9 Challenge Menabung, Menyimpan Uang Jadi Lebih Seru! - iSeller Blog

9 Challenge Menabung, Menyimpan Uang Jadi Lebih Seru!

challenge menabung

Kalau kamu termasuk salah seorang yang kesulitan menabung, mungkin kamu harus coba menerapkan challenge menabung. Challenge menabung ini akan membuat kamu menyadari bahwa kamu juga bisa mengumpulkan uang dengan baik untuk kebutuhan yang mendesak. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi mengeluh gaji tidak cukup di akhir bulan, deh!

Memangnya, kenapa sih kamu perlu menabung?

Menabung merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk tujuan tertentu. Tergantung pada keinginan, kebutuhan, kondisi keuangan, tanggungan, dan juga berbagai faktor lainnya, setiap orang bisa punya tujuan atau target menabung yang berbeda-beda. 

Nah, adanya tujuan pada aktivitas menabung tentunya mampu memberikan banyak keuntungan yang bisa membuat kamu lebih fokus dalam menjalaninya.

Challenge Menabung yang Bisa Kamu Coba

challenge menabung
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa challenge menabung yang bisa kamu coba. Yuk, cek satu per satu dan pilih challenge menabung yang paling sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu!

1. Tabungkan Uang Receh

Selama ini kamu mungkin sering mendapatkan kembalian uang receh saat berbelanja. Nah, sekarang cobalah kamu simpan uang receh itu ke dalam celengan. Uang receh atau uang logam mungkin terlihat tidak berharga, tapi kalau dikumpulkan bisa jadi banyak, lho! Selain itu, challenge menabung ini juga bisa membuat menabung jadi tidak terasa memberatkan. Kamu bisa mengatur target, misalnya mengumpulkan uang receh hingga mencapai Rp1 juta atau jumlah lainnya.

2. Tabung Uang dengan Nominal Spesifik

Satu lagi challenge menabung yang seru dan efektif adalah menabung uang dengan nominal spesifik. Sebenarnya, challenge ini sama seperti menabungkan uang receh, hanya saja nominalnya sangat spesifik. Misalnya, setiap kamu memiliki uang Rp20.000, maka harus menyimpannya. Coba, deh!

3. Menabung pada Tanggal Angka Favorit

Kamu mungkin punya angka favorit? Nah, coba jadikan angka favoritmu itu sebagai tanggal tetap untuk menabung. Misalnya, angka favorit kamu adalah 21, maka setiap tanggal 21 kamu harus menyimpan uang dengan nominal tertentu. Berarti, kamu punya waktu menabung sebanyak 12 kali dalam satu tahun. Ini tidak terlalu berat, tetapi kalau dilakukan dengan baik, maka kamu akan mendapatkan tabungan dengan hasil yang lumayan.

Baca juga: 11 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Bijak

4. 30 Days Saving Challenge

challenge menabung
Sumber: Freepik

Pada challenge menabung ini, kamu akan berusaha konsisten untuk menabung selama 30 hari penuh. Untuk nominal uang yang ditabung selama sebulan ini bebas, bisa sama setiap hari sampai 30 hari ke depan atau tetapkan nominal sesuai tanggal. Misalnya, di tanggal 1 cukup tabung Rp1.000, tanggal 1 tabung Rp2.000, dan seterusnya. Kalau nantinya kamu sudah terbiasa dengan nominal itu dan kamu butuh tantangan, maka kamu bisa melipatgandakan nominal uang yang ditabung.

5. Reversed 30 Days Saving Challenge

Kalau pada 30 Days Saving Challenge kamu harus menabung sejumlah uang sesuai tanggalnya, maka lakukan juga pada metode ini. Hanya saja, kamu harus menabung di awal bulan dengan nominal yang besar. Misalnya di tanggal 1 tabung Rp30.000, tanggal 2 tabung Rp29.000, dan seterusnya hingga di tanggal 30 kamu hanya menabung Rp1.000 saja.

6. 30-day Minimalism Challenge

Kalau kamu punya banyak barang tak terpakai, challenge menabung yang satu ini pas untukmu. Kamu akan diminta menjual satu barang bekas setiap hari selama satu bulan, dan hasil penjualan itulah yang harus kamu tabung. Ibarat sambil menyelam minum air, sambil menabung kamu melakukan decluttering barang bekas yang tak terpakai. Siapa tahu, barang-barang bekas milikmu itu bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

7. 52 Weeks Saving Challenge

Jika dirasa challenge menabung selama 30 hari terlalu berat, kamu bisa mencoba 52 weeks saving challenge. Challenge ini harus kamu lakukan selama 52 minggu berturut-turut, dan untuk hari menabung bisa kamu tentukan, dengan nominal bebas.

8. Kick a Bad Habit Money Challenge

Kalau kamu sering beli minuman boba, makanan manis, fast food, rokok, atau lainnya tanpa henti setiap harinya, coba deh tantang diri kamu untuk tidak membelinya selama seminggu atau dua minggu. Kemudian, coba tabung uang tersebut. Ini akan jadi tantangan menabung yang sangat seru karena kamu lebih hemat sekaligus mengurangi kebiasaan kurang sehat tersebut.

9. Find Extra Money Challenge

Disadari atau tidak, banyak orang yang uang kecilnya tercecer di mana-mana. Misalnya, ada tumpukan koin di mobil, ada juga lembaran Rp5.000 di kantong celana, dan masih banyak sudut-sudut lain yang menjadi tempat tertumpuknya uang kecil. Nah, sekarang coba rutinkan pencarian uang-uang tersebut. Setelah semuanya terkumpul, langsung masukkan ke dalam celengan!

Baca juga: Hadapi Isu Resesi 2023, Coba 7 Cara Mengelola Keuangan Usaha

Selain melakukan challenge menabung untuk mengatur keuangan pribadi, kamu juga harus bijak dalam mengelola keuangan bisnis, lho! Supaya lebih mudah dalam melakukan pengawasan terhadap arus kas keuangan bisnis dan mengetahui secara rinci keluar masuknya uang bisnis, kamu bisa mengandalkan iSeller!

iSeller dilengkapi dengan fitur laporan dan analitik, yang memungkinkan kamu bisa menjalankan bisnis secara lebih mudah. Yuk, registrasi sekarang dan nikmati semua fitur unggulan dari iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading