Shopee Affiliate: Peluang Sukses yang Cocok untuk Mahasiswa - iSeller Blog

Shopee Affiliate: Peluang Sukses yang Cocok untuk Mahasiswa

shopee affiliate

Beberapa waktu yang lalu, ada sebuah thread di media sosial X atau Twitter yang menampung pertanyaan tentang apa saja cara mereka untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nyatanya, meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, selalu banyak orang yang berminat dengan pekerjaan sampingan. Alasannya beragam, mulai dari gaji utama yang tidak cukup, sebagai dana darurat, sumber tabungan atau investasi, dan mengisi waktu luang. Nah, salah satu wadah untuk mendapat cuan tambahan adalah dengan bergabung di program “Shopee Affiliate” (Afiliasi Shopee)!

Kalau kamu pengguna setia media sosial, terutama X, pasti selalu muncul akun yang berkomentar dengan menyisipkan satu atau beberapa tautan dan gambar produk. Mereka tidak asal posting saja, lho. Tujuannya jelas, yaitu bisa menerima komisi dari produk yang berhasil terjual dari menjadi afiliasi Shopee! Wah, keren, bukan?

Ingin tahu lebih lanjut apa itu program Shopee Affiliate dan alur penerimaan komisinya? Yuk baca pembahasan di bawah ini!

Baca Juga: 5 Fungsi Marketplace Chat dan Tools Tepat untuk Digunakan

Kenal Lebih dalam Dengan Program Shopee Affiliate

shopee affiliate

Shopee Affiliate merupakan sebuah program yang mengajak para kreator konten atau pengguna media sosial aktif untuk meraup penghasilan tambahan dengan melakukan promosi-promosi produk yang terdapat di Shopee. Para afiliator diberikan kebebasan untuk mengatur atau membuat konten selama produknya memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

Afiliator akan menerima komisi berdasarkan performa mereka. Setelah pendaftaranmu disetujui oleh pihak Shopee, kamu akan menerima custom link dari satu atau beberapa produk. Hanya dengan modal akun media sosial, gawai, dan jaringan internet saja, uang nantinya akan masuk ke rekening jika berhasil menjual produk yang kamu iklankan, bahkan sembari duduk santai pun tidak menjadi masalah! Program Shopee Affiliate termasuk ke dalam affiliate marketing yang semakin populer saat ini.

Berapa Besaran Komisi di Shopee Affiliate?

Dalam afiliasi Shopee, ada dua jenis program yang dapat kamu manfaatkan, yaitu:

  • Shopee Partner: Cocok untuk kreator konten yang memiliki pengikut atau subscriber berjumlah minimal 2.000 orang. Total pesanan juga turut menjadi pertimbangan, yaitu ada 50 pesanan minimal satu kali dalam 3 bulan terakhir.
  • Shopee Affiliate: Ditujukan untuk semua pengguna media sosial tanpa adanya minimum jumlah pengikut atau subscriber.

Mulai 4 Maret hingga 11 April 2024, Shopee Indonesia merilis aturan komisi spesial. Bagi pengguna Shopee Partner, kamu akan menerima 10% dari toko yang dipromosikan dan 6% dari toko yang tidak kamu promosikan. Berbeda dengan Shopee Affiliate yang menerima 5% dari toko yang kamu promosikan dan 3% melalui toko yang tidak kamu promosikan.

Dalam komisi normal, anggota Shopee Partner dan Afiliasi Shopee mendapat komisi yang sama dengan imbalan bulan Februari untuk toko yang dipromosikan. Sedangkan toko yang tidak kamu sebarluaskan, kedua jenis afiliasi ini mendapat masing-masing 2% dan 1%. Hasil uang yang kamu dapatkan harus melewati formula berikut ini:

% Komisi x Harga

Komisi akan terhitung setelah berakhirnya transaksi yang valid atas produk non digital dari toko Star Seller, Star+, Mall, atau Supermarket pada platform Shopee. Dalam rumus tersebut, harga mengindikasikan nominal produk yang wajib pembeli bayar saat checkout.

Langkah Mudah Mendaftar Shopee Affiliate

Bagi kamu yang masih pemula, pasti akan bertanya-tanya apa saja tahapan untuk mendaftar jadi afiliator di Shopee Affiliate. Melalui laman Shopee, ada tiga cara untuk bergabung dan mendapat untung seperti ratusan afiliator lainnya, yaitu:

1. Lewat Tab “Saya”

Tab “Saya” adalah informasi seputar akun kamu dan juga fitur-fitur lain yang dapat kamu akses di halaman utama aplikasi Shopee. Caranya, klik tab “Saya”, lalu pilih Shopee Affiliate Program, dan klik Gabung Sekarang. Kalau kamu sudah bergabung menjadi anggota, akses masuk Afiliasi Shopee bisa kamu buka dengan akses yang sama.

2. Melalui Kolom Pencarian

Kalau kebetulan kamu sedang mencari produk di Shopee dan tertarik menjadi afiliasi, daftarlah lewat fitur pencarian dengan kata kunci “Shopee Affiliate Program”. Setelah itu, kamu bisa ikuti alur pendaftaran lainnya.

3. Via Halaman Situs Shopee

Tidak punya aplikasi Shopee atau mengalami kendala saat pengunduhan? Daftarkan saja akunmu lewat situs yang bisa kamu akses melalui Google, Safari, atau Bing.

Carana cukup mudah, kok. Kunjungi laman Shopee Affiliate dan cari lebih lanjut tentang Afiliasi Shopee di sana. Kemudian, pilih Gabung Sekarang dan log in menggunakan akun Shopee kamu. Setelah itu, input data diri kamu untuk formulir registrasi.

Registrasi kamu akan melalui proses seleksi selama paling lambat 1 hari kerja. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan email dan aplikasi Shopee agar kamu tahu notifikasi persetujuan. Kalau kamu berhasil membuka laman Afiliasi Shopee, berarti registrasi telah diterima. Oh iya, sebagai catatan, akun yang kamu daftarkan harus akun pribadi, akun aktif, tidak di-private, dan punya konten orisinal.

Sebelum bergabung, ada tahapan pengisian formulir pendaftaran untuk program afiliasi ini. Caranya mudah dan sederhana, kok.

  • Mengisi identitas diri yang dibutuhkan.
  • Tambahkan situs yang terhubung dengan akun media sosialmu.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim oleh Shopee via email.
  • Tunggu sesaat untuk proses pendaftaran. Hasilnya akan masuk ke email kamu.
  • Jika mendapat persetujuan, kamu berhasil terdaftar sebagai anggota Afiliasi Shopee.

Syarat dan Ketentuan untuk Shopee Affiliate

Terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku terkait produk yang akan kamu promosikan nantinya. Syarat dan ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Barang yang akan menghasilkan komisi tetap adalah produk valid dari Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller.
  • Kamu tidak diperbolehkan mempromosikan produk seperti rokok, vape, ganja, obat-obatan terlarang, produk dewasa, dan produk palsu.
  • Komisi dan bonus yang tervalidasi akan dibayar setiap 1 (satu) minggu sekali.
  • Shopee berhak untuk mengunggah ulang konten di media sosial dan aplikasi Shopee.

Kenapa Program Shopee Affiliate Menjadi Daya Tarik Banyak Orang?

Proses registrasi akun untuk menjadi Afiliasi Shopee terbilang mudah. Cara dalam memasarkan produk dari sebuah toko pun mudah, bahkan hanya dengan berkomentar di media sosial. Selain itu, program ini dijadikan kesempatan oleh banyak orang karena beberapa alasan utama berikut ini:

1. Potensi Penghasilan

Program Shopee Affiliate menawarkan potensi tambahan uang yang menarik. Dengan komisi dari setiap penjualan lewat tautan afiliasi, kamu punya peluang untuk menerima pendapatan pasif yang signifikan. Seorang konten kreator bernama Ayu Catur yang telah sukses menjadi afiliator mampu meraup keutungan hingga lebih dari Rp40.000.000 selama tiga bulan.

2. Fleksibilitas dan Kebebasan dalam Membuat Konten

Kamu bisa bekerja secara fleksibel sesuai waktu dan preferensi. Untuk menarik banyak pelanggan, buatlah promosi produkmu dengan konten yang menarik, kreatif, dan sesuai dengan platform daring yang kamu pilih. Kalau kamu memilih TikTok sebagai media promosi, buatlah ulasan dan bentuk video yang bisa mempersuasi banyak orang.

Namun, kamu harus tahu produk mana yang nantinya akan mendatangkan keuntungan. Cari tahu informasi produk dan pilih produk yang sedang digemari banyak orang. Contohnya seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri. Cobalah untuk mempromosikan baju lebaran seperti gamis, kaftan, dan yang lainnya.

3. Tingginya Popularitas Shopee

Sebagai e-commerce terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara, Shopee punya basis pelanggan yang besar dan terus meningkat. Ini menjadi kesempatan bagi afiliator untuk promosi produk dan mendapat keuntungan bagi penjual serta afiliator sendiri.

Baca Juga: Ingin Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok Shop?

Kesimpulan:

Shopee Affiliate adalah program yang terbuka bagi semua orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pilihan ini menjadi magnet kuat bagi mereka yang cukup sibuk namun ingin punya pekerjaan sampingan. Tapi, kamu juga harus konsisten dan berdedikasi dalam mempromosikan produk. Terus pantau tren dan eksplorasi untuk memaksimalkan potensi penghasilan kamu!

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading