Maklon adalah Jenis Jasa Pembuatan Produk, Berapa Biayanya? - iSeller Blog

Maklon adalah Jenis Jasa Pembuatan Produk, Berapa Biayanya?

maklon adalah

Di tahun 2022, Global Entrepreneurship Monitor (GEM) telah merilis laporan mengenai karakteristik orang yang ingin memulai bisnis dari banyak negara, termasuk Indonesia. Sebanyak 33.3% masyarakat memiliki niat berwirausaha. Sebagai “jalan pintas” berbisnis, ada istilah yang disebut maklon produk. Maklon adalah jenis jasa pembuatan produk yang dilakukan oleh pihak lain.

Bisnis maklon sangat ramah untuk pemula, sebab mereka tak perlu pusing dengan sumber daya dan tetap bisa meluncurkan brand sendiri. Bahkan, bisnis maklon juga menjadi pilihan bagi perusahaan yang ingin fokus pada inti bisnis tanpa harus menghadapi kompleksitas produksi sendiri.

Mari cari tahu lebih banyak mengenai bisnis maklon dan keunggulannya yang menjadi magnet bagi banyak orang melalui pemaparan berikut ini!

Baca Juga: Prototype Produk: Proses Kreatif untuk Sebuah Terobosan Baru

Maklon adalah Perusahaan Produksi Barang

Maklon adalah serapan kata dari bahasa Belanda yaitu makloon yang memiliki arti biaya produksi. Lebih dikenal sebagai outsourcing atau contract manufacturing, maklon merupakan aktivitas bisnis ketika ada pihak produsen yang mengajukan mitra dengan pihak lain (mitra maklon) untuk memproduksi barang atau layanan yang akan dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri.

Bisnis maklon telah bernaung di bawah hukum. Ketentuan ini tercatat dalam Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (PPN), UU Pajak Penghasilan (PPh), di dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.010/2019, dan PMK Nomor 141/PMK.03/2015.

Berdasarkan laman Katadata, Pasal 2 Ayat (4) PMK 141/PMK.03/2015, jasa maklon memiliki definisi sebagai berikut:

“Pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa (disubkontrakkan), yang spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau bahan penolong/pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.”

Secara esensial, maklon tidak akan membuat Anda kelimpungan akan keahlian dalam pembuatan produk dan sumber daya yang dibutuhkan. Anda cukup fokus pada konsep dan pengembangan produk, pemasaran, hingga tahap distribusi sebelum sampai ke tangan konsumen.

Ciri-ciri Bisnis Maklon

Bisnis maklon adalah sebuah bentuk kerja sama antara penyedia produk dengan mitra yang ingin menciptakan merek. Dalam pembuatannya, maklon memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya terlihat berbeda dari model bisnis lainnya dalam dunia industri. Berikut ini adalah beberapa ciri utama yang mengidentifikasi bisnis maklon:

  • Spesialisasi dalam produksi: maklon sangat fokus pada proses produksi. Karena itu, fasilitas yang mereka miliki pasti lengkap dan berteknologi khusus demi memenuhi jumlah produk yang diinginkan klien dengan kualitas yang konsisten.
  • Kekuatan relasi kemitraan: usaha maklon dan klien saling bergantung satu sama lain, sehingga membangun hubungan baik dengan mereka menjadi prioritas. Kemitraan didasarkan pada hubungan saling menguntungkan dan penuh kepercayaan.
  • Kebebasan produksi: maklon berkemampuan penuh untuk mengakomodasi permintaan produksi yang beragam dari lintas industri. Fleksibilitas dalam kapasitas dan waktu produksi disesuaikan dengan kebutuhan klien, baik untuk pesanan besar maupun kecil.
  • Konsistensi mutu: penyedia jasa maklon memiliki kontrol kualitas yang ketat untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan klien. Mereka menerapkan teknologi canggih dan praktik terbaik untuk mencapai mutu dan konsistensi.
  • Keamanan dan keandalan: prioritas bisnis maklon adalah prinsip aman dan andal. Kedua hal tersebut diterapkan dalam pengaturan data, kepatuhan regulasi, dan perlindungan kekayaan intelektual. Penyedia jasa mengimplementasikan sistem dan prosedur ketat untuk memastikan bahwa informasi dan aset klien dijaga dengan baik.
  • Inovasi dan efisiensi: usaha maklon terus berupaya untuk meningkatkan efisiensi produksi dan mengadopsi inovasi teknologi terbaru. Mereka adalah sumber inspirasi bagi klien guna meningkatkan desain produk, material baru, atau proses produksi yang lebih efisien.

Apa Keunggulan Bisnis Maklon?

Saat ini, banyak merek bermunculan secara tak terduga dan meluncurkan variasi produk yang beragam. Fenomena mengejutkan ini mendongkrak inspirasi banyak orang untuk turut masuk ke ladang bisnis. Caranya adalah dengan jasa maklon. Lalu, apa saja keunggulan bisnis maklon?

  • Fokus pada inti bisnis: klien bisa berfokus pada strategi pemasaran, penjualan, inovasi, dan pengembangan merek. Jika Anda ingin bermitra dengan maklon, Anda cukup mempercayakan produksi kepada pihak yang ahli.
  • Akses ke sumber daya dan teknologi: perusahaan yang percaya dengan jasa maklon memiliki akses pada sumber daya, teknologi, dan fasilitas produksi yang tidak mereka punya secara internal.
  • Fleksibilitas produksi: bisnis maklon memiliki kemampuan untuk menyesuaikan kapasitas produksi sesuai dengan permintaan pelanggan.
  • Efisiensi: pemilik merek dapat menghemat tenaga dan waktu karena tak berfokus pada produksi barang, sehingga waktu Anda bisa diinvestasikan ke strategi produk.

Beragam Jenis Maklon yang Beredar

Maklon semakin digemari oleh banyak khalayak untuk menjalankan bisnis. Ada banyak sekali produk yang dihasilkan dengan jasa maklon. Mengutip berbagai sumber, berikut ini adalah daftar produknya yang telah digunakan sehari-hari:

1. Maklon Kosmetik dan Perawatan Kulit

Produksi kosmetik dan skin care sedang mengalami peningkatan yang signifikan karena tingginya permintaan. Maka dari itu, kedua bisnis tersebut menjadi lahan subur untuk peluang sukses. Jasa maklon bisa kamu pilih ketika ingin mencetuskan merek namun bingung soal produksinya.

Cukup berikan rincian konsep buatan Anda kepada pihak maklon. Setelah itu, mereka akan meramu kandungan terbaik dan memproduksi dalam jumlah besar ketika semuanya telah selesai. Merek produk tetap akan menjadi milik Anda karena jasa maklon hanya membantu pembuatan barang saja.

2. Jasa Maklon Sepatu

Semua orang membutuhkan alas kaki, termasuk sepatu. Jika Anda ingin berbisnis sepatu namun tak tahu bahan baku apa saja yang dibutuhkan, percayakan saja kepada jasa maklon sepatu. Karena sudah seperti kebutuhan primer, permintaan akan sepatu selalu tinggi.

Jasa maklon akan memberikan rancangan sepatu untuk diproduksi. Namun, mereka hanya membuat produk ketika rancangan yang diajukkan telah mendapat persetujuan dari Anda.

3. Maklon Makanan dan Minuman

Jasa maklon makanan dan minuman bisa mneyediakan produk yang Anda ingin luncurkan, mulai dari makanan beku, makanan instan, minuman ringan, produk siap makan, atau barang lainnya. Mereka menyediakan produk berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi Anda.

4. Maklon Konveksi

Maklon konveksi adalah jasa yang mampu menyediakan produk seperti pakaian. Jika Anda tertarik dalam bidang ini, Anda dapat bekerja sama dengan pihak maklon untuk menentukan pakaian siap pakai. Seperti jasa maklon sepatu, hasil rancangan akan disetujui oleh Anda terlebih dahulu sebelum diproduksi secara massal.

Ini Biaya yang Perlu Anda Siapkan untuk Bermitra dengan Jasa Maklon

Kocek yang perlu Anda keluarkan bervariasi. Untuk beberapa jenis produk, jasa maklon menerapkan biaya sebesar Rp150.000.000 hingga Rp500.000.000.

Kemudian, bagi maklon kosmetik, rata-rata biayanya berkisar antara Rp20.000.000 sampai Rp30.000.000, yang mana sudah termasuk biaya kemasan, bahan, dan perizinan. Tentu tarifnya akan lebih tinggi bila anda menginginkan bahan baku yang lebih premium dan kemasan berkualitas tinggi.

Tarif di atas hanyalah rerata atau proyeksi awal saja. Anda bisa cek lebih lanjut atau menghubungi pihak maklon guna mengetahui perincian dana.

Baca Juga: Mengejar Cuan: 10 Contoh Usaha yang Jarang Ada Tapi Dibutuhkan Orang

Jasa maklon adalah pihak ketiga yang mampu membuat mimpi Anda sebagai pebisnis bisa menjadi kenyataan. Konsepnya yang mudah bagi pemula dan tidak perlu repot akan produksi barang membuatnya banyak dijadikan pilihan.

Perlu diingat bahwa pihak maklon tidak bergabung dalam strategi penjualan atau pemasaran produk Anda. Semua pengelolaan tersebut berada dalam kendali Anda dan semua karyawan yang terlibat.

Untuk itu, ayo permudah kegiatan bisnis retail Anda bersama sistem POS dari iSeller! Mulai dari produk, inventori, hasil strategi marketing, sampai metrik penjualan bisa Anda akses dan kelola hanya dalam satu dashboard saja. Tertarik menggunakan iSeller? COBA GRATIS sekarang atau lihat fitur dan produk iSeller lebih lanjut di pranala ini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading