5 Strategi  Mujarab Penerapan Konsep Marketing 4.0 - iSeller Blog

5 Strategi  Mujarab Penerapan Konsep Marketing 4.0

marketing 4.0

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat banyak kesempatan pemasaran terbuka untuk dimanfaatkan oleh pebisnis. Sebagai pebisnis yang tidak ingin ketinggalan jaman, maka sudah sewajarnya kamu paham tentang model terbaru, mengenai marketing 4.0.

Di dalam definisi yang dijelaskan oleh Philip Kotler, marketing 4.0 adalah pendekatan pemasaran yang mengkombinasikan interaksi online dan offline di antara pelanggan dengan perusahaan. Pada dasarnya, optimasi setiap kanal pemasaran dilakukan demi mencapai tujuan yang dimiliki perusahaan.

Baca juga: 8 Tren Media Sosial 2023 yang Harus Kamu Ketahui

Penggunaan Pendekatan 5A

marketing 4.0

Secara mendasar kamu harus paham bahwa marketing 4.0 akan mengandalkan konsep pendekatan 5A untuk penerapannya. 5A ini adalah singkatan dari aware, appeal, ask, act, dan advocate. Kelimanya jadi tahap dimana pelanggan yang kamu punya akan mengenal, hingga merekomendasikan produk ke orang yang ada di sekelilingnya.

  • Aware, tahap ini adalah tahap dimana pelanggan dan pasar secara umum mengenal dan tahu brand dari produk yang kamu miliki. Mereka telah mengetahui brand dari aktivitas pemasaran yang dilakukan di berbagai media.
  • Appeal, tahap kedua adalah appeal, dimana pasar yang sudah tahu tentang produk mulai mempertimbangkan apakah produk yang kamu tawarkan ini sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Mereka akan mulai membandingkan dengan produk lain untuk value yang kamu tawarkan di produk.
  • Ask, setelah ada rasa tertarik, pasar akan mulai mencari informasi tentang produk yang kamu tawarkan ini. Sudah menjadi kebiasaan untuk pasar modern mencari informasi selengkap mungkin terkait produk, melalui review, pengalaman pelanggan lain, atau sumber informasi yang dipercaya.
  • Act, setelah dirasa produk yang kamu tawarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, maka akan ada pengambilan keputusan untuk membeli. Tindakan ini didasari pertimbangan dan tiga tahap sebelumnya yang sudah dilalui pelanggan.
  • Advocate, di tahap kelima ini, pelanggan yang membeli produkmu merasa puas. Mereka tidak hanya akan melakukan pembelian untuk kedua kalinya, namun juga merekomendasikan produk pada orang-orang terdekat mereka.

Manfaat Penerapan Marketing 4.0 untuk Bisnis

marketing 4.0

Setiap model pemasaran selalu memiliki manfaat yang ‘ditawarkan’. Manfaat ini bisa kamu dapatkan jika kamu mengeksekusi setiap strategi dengan tepat, sesuai dengan keadaan pasar dan posisi produk yang kamu punya.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil menerapkan model marketing 4.0 antara lain adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan loyalitas brand pada pelanggan yang kamu punya saat ini
  • Menjadikan biaya pemasaran lebih efisien dan terukur dengan cermat
  • Memiliki jangkauan pemasaran yang luas, dengan follow up yang baik di setiap titik strategis
  • Lebih mudah menciptakan reputasi dengan kombinasi pemasaran online dan offline yang terintegrasi
  • Keep up dengan tren pemasaran yang tengah berjalan saat ini
  • Meningkatkan awareness, profit bisnis, dan kekuatan brand di pasar dibandingkan dengan kompetitornya

Setiap manfaat ini bisa kamu peroleh ketika kamu dapat menerapkan strategi yang tepat untuk brand dan produk yang kamu punya.

Strategi untuk Diadaptasi pada Bisnis yang Kamu Miliki

marketing 4.0

Beberapa strategi dapat dengan mudah dibaca di bagian ini, tapi kamu tetap harus melakukan penyesuaian agar strategi ini bisa bekerja dengan baik. Pada akhirnya, strategi yang jitu adalah strategi yang dapat mengkomunikasikan pesan dari perusahaan, untuk memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan.

1. Gunakan Ragam Jalur Pemasaran

Kombinasi antara style dan substansi dari aktivitas pemasaran membuat perusahaan tidak sekedar mengandalkan branding saja, tapi juga dengan konten yang relevan. Seperti yang tengah kamu baca sekarang ini, iSeller tidak sekedar menjual branding yang dimilikinya, namun juga memberikan pembahasan komprehensif mengenai topik yang wajib diketahui oleh pebisnis kekinian.

2. Pastikan Ada Solusi

Marketing 4.0 menjadi konsep yang mendorong perusahaan untuk menjual produk yang menjawab masalah dari pasar yang dimilikinya. Tidak sekedar menjual barang atau jasa saja, namun apa yang ditawarkan adalah nilai, yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang dimiliki pelanggan.

Perusahaan, dalam hal ini, wajib memanfaatkan berbagai bentuk media pemasaran yang ada untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Kombinasi media online dan offline akan jadi solusi terbaik.

3. Produk Mana yang Paling Diminati?

Dengan memanfaatkan data dan informasi yang sudah kamu dapatkan, perusahaan bisa melakukan pengembangan bisnis dan produk ke titik yang lebih jelas. Kamu bisa tahu apa  yang harus dilakukan pada produk yang kamu punya sekarang, jadi di masa yang akan datang pelanggan akan membeli produk lebih banyak dan perluasan pasar bisa dilakukan dengan optimal.

4. Target Pasar yang Tepat

Bukan menjadi hal yang baru, tapi tidak berarti bisa kamu kesampingkan. Menemukan target pasar yang tepat melalui riset dapat membantu meningkatkan efisiensi aktivitas pemasaran hingga titik maksimal. Usaha yang terarah bisa membantu kamu mendapatkan output yang lebih baik, dengan penggunaan sumber daya yang lebih efektif.

5. Tetap Profesional

Profesionalitas harus jadi nilai utama yang kamu pegang dalam menjalankan bisnis. Tidak hanya berhubungan dengan pihak partner, namun juga pada pelanggan. Maka penting untuk selalu memberikan layanan terbaik pada pelanggan yang kamu punya, dengan transaksi yang cepat, informasi yang lengkap, dan kenyamanan dalam interaksi yang terjalin.

Baca juga: Software Kasir Terbaik untuk Memajukan Bisnis Kamu, Pilih iSeller! 

Mengerti konsep marketing 4.0 menjadi penting untuk pebisnis kekinian, serupa dengan penggunaan teknologi dalam mendukung bisnis yang dijalankan. Digitalisasi terus terjadi, dan iSeller siap menjadi jawaban atas kebutuhan bisnisnmu untuk digitalisasi transaksi yang diperlukan. Dengan POS System yang solid dan handal, setiap transaksi di berbagai platform dapat dikelola dengan baik dan akurat. COBA GRATIS sekarang juga, dan berikan pengalaman terbaik untuk pelanggan yang kamu punya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading