6 Keuntungan Kasir Online untuk Bisnis, Sudah Coba? - iSeller Blog

6 Keuntungan Kasir Online untuk Bisnis, Sudah Coba?

kasir online

Alih-alih menggunakan mesin kasir konvensional, cukup banyak bisnis yang sekarang ini menerapkan penggunaan kasir online untuk menunjang aktivitasnya. Diberitakan dalam sebuah artikel di media kontan.co.id, bahwa peningkatan pengguna layanan ini terjadi selama masa pandemi. Salah satu produk kasir online menuturkan pertumbuhan yang terjadi hampir 30% di tahun 2021.

Tentu ini tidak mengherankan jika melihat fungsi dan kelebihan yang ditawarkan oleh produk atau layanan ini. Terlebih, luasnya jenis bisnis dan usaha yang dapat mengoptimalkan program tersebut juga tergolong sangat fleksibel.

Baca juga: 5 Cara Membangun Customer Relation yang Baik, Sudah Coba?

Fungsi Utama Kasir Online

kasir online

Untuk kamu yang memiliki usaha dan masih menimbang apakah penggunaan sistem kasir modern ini bisa mendukung pengembangan bisnis atau tidak, kamu perlu membaca artikel ini hingga selesai. Pertama, kamu wajib paham kira-kira apa fungsi dari produk kasir ini.

  • Mencatat transaksi penjualan dan retur penjualan toko
  • Mencatat transaksi pergerakan barang masuk dan keluar toko
  • Mencatat biaya lain yang terjadi di toko
  • Mencatat transaksi setiap pelanggan
  • Mencatat performa dari tim sales toko
  • Membuat laporan secara otomatis dari setiap catatan yang ada, mengacu pada setiap transaksi yang terjadi di setiap kanal penjualan
  • Menjalankan fungsi utama mesin kasir secara offline dan online secara terintegrasi, sehingga pengelolaan penjualan di banyak titik bisa dilakukan dengan lebih mudah

Jelas bahwa fungsi produk kasir ini tidak hanya melakukan pencatatan penjualan saja bukan? Bahkan pada produk kasir yang lebih canggih, kamu juga akan menikmati integrasi langsung dengan stok barang yang ada di gudang. Jadi setiap penjualan yang terjadi akan tercatat dan langsung dikurangkan dari stok yang kamu punya di gudang.

Keuntungan dari Penggunaannya

kasir online

Selain fungsi dasar yang ditawarkan dari produk kasir online seperti yang dijelaskan di atas, kamu juga akan memperoleh sederet keuntungan dari penggunaan produk ini. Secara garis besar, keunggulannya adalah peningkatan efektivitas dan efisiensi.

Lebih detail, berikut penjelasan keuntungan penggunaan layanan dan produk kasir kekinian tersebut.

1. Aktivitas Akuntansi Lebih Praktis

Kamu tinggal melihat pada catatan penjualan dan pembukuan yang terjadi di setiap kanal penjualan untuk melakukan aktivitas akuntansi yang diperlukan. Kamu tidak lagi perlu mengurus banyak struk dan mencocokkannya satu per satu untuk mendapatkan laporan lengkap di setiap periode keuangan.

2. Akurasi Transaksi yang Tinggi

Karena semua sudah terotomasi, maka akurasi transaksi yang dilakukan setiap kanal penjualan jelas akan meningkat. Bisnis akan bisa menyediakan transaksi yang cepat, akurat, dan efektif untuk setiap pelanggan, jadi pengalaman pelanggan yang didapat juga lebih baik.

3. Mengurangi Human Error

Tidak kemudian berarti secara total menghilangkan elemen manusia dalam transaksi, namun dengan penggunaan kasir online ini kamu bisa mengurangi tingkat human error yang mungkin terjadi. Akurasi data yang baik membuat bisnis semakin solid, dan analisis yang dilakukan semakin komprehensif.

4. Pengecekan Transaksi Lebih Cepat

Tanpa harus melihat berkas fisik, kamu bisa mengecek transaksi lebih cepat melalui laporan harian yang disediakan produk kasir online ini. Transaksi harian bisa dibukukan dengan akurat tanpa harus repot, sehingga menghemat waktumu dalam menganalisisnya.

5. Biaya Operasional Lebih Rendah

Mungkin ada sedikit pikiran bahwa penggunaan produk online ini akan memakan biaya berlangganan yang besar, dan membuat biaya operasional lebih tinggi. Nyatanya, biaya perawatan dan perbaikan serta total keseluruhan yang dibutuhkan justru akan lebih ekonomis. Sebab secara praktis perawatan perangkat yang diperlukan sangat minimal selama tidak ada kerusakan dari faktor luar seperti benturan dan sejenisnya.

6. Kontrol Lebih Baik

Satu hal yang pasti, semua sistem bisa dimonitor lewat perangkat gadget yang kamu pegang. Ketika telah terhubung, maka semua data bisa dilihat dari dashboard yang tersedia dari aplikasi kasir yang kamu punya ini. Kontrol semakin baik memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat jika diperlukan secara mendadak.

Jika dituliskan secara lengkap mungkin artikel ini akan menjadi artikel yang panjang. Namun pada dasarnya beberapa poin di atas bisa jadi keuntungan yang kamu dapatkan dari penggunaan aplikasi atau produk kasir online yang tepat.

Bagaimana Cara Kerjanya?

kasir online

Cara kerja dari sistem yang disediakan secara garis besar akan serupa. Aplikasi atau sistem akan dipasang pada perangkat yang digunakan, dan diintegrasikan dengan perangkat lain yang juga menjadi unit bisnis kamu .

Setelah integrasi telah dilakukan dengan benar dan semua perangkat kasir terhubung, kamu akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi yang ada di perangkat yang kamu pegang sebagai titik utama sistem kasir.

Penjualan akan dilakukan seperti biasa, input dari staf kasir atau dari pelanggan secara mandiri, pencatatan penjualan, pengurangan pada stok barang, total nilai transaksi, barang apa yang dijual, waktu transaksi, uang kembalian, metode pembayaran yang digunakan, semua akan dapat terekam dengan jelas.

Di akhir periode keuangan, kamu bisa melihat laporan dari transaksi yang terjadi dan membuat analisis dari laporan rinci ini.

Cukup sederhana bukan?

Ragam Jenis Usaha yang Bisa Menggunakan Kasir Online

Cukup banyak jenis bisnis yang bisa dikembangkan dan memanfaatkan apa yang disediakan kasir online ini. Mulai dari bisnis restoran, bisnis makanan cepat saji, bisnis katering, bisnis kedai kopi, bisnis toko serba ada, hingga berbagai bisnis yang dilangsungkan di marketplace kekinian.

Selama semuanya terintegrasi, maka bisnis tersebut secara praktis bisa menggunakan aplikasi kasir ini didalamnya untuk mendukung operasional.

Baca juga: Memulai Bisnis Kuliner Hingga Sukses, Praktikkan 14 Tips Ini 

Penggunaan produk kasir online memang sudah menjadi sebuah hal ideal dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, kamu juga wajib memilih produk yang tepat untuk bisnis yang dijalankan. Seperti produk yang disediakan oleh iSeller, berupa POS system. Dengan produk yang solid dan integrasi yang mudah, semua keuntungan di atas bisa kamu dapatkan dalam bisnis yang kamu kelola. Segera ajukan COBA GRATIS sekarang, dan maksimalkan semua fitur yang disediakan!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading