5 Cara Menentukan Unique Selling Point yang Paling Efektif - iSeller Blog

5 Cara Menentukan Unique Selling Point yang Paling Efektif

unique selling point

Siapa saja yang mampu memanfaatkan Unique Selling Point (USP) dengan baik, maka bisnis akan melesat meninggalkan para pesaingnya. Lebih dari itu, bisnis juga akan meraih peningkatan penjualan yang luar biasa. 

Setiap bisnis pasti punya strategi penawaran yang berbeda-beda. Misalnya bisnis kuliner, harga dan rasa menjadi nilai jual yang unik. Lain halnya dengan bisnis elektronik, maka garansi dan kualitas produk lah yang menjadi Unique Selling Point.

Memangnya, apa manfaat USP dan bagaimana cara menentukan Unique Selling Point yang efektif untuk bisnis?

Manfaat Unique Selling Point dalam Bisnis

unique selling point
Sumber: Freepik

Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika menerapkan Unique Selling Point pada bisnis kamu.

  1. Meningkatkan loyalitas konsumen. Semakin baik pelayanan terhadap konsumen, maka konsumen akan menjadi loyal dan mereka tak segan untuk merekomendasikan produk kamu pada orang lain.
  2. USP sebagai pembeda produk kamu dengan kompetitor. Dengan menggunakan Unique Selling Point, produk kamu akan memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dengan kompetitor, dan konsumen akan melihat bahwa produk kompetitor tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini juga bisa meningkatkan harapan konsumen tentang kesadaran standar kualitas yang akan mereka terima. 
  3. Menanamkan value produk kamu. Alasan mengapa konsumen memilih suatu produk, salah satunya adalah karena adanya value di dalamnya. Semakin bagus value, maka tidak menutup kemungkinan akan semakin tinggi pula nilai jualnya.  
  4. Penjualan akan meningkat. Meskipun sejumlah keuntungan sudah didapat, tapi setiap pebisnis akan tetap mencari cara untuk meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan. Mengingat untuk meningkatkan keuntungan itu tidak mudah, jadi sangat penting bagi kamu untuk membuat Unique Selling Point agar kamu dapat meningkatkan penjualan.

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P, Klasik, Efektif, dan Adaptif!

Tips Menentukan Unique Selling Point yang Efektif

unique selling point
Sumber: Freepik

Setelah menyadari pentingnya Unique Selling Point untuk kelangsungan bisnis, langkah selanjutnya adalah menentukan USP yang paling efektif untuk bisnis kamu. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan Unique Selling Point:

1. Cari Tahu Apa yang Jadi Kebutuhan Konsumen

Pikirkan apa yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan konsumen dari produk kamu. Misalnya saat kamu punya bisnis kopi, biasanya konsumen menginginkan bukan sekadar kopi dengan cita rasa yang nikmat dan khas saja, tapi juga sekaligus tempat minum kopi yang nyaman untuk nongkrong dan punya spot foto menarik. 

Ketahui apa yang bisa membuat konsumen akhirnya lebih memilih produk kamu daripada lainnya. Misalnya dengan menyediakan tempat minum kopi dengan ambience modern yang nyaman, kualitas pelayanan yang bagus, penyajian yang menarik, hingga kebersihan tempat, dan lainnya. Berbagai aspek pendukung ini lah yang bisa kamu jadikan sebagai USP. 

2. Perhatikan Perilaku dan Motivasi Konsumen Saat Membeli Produk

Cara selanjutnya adalah mempelajari perilaku dan motivasi konsumen saat mereka membeli produk. Ini berkaitan erat dengan buyer persona yang merupakan gambaran rinci tentang siapa yang membeli dari produk kamu, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara mereka menerima informasi tentang sebuah produk. Dengan mengenali buyer persona, maka kamu akan mendapatkan banyak wawasan tentang konsumen. 

3. Pelajari Psikologi Konsumen

Dengan memahami psikologi konsumen, kamu akan mengerti seperti apa kepuasan batin yang konsumen inginkan dari produk yang kamu jual. Hal ini bisa membantu bisnis kamu dalam menghasilkan USP yang efektif. Beberapa contoh kepuasan batin yang bisa kamu berikan kepada konsumen antara lain adalah Charity (Amal), Gaya Hidup Sehat, Prestige (Gengsi), hingga Program Ramah Lingkungan.

4. Cari Tahu USP Kompetitor

Mencari tahu soal USP kompetitor bukan berarti mencontek sepenuhnya USP yang mereka gunakan. Hal ini patut dihindari, karena mencontek USP yang sudah melekat erat pada brand tertentu, justru akan membuat USP kamu tidak menarik. Tapi, mengintip USP kompetitor perlu dilakukan untuk mencari tahu apa yang kurang dari mereka, sehingga kamu bisa menggunakan kelemahan kompetitor untuk menciptakan USP terbaik demi kepentingan bisnis.

5. Komunikasikan USP Bisnis di Berbagai Channel Marketing

Channel marketing menjadi saluran yang dapat mendistribusikan berbagai informasi soal produk atau layanan yang akan ditawarkan. Ini akan memberikan kemudahan dalam memperluas cakupan pasar. Saat kamu mengkomunikasikan USP bisnis, maka produk yang kamu tawarkan akan jadi lebih dikenal oleh berbagai kalangan.

Baca juga: Hashtag TikTok Mana yang Paling Pas untuk Konten?

Itulah definisi, manfaat, hingga cara menentukan Unique Selling Point yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk menggunakan portal admin yang canggih dan mudah dipakai, ya!

Portal admin iSeller dibangun dengan teknologi web terbaru, yang mengedepankan kemudahan dalam penggunaan, hingga mengubah proses yang kompleks menjadi lebih sederhana. Dalam hal pemasaran, iSeller juga bisa diandalkan karena tersedia semua perangkat pemasaran yang kamu butuhkan untuk membangun bisnis yang sukses dan menguntungkan.

Yuk, buat promosi yang menarik untuk melejitkan penjualan kamu! Dapatkan informasi lebih lengkap seputar produk dan fitur iSeller, langsung saja klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading