Google Ads Manager: Pendongkrak Visibilitas Merek Secara Digital - iSeller Blog

Google Ads Manager: Pendongkrak Visibilitas Merek Secara Digital

google ads manager

Dalam era digital yang berkembang pesat, pemasaran online telah menjadi penopang bagi banyak bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan memperoleh keberhasilan dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Di antara beragam platform yang tersedia, Google Ads Manager telah menjadi salah satu yang paling dominan dan efektif.

Dengan algoritma canggihnya dan jangkauan yang luas, Google Ads Manager menawarkan peluang tak terbatas bagi perusahaan untuk meningkatkan visibilitas dan mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Melalui artikel ini, mari jelajahi lebih jauh tentang kekuatan dan manfaat Google Ads Manager, serta bagaimana peran platform ini dapat memberikan dorongan signifikan bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Iklan Media Elektronik, Tingkatkan Brand Awareness di Era Digital

Apa Itu Google Ads Manager?

Sebagai pemilik merek atau pengiklan, pasti Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam mempromosikan produk secara digital. Kecanggihan teknologi membuka gerbang untuk mengiklankan produk dengan biaya minimum. Caranya dengan menggunakan Google Ads Manager.

Google Ads Manager adalah platform pengelolaan iklan yang canggih dan menyediakan beragam fitur yang dibutuhkan oleh pengiklan. Medium monetisasi karya Google membuat merek Anda muncul di beberapa situs atau web tertentu.

Mengutip laman Publift, wadah untuk beriklan ini dimulai ketika Google mengakuisisi DoubleClick, sebuah sistem penampil iklan, di tahun 2007. Setelah itu, Google meluncurkan DoubleClick for Publishers yang memberikan kontrol lebih besar pada pengiklan atau pemilik usaha. Untuk sistem operasional yang lebih baik, Google menggabungkan kedua layanan ini ke dalam Pengelola Google Ads. Terbukti, sistem ini menciptakan kelola kampanye yang cepat dan efektif, mampu melacak kinerja marketing berbasis digital, meningkatkan pendapatan iklan, dan kesadaran masyarakat terhadap suatu merek.

Apakah Google Ads dan Google Ads Manager Berbeda?

Meskipun sama-sama alat untuk menampilkan iklan, kedua produk Google ini memiliki fokus yang berbeda. Google Ads adalah platform periklanan yang membuat dan menayangkan iklan di berbagai produk dan layanan Google. Sementara itu, Google Ads Manager merupakan tools yang jauh lebih canggih yang dirancang khusus untuk pengiklan yang kebutuhannya lebih kompleks dan memerlukan kontrol yang lebih besar dari kampanye mereka.

Cara Kerja Google Ads Manager

Google Ads Manager adalah penjalin hubungan antara pengiklan (perusahaan atau individu) dengan audiens yang menjadi target Anda, sebab tools ini akan membantu Google Ads untuk menayangkan iklan di berbagai platform Google yang setiap harinya digunakan oleh calon pelanggan, seperti mesin pencari Google, YouTube, situs web yang bermitra dengan Google, atau aplikasi yang berbasis Android. Berikut ini tahapan kerja yang dilalui pengiklan dan juga pengelola iklan Google:

1. Pilih Tujuan Kampanye Online

Sebelum memanfaatkan fitur Google Ads Manager, tentukan dahulu untuk apa iklan Anda ditayangkan. Ada berbagai tujuan yang ingin dicapai pengiklan, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau mengarahkan lalu lintas ke situs web.

2. Pemilihan Kata Kunci dan Target Audiens

Tidak hanya dalam pembuatan artikel dan caption media sosial, pengelola iklan Google juga membutuhkan kata kunci yang cocok dengan audiens pilihan Anda. Keyword yang Anda pilih harus berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna. Setiap segmentasi memiliki preferensi dan kendala masing-masing. Jadi, produk Anda harus menjadi solusi pintar untuk calon pelanggan.

3. Kreasikan Iklan

Kunci iklan yang akan menarik banyak user adalah bentuk iklan yang menarik dan relevan. Itulah mengapa saat ini Anda melihat judul dan deskripsi iklan yang kreatif dan sangat dekat dengan tren yang kekinian. Jangan lupa untuk menambahkan tautan ke halaman pembelian, website, atau media sosial produk.

4. Tetapkan Anggaran dan Jadwal Posting

Meskipun berbayar, Google Ads Manager memasang harga yang jauh lebih murah dibandingkan memasang iklan di televisi atau radio, sehingga banyak dimanfaatkan oleh UMKM. Siapkan budget yang telah diakumulasi dan sesuai dengan pendapatan dari penjualan produk. Agar semakin optimal, pasang iklan ketika target audiensmu sedang membuka platform digital.

5. Penargetan Lokasi dan Perangkat

Pengiklan memilih lokasi geografis dan jenis perangkat di mana iklan mereka akan ditampilkan, seperti komputer desktop, ponsel, atau tablet. Bila Anda memiliki sumber daya yang memadai, Anda sangat mungkin untuk membuat iklan yang cocok untuk perangkat komputer, ponsel, ataupun tablet.

6. Tetapkan Penawaran

Pengiklan menetapkan penawaran untuk klik iklan atau tayangan iklan, yang menentukan seberapa sering iklan mereka akan ditampilkan dan di mana.

7. Optimasi dan Pelacakan

Pantau selalu kinerja kampanye Anda dan lakukan optimisasi bila perlu, seperti menyesuaikan kata kunci, target audiens, atau penawaran, berdasarkan data yang diperoleh dari analisis kampanye.

8. Pelaporan dan Analisis

Pengelola Google Ads menyediakan laporan yang komprehensif tentang kinerja kampanye, termasuk jumlah klik, tayangan, konversi, biaya, dan ROI (Return on Investment), yang memungkinkan pengiklan untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye mereka dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasilnya.

Bagaimana Cara Membuat Akun Pengelola Google Ads?

Tertarik menggunakan Pengelola Google Ads untuk menunjang kampanye online dan meningkatkan penjualan produk? Berdasarkan laman Bantuan Google Ads, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buat Akun Pengelola dari Halaman Beranda

  • Visit halaman beranda akun pengelola Google Ads dan pilih “buat akun pengelola”.
  • Apabila Anda belum login, silakan login dengan alamat surel yang hendak digunakan.
  • Beri nama akun pengelola. Ini adalah nama yang akan terlihat oleh calon pelanggan.
  • Pilih untuk apa Anda menggunakan akun pengelola Google Ads, baik sebagai akun untuk mengatur beberapa akun Google Ads milik pribadi atau orang lain.
  • Pilih negara dan zona waktu. Penting untuk diketahui bahwa zona waktu tidak bisa diubah karena akan digunakan untuk pelaporan serta penagihan akun.
  • Pilih mata uang tetap untuk akun Anda. Sebaiknya pilih mata uang yang Anda gunakan dalam berbisnis.
  • Setelah selesai, klik “Jelajahi Akun Anda” untuk memulai.

2. Buat Akun Pengelola di Halaman Performa

  • Pertama, masuk ke akun pengelola Google Ads milik Anda.
  • Pilih akun pengelola yang akan menjadi wadah bagi Anda untuk membuat Sub-Pengelola.
  • Di menu halaman di sebelah kiri, klik “Akun”, lalu pilih “Performa” di bagian atas.
  • Ketuk tombol plus (+) berwarna biru, kemudian pilih “Buat akun pengelola baru”.
  • Tambahkan identitas akun baru, termasuk nama akun, penggunaan utamanya, negara, zona waktu, dan juga mata uang.
  • Klik “Simpan dan lanjutkan”.

3. Membuat Akun Pengelola di Halaman Setelah Sub-Akun

  • Login ke akun pengelola Google Ads milik Anda.
  • Pilih akun pengelola tempat Anda ingin menciptakan akun pengelola. Jangan lupa untuk perhatikan bahwa akun pengelola mencantumkan “Pengelola” di bawah nama akun”.
  • Di menu halaman yang terletak di sebelah kiri, pilih “Setelan”, lalu klik “Setelah sub-akun” di bagian atas.
  • Klik tombol plus (+) berwarna biru. Setelah itu, Anda diarahkan untuk memilih “Buat akun pengelola baru”.
  • Input informasi akun baru, yang meliputi nama akun, kegunaan utama akun, negara yang menjadi pusat bisnis Anda, zona waktu, dan mata uang yang digunakan dalam berbisnis.
  • Klik “Simpan dan lanjutkan”.

Dengan kemampuan untuk mengelola kampanye iklan secara lebih terperinci, menargetkan audiens dengan lebih presisi, dan menganalisis kinerja kampanye secara lebih mendalam, Google Ads Manager merupakan alat yang kuat bagi pengiklan untuk mencapai tujuan periklanan mereka dan menolong Anda untuk mengambil kendali penuh atas strategi periklanan Anda.

Baca Juga: Navigasi Sukses: Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Bawa Produk Anda Jadi Next Level dengan iSeller!

Sekarang, dengan sistem pengelolaan bisnis yang lengkap dan otomatis di iSeller, Anda bisa fokus mengembangkan Digital Marketing bisnis Anda!

Serahkan semua urusan operasional pada iSeller, Anda bisa memantaunya darimana saja dan kapan saja.

Penasaran? Mari COBA GRATIS atau hubungi customer service iSeller via telepon atau WhatsApp untuk informasi selengkapnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading