untuk memudahkan penjual dalam membangun interaksi yang lebih dekat antara penjual dan calon pembeli. Konten ini dapat ditonton secara gratis. Live streaming ini bertujuan untuk promosi produk, baik produk lama atau pun baru, serta menjaring partisipasi penonton dalam penawaran eksklusif.

Melakukan siaran langsung di Shopee memungkinkan kamu untuk mendapat omzet yang lebih banyak daripada hanya menjual produk dengan metode biasa. Terlebih lagi, berdasarkan data dari SimilarWeb, Shopee menempati urutan pertama untuk jumlah kunjungan situs terbanyak di Indonesia sepanjang 2023. Secara kumulatif, Shopee unggul dengan 2,3 miliar kunjungan, yang mana melampaui kompetitornya.

Marketplace yang sering disebut “toko oren” oleh penggunanya ini memiliki beragam fitur. Dari semua fasilitas daring miliknya, fitur live streaming di Shopee menjadi primadona brand lokal dan UMKM.

Apa Keuntungan dari Shopee Live?

Shopee Live menjadi solusi sekaligus wadah bagi pengusaha yang ingin memperluas usahanya, terutama bagi pelaku bisnis kecil dan menengah yang butuh lebih banyak pengenalan. Karena kemudahannya, potensi cuan lewat jualan secara langsung di Shopee tidak bisa kamu lewatkan. Menggunakan fitur ini mampu mendatangkan sejumlah keuntungan bagi pelaku bisnis, antara lain:

1. Mendekatkan Relasi dan Keterlibatan Pelanggan

Sama seperti fitur siaran langsung yang ada pada e-commerce atau media sosial lainnya, Shopee Live memuat karakteristik khusus berupa komentar dan emoji. Dengan begitu, kamu bisa tahu seperti apa partisipasi aktif dan reaksi penonton. Jadi, ini dapat meningkatkan keikutsertaan pelanggan dan merekatkan hubungan yang lebih dekat antara penjual dan pembeli.

2. Demonstrasi Produk yang Lebih Baik

Meskipun penjual telah menyisipkan deskripsi, cara penggunaan, fitur, dan manfaat produk di bagian laman produk, mungkin ada beberapa konsumen yang masih bingung, sehingga mereka butuh pemakaian produk secara langsung. Nah, live streaming membantu pelanggan kamu untuk lebih paham produk dan membuat keputusan pembelian yang bijak.

3. Menjangkau Pelanggan dengan Cara yang Inovatif

Tahukah kamu bahwa siaran langsung di Shopee membutuhkan kreativitas dan inovasi? Mulai dari cara live streamer menjual barang, penempatan produk, sampai pada background keren, semuanya harus penuh ide-ide cerdas dan menyenangkan untuk membuat pelanggan potensial tertarik.

Bayangkan saja bila demonstrator produk tidak bersemangat, produk tidak tertata rapi, sampai background yang tidak memanjakan mata. Pasti tidak ada yang betah untuk menontonnya, bukan? Dengan sesi siaran langsung yang menarik, pemilik bisnis memiliki kesempatan untuk memicu penjualan dan meningkatkan jumlah pengikut toko.

4. Menerima Feedback Secara Langsung

Lewat fitur Shopee Live, pelaku bisnis dapat menerima umpan balik langsung dari pelanggan tentang produk, layanan, dan pengalaman berbelanja. Sesi siaran langsung tidak hanya ditonton untuk calon pelanggan, melainkan juga dinikmati oleh mereka yang sudah membeli produk. Di kolom komentar, ada saja pembeli yang mengirim ulasan produk.

5. Membangun Kredibilitas, Loyalitas, dan Kehadiran Online

Berpartisipasi dalam Shopee Live secara teratur membuat pelaku bisnis dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan pelanggan. Lalu, dengan rutin siaran langsung, merek bisnis akan lebih kuat karena semakin diingat oleh pengguna Shopee. Brand awareness bisa menciptakan peluang bisnis yang lebih besar dan membangun komunitas tersendiri.

Maksimalkan Shopee Live dengan Cara Ini!

Berjualan melalui Shopee Live menjadi strategi efektif untuk meningkatkan penjualan dan keterlibatan pelanggan. Untuk merajai penjualan, berikut ini trik cerdik untuk berjualan secara langsung di Shopee:

1. Berikan Opsi Voucher Gratis Ongkos Kirim

Keunggulan marketplace yang disukai pembeli adalah adanya gratis ongkos kirim. Tawarkan kupon gratis ongkos kirim untuk produkmu kepada konsumen. Dijamin performa promosi dan penjualan naik secara signifikan.

2. Buat Jadwal Siaran Berdasarkan Kalender Promo Shopee

Shopee memiliki kalender tersendiri yang mengindikasikan adanya peluang kenaikan penonton atau pembeli, seperti periode promo Shopee Live Day, Shopee Mantul Sale, atau 12.12. Jadi, atur jadwal sesi siaran secara konsisten dan sesuai dengan kalender Shopee. Semakin konsisten siaranmu, maka semakin tinggi brand awareness yang akan kamu dapat. Selain itu, atur jadwal siaran langsung berdasarkan rekomendasi di bawah ini:

  • Golden time: 1-4 siang atau 7-9 malam.
  • Golden days: hari kerja.
  • Durasi: 1-2 jam setiap sesi.

3. Tentukan Judul dan Cover yang Menarik

Sebagai bagian yang paling pertama dilihat pengunjung, pastikan kamu menggunakan judul dan cover yang membuat penonton betah. Keduanya juga harus relevan dengan konten yang akan kamu siarkan.

Ada dua konsep penjualan yang terdapat di dalam Shopee Live, yaitu :

  • Soft selling: tidak menyelipkan promo atau diskon dan menggunakan bahasa sehari-hari. Contohnya seperti “Tips Mix and Match Produk Fashion” atau “Cara Make Up ala Girlgroup Korea”.
  • Hard selling: memasang promosi dengan gamblang. Contoh judulnya seperti “Diskon 50% Untuk Hari Ini!” atau “Special Bundle, Harga Lebih Murah!”.

Kerja sama dengan influencer juga menjadi ketertarikan tersendiri untuk pembeli. Sematkan nama dan foto mereka untuk bagian judul serta cover sesi siaran langsung. Jumlah karakter judul live streaming maksimal 40 karakter.

Untuk cover, kriteria yang diterima oleh Shopee adalah sebagai berikut:

  • Pencahayaan yang baik untuk gambar.
  • Setting produk di bagian tengah gambar.
  • Pastikan background polos, rapi, dan gambar tidak terpotong.
  • Atur gambar menjadi lebih dari 720 x 720 pixel.
  • Informasi pada gambar harus benar dan relevan.

4. Atur Alur Live Streaming di Shopee Live

Strategi tepat saat melakukan siaran langsung adalah jangan melakukan pembahasan yang tidak terarah. Jadi, Shopee mengatur alur untuk para penjual dan kreator agar promosi mereka tidak membosankan dan bekerja secara optimal.

  • Pembukaan: berdurasi 10 menit. Kenalkan diri terlebih dahulu dan memberi tahu informasi tentang toko. Tanyakan kabar penonton, informasikan tema dan konten sesi live. Setelah itu, ajak penonton untuk follow toko dan share sesi siaran langsung kepada kerabat.
  • Aktivitas utama: berdurasi 50-100 menit. Di sinilah waktu untuk menunjukkan produk, demonstrasi, serta merespon komentar penonton. Informasikan juga promo yang sedang dipasang dan kejutan tambahan di akhir live streaming. Jangan lupa untuk menampilkan highlight produk agar pembeli lebih mudah ketika ingin membeli.
  • Penutup: rentang waktu selama 10 menit. Ingatkan penonton untuk klik follow dan membeli produk. Kamu juga harus merangkum seluruh informasi penting dan memberi tahu jadwal sesi live streaming selanjutnya. Jika kamu adalah pewara (host), anjurkan penonton untuk memberikan ulasan siaran langsung. Seperti yang dijanjikan, berikan kejutan ekstra berupa koin atau kupon gratis ongkos kirim. Terakhir, beri salam penutup dan ucapan terima kasih kepada penonton.

5. Jadilah Host yang Interaktif

Host adalah seseorang yang menawarkan produk dengan cara yang menyenangkan. Sebagai pewara, kamu perlu menyampaikan pesan dengan baik dan membangun suasana yang membuat penonton nyaman. Terdapat beberapa tips apik bagi para host, yaitu:

  • Pahami produk secara keseluruhan.
  • Buat sesi live menjadi santai dan tidak kaku. Pastikan seorang host harus aktif merespons penonton dengan membaca kolom komentar.
  • Gunakan bahasa tubuh dan pemilihan kata yang ramah dan sopan. Karena suara juga membawa impresi ke penonton, sesuaikan intonasi ketika berbicara, ya.
  • Adakan giveaway agar penonton semakin tertarik untuk menonton live streaming sampai akhir.

6. Siapkan Alat Pendukung Live Streaming

Sebelum memulai siaran, kamu perlu alat pendukung agar promosi berjalan lancar. Ini adalah alat-alat yang sangat direkomendasikan untuk kamu:

  • Telepon pintar dengan kamera berkualitas baik, resolusi lebih dari 8MP.
  • Koneksi internet yang stabil (sangat dianjurkan menggunakan Wi-Fi).
  • Tripod untuk menjaga kestabilan gambar.
  • Lighting yang cukup (disarankan cahaya warna putih).
  • Tampilkan produk dan bentuk promosinya.

7. Pilih Daftar Produk

Tentukan daftar produk yang akan ditampilkan selama live streaming. Contohnya ketika kamu ingin launching produk baru, maka siapkan daftar produk baru yang ada di toko untuk nanti ditunjukkan saat sesi live.

Stok produk harus cukup untuk pembelian. Gunakan fitur Tambah Produk Terkait untuk menampilkan daftar produk. Bahkan, saat sesi live, kamu juga bisa menambahkan produk lain hingga 500 produk lewat fitur Tambah Produk.

8. Pilih Insentif yang Ingin Kamu Bagikan

Ubah rasa ingin tahu penonton menjadi ketertarikan dengan memberi insentif berupa kupon toko atau koin Shopee. Cara ini merupakan sebuah upaya untuk menarik perhatian penonton untuk membeli produk.

9. Bagikan Sesi Shopee Live ke Media Sosial

Media sosial menjadi ranah untuk promosi produk secara optimal. Buatlah teaser dan info live streaming untuk diunggah ke media sosial. Sertakan gambar pendukung yang menarik dan informatif dengan durasi maksimal 1 menit.

Performa live streaming akan meningkat dengan menampilkan banner mengenai jadwal siaran di profil toko. Karena fokusmu akan menjual produk, jadi tempatkan produk itu pada kategori khusus, ya.

Agar pengikut toko atau penontonmu tidak lupa, manfaatkan fitur Pengaturan Pengingat sebagai alarm untuk menjadwal siaran langsung. Selain fitur tersebut, aktifkan juga bagian Beri Tahu Pengikut yang nantinya memunculkan notifikasi kepada pengikut tokomu bahwa live streaming telah dimulai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan dengan Promosi? Ini Jawabannya

Berikan Pengalaman Tak Terlupakan untuk Pelanggan dengan Live Streaming Shopee!

Shopee Live bukan sekadar ruang untuk berjualan produk saja, tetapi juga kesempatan yang bagus bagi pelaku bisnis untuk terkoneksi secara lebih dekat dengan pelanggan, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan secara berarti. Padukan bakatmu dalam mempromosikan produk dengan konsistensi dan dedikasi supaya terdapat pertumbuhan bisnis yang memotivasi orang lain.

Sebagai pelaku usaha, tentu kamu memginginkan efisiensi. Nah, jualan di Shopee bisa lebih sederhana dan mudah dengan iSeller, lho! Pesanan pelanggan jadi teorganisir dan kamu tidak perlu pusing lagi mengelola stok produk. Raup cuan lebih banyak dengan pencetakan label pengiriman langsung yang lebih hemat waktu dan biaya. iSeller juga telah bekerja sama dengan JNE, J&T, dan SiCepat sebagai jasa antar produk milik pelangganmu.

Tunggu apalagi? Mulailah perjalanan suksesmu di Shopee Live bersama iSeller! Klik COBA GRATIS sekarang juga, ya!

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading