Agar Ramai Pengunjung, Cek Contoh Daftar Menu Cafe Unik Ini! - iSeller Blog

Agar Ramai Pengunjung, Cek Contoh Daftar Menu Cafe Unik Ini!

contoh daftar menu cafe unik

Menjalankan bisnis F&B, kamu wajib cek beberapa contoh daftar menu cafe unik. Contoh daftar menu cafe unik memang menjadi hal yang sangat diperlukan bagi pengusaha di bidang ini, sebab contoh-contoh yang ada bisa dimanfaatkan sebagai referensi dan bisa diterapkan pada usaha sendiri.

Kira-kira, kenapa membuat daftar menu cafe harus yang unik dan menarik? Salah satu alasan utamanya adalah karena pengunjung atau konsumen bisa memutuskan makanan dan minuman untuk dipilih hanya melalui visual dan informasi dari menu saja.

Masalah daftar menu saja, nyatanya memang bisa berakibat pada penjualan hingga profit atau keuntungan. Jadi, saat berencana mendesain menu maka kamu harus bisa memastikan aspek menjual atau menarik telah dimasukkan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Daftar Menu Cafe

contoh daftar menu cafe unik
Sumber: Freepik

Selain hanya mengandalkan contoh daftar menu cafe unik, kamu juga harus mengetahui aspek atau tips untuk diperhatikan saat membuatnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat desain daftar hidangan cafe:

1. Atur Letak Menu

Saat mengatur posisi daftar makanan dan minuman, kamu harus selalu memperhatikan penataannya supaya pembaca atau konsumen bisa melihat menu dengan nyaman. Jangan sampai posisi masing-masing jenis makanan dan minuman berantakan. Jika letak daftar makanan atau minuman tertata rapi, maka konsumen akan lebih mudah dalam mencari pesanan mereka.

2. Kategorikan Daftar Menu

Masih berkaitan dengan letak menu, membuat kategori produk cafe akan lebih bagus kalau ada kategori di dalamnya. Kategori ini bisa berdasarkan jenis makanan atau minuman, hidangan pembuka, utama, atau penutup. Untuk kategori, sesuaikan saja dengan produk dan mempertimbangkan kemudahan konsumen dalam membacanya.

3. Letakkan Daftar Minuman di Bagian Depan

Ada banyak cafe atau restoran yang meletakkan daftar minuman di bagian paling belakang. Ini perlu diubah, karena penyumbang keuntungan terbanyak sesungguhnya adalah berasal dari minuman. Setelah memesan minum, konsumen biasanya baru beralih ke makanan. Dan bahkan dengan budaya hangout atau nongkrong di cafe, kebanyakan orang lebih memilih untuk minum saja.

4. Gunakan Ilustrasi atau Foto

Memasukkan foto makanan atau minuman sebagai penghias atau latar belakang daftar menu memang cukup sering dilakukan. Tapi ingat, kamu tidak bisa asal memasukkan foto karena bisa jadi malah mengganggu dan tidak menarik bagi konsumen. Sebaiknya, masukkan foto yang diambil oleh profesional dan biasa memotret produk sehingga mereka bisa menonjolkan kelebihan produkmu.

5. Seimbangkan Antara Tulisan dan Foto

Menggunakan foto dan ilustrasi menarik memang akan membuat konsumen merasa tertarik. Tapi jangan sampai kamu hanya mengandalkan kedua hal itu saja. Pada contoh daftar menu cafe unik yang dijadikan referensi, selalu ada keterangan, di mana keterangan singkat mengenai hidangan akan mempermudah pelanggan dalam memahami hingga memutuskan memesan atau tidak.

6. Tulis Deskripsi yang Menarik

Porsi tulisan atau deskripsi juga harus diperhatikan, lho. Kamu perlu memasukkan kata-kata yang efektif untuk menjelaskan makanan dan minuman di dalamnya sehingga bisa membuat konsumen berimajinasi, dan memutuskan untuk membeli atau tidak. Pada saat membuatnya, coba bayangkan posisi kamu sebagai konsumen. Lalu coba tulis kalimat penjelas yang ingin kamu temukan saat membaca daftar menu cafe.

7. Sederhanakan Harga

Saat melihat tulisan mata uang yang lengkap hingga ke angka terakhirnya, ternyata banyak konsumen yang tidak akan terlalu suka. Atau ini justru malah membuat mereka fokus pada harga bukan pada daftar menu. Jadi sebaiknya, tulisan mata uang dihilangkan saja dan sederhanakan menjadi beberapa angka saja. Untuk membuat daftar menu cafe unik, label harga sebaiknya ditulis dengan sangat sederhana dan tidak mengganggu pandangan.

Contoh Daftar Menu Cafe Unik yang Bisa Kamu Tiru

contoh daftar menu cafe unik
Sumber: Freepik

Berikut ini sudah disiapkan beberapa contoh daftar menu cafe unik yang bisa kamu jadikan inspirasi di cafe milikmu saat ini:

  • Kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di dinding cafe sebagai daftar menu. Selain estetik, desain menu ini juga bisa dilakukan untuk memaksimalkan ruang bagi konsumen karena cafe tidak memiliki banyak cukup ruang.
  • Penggunaan papan gantung sebagai daftar menu cafe unik juga bisa kamu coba. Papan gantung ini bisa diletakkan di meja barista, di dinding, atau bisa juga digantung pada bagian pintu keluar-masuk karyawan.
  • Desain daftar menu cafe yang paling umum tapi tetap unik adalah menggunakan papan tulis atau tembok berwarna cat hitam. Dengan desain seperti ini, kamu bisa memberikan kesan klasik pada cafe dan akan memudahkanmu dalam mengganti dan menambahkan menu.
  • Untuk menambah kesan minimalis tapi tetap keren, kamu bisa menggunakan papan pegboard yang bisa divariasikan ke berbagai bentuk. Mulai dari bentuk portable, di tempel di dinding, atau bisa juga menjadikan tembok cafe sebagai pegboard itu sendiri.
  • Desain daftar menu cafe unik berikutnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan frame yang dibuat secara khusus untuk menaruh blok-blok huruf yang nantinya membentuk sebuah kalimat.
  • Kalau kamu punya konsep cafe bergaya vintage atau industrial, maka kamu bisa menggunakan menu yang mengkombinasikan gambar dan tipografi.
  • Menggunakan kaca sebagai papan daftar menu juga bisa jadi cara alternatif kalau kamu ingin memiliki daftar menu yang tidak mahal dan praktis.
  • Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kayu bekas sebagai daftar menu. Ide ini akan sangat cocok jika cafe memiliki gaya industrial atau rusty.

Baca juga: Mau Pelanggan Makin Setia? Pelajari Sistem Loyalti!

Contoh Daftar Menu Cafe Unik, Coba Daftar Menu Digital!

Saat ini, banyak cafe yang sudah memiliki daftar menu digital. Bahkan, konsumen bisa langsung memesan pada daftar menu tersebut dengan mudah dan cepat. Karena sifatnya yang flat, maka kamu juga perlu memasukan kalimat promosi bisnis online di dalamnya untuk menarik perhatian para konsumen untuk membeli produk tertentu.

Kini telah hadir iSeller, sebagai solusi pemesanan online untuk F&B dengan design mobile terbaru yang dilengkapi dengan layanan pengiriman serta pembayaran terintegrasi. iSeller F&B Online Ordering bisa membantu bisnismu karena memiliki sistem penjualan terlengkap, mulai dari katalog produk hingga sistem checkout, promotion, membership, loyalty, dan masih banyak lagi.

Cukup aktifkan F&B Online Ordering di iSeller dan kamu sudah bisa mendapatkan website pemesanan online untuk cafe atau restoran milikmu. Yuk, registrasi dan COBA GRATIS iSeller sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading