Apa Itu SWOT? Ini Pengertian, Keuntungan, dan Contoh Kasusnya - iSeller Blog

Apa Itu SWOT? Ini Pengertian, Keuntungan, dan Contoh Kasusnya

apa itu swot

Apa itu SWOT? Bagi Anda yang pernah mempelajari ilmu bisnis, mungkin sempat mendengarnya. Analisis SWOT berkaitan dengan memperkuat strategi bisnis atau mempelajari posisi perusahaan Anda di industri terkait. Perkembangan teknologi semakin futuristik dan ini mengubah masyarakat industri menjadi masyarakat ekonomi.

Saat ini, kompetisi di bidang industri semakin ketat. Perubahan ini berdampak secara signifikan terhadap proses sebuah perusahaan atau organisasi. Ketidakmampuan dan sikap tidak sigap dengan perubahan pasar bisa menjadi bumerang tersendiri. Untuk itu, analisis SWOT hadir membawa solusi yang tidak hanya digunakan dalam bisnis skala kecil, tetapi juga korporat, organisasi, atau individu.

Penasaran apa itu SWOT? Mari jelajahi konsep dasarnya dan cari tahu bagaimana alat bantu ini dapat membantu organisasi dalam pengambilan keputusan strategis yang cerdas dan efektif.

Baca Juga: 5 Strategi Optimasi Perputaran Persediaan untuk Bisnis

Apa Itu SWOT?

apa itu swot

Analisis SWOT adalah singkatan dari empat yang kata menjadi pilar strategis bisnis, yaitu strengths (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Bagi para spesialis, SWOT adalah perangkat perencanaan strategis yang mempermudah probabilitas pencapaian bisnis dan poin apa saja yang harus diperhatikan. Intinya, SWOT memberikan langkah sederhana dalam pengambilan strategi.

Albert Humprey, seorang konsultan manajemen di Standford Research Institute, merupakan pionir dan pengembang analisis SWOT di tahun 1960-1970. Perjalanan penemuannya ini bermula ketika Albert Humprey menjadi pemimpin proyek riset. Risetnya sendiri bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang berpengaruh pada perencanaan korporat di lintas industri.

Timnya membuat kompilasi data dari 500 perusahaan besar di berbagai sektor untuk menganalisis strategi perusahaan dan faktor-faktor eksternal yang memengaruhi kinerja mereka. Dari sana, Humprey merencanakan kerangka analisis yang menggabungkan faktor internal dan eksternal. Hasilnya adalah kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menjadi cikal bakal akronim SWOT dalam bahasa Inggris.

Usia SWOT memang terbilang tua. Namun, analisis ini menjadi salah satu alat yang berguna dan efektif. Bahkan, SWOT telah populer dalam manajemen strategis dan perencanaan bisnis beberapa dekade setelah konsep ini diluncurkan.

Empat Pilar Analisis SWOT

Keempat faktor ini memberikan gambaran konkret di mana posisi bisnis Anda. Secara detail, berikut ini adalah penjelasan faktor kerangka kerja SWOT seperti yang dikutip dari buku Teknik Analisis SWOT oleh Fajar Nur’aini DF:

1. Kekuatan (Strengths)

Kekuatan adalah atribut yang bersifat positif dan internal dari organisasi yang memberikan keunggulan kompetitif di pasar. Ini bisa termasuk merek yang kuat, teknologi canggih, sumber daya manusia yang berkualitas, atau proses produksi yang efisien. Mengidentifikasi kekuatan membantu organisasi untuk memahami apa yang membuatnya unggul dibandingkan dengan pesaingnya.

2. Kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan adalah aspek internal yang membatasi atau menghambat kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Bentuknya seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya sumber daya finansial, atau kurangnya inovasi dalam produk atau layanan. Mengidentifikasi kelemahan membantu organisasi untuk mengidentifikasi area di mana perbaikan atau pengembangan lebih lanjut diperlukan.

3. Peluang (Opportunities)

Peluang adalah faktor eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi untuk mencapai pertumbuhan atau kesuksesan di pasar. Hal ini mencakup tren pasar yang positif, perubahan regulasi yang mendukung, atau perkembangan teknologi baru. Mengidentifikasi peluang membantu organisasi untuk mengembangkan strategi untuk memanfaatkan situasi yang menguntungkan.

4. Ancaman (Threats)

Ancaman adalah faktor eksternal yang dapat mengganggu atau mengancam kesuksesan organisasi di pasar. Threats melingkupi persaingan yang intens, perubahan regulasi yang merugikan, atau risiko ekonomi. Mengidentifikasi ancaman membantu organisasi untuk mengembangkan strategi untuk mengurangi dampak negatifnya atau menemukan cara untuk melawan tantangan tersebut.

Apa Saja Manfaat Analisis SWOT?

Instrumen SWOT memiliki banyak penggemar karena kesederhanaan dan dampak yang nyata, baik untuk perusahaan, organisasi, atau pribadi. Kegunaan atau manfaat dari SWOT adalah sebagai berikut:

1. Menganalisis Kondisi Diri dan Lingkungan Pribadi

Setiap orang punya potensi masing-masing. Nah, cara kerja analisis SWOT membantu individu untuk mengidentifikasi secara mendalam kondisi diri sekaligus melihat seperti apa lingkungan sosial sekitar. Jika kedua elemen itu digabungkan, maka Anda mampu melihat diri sendiri dengan lebih baik dan peluang besar dari talenta masing-masing.

2. Melihat Kondisi Internal Lembaga dan Lingkungan Eksternal

Aplikasi SWOT telah dipercaya oleh banyak perusahaan dan organisasi sebagai pegangan dalam pengambilan strategi. Melalui SWOT, pelaku bisnis bisa melihat sisi mereka dari dalam maupun luar. Kondisi internal meliputi kekuatan-kelemahan, sedangkan eksternal dilihat dari aspek kesempatan-hambatan.

3. Melihat Anda atau Perusahaan dari Sisi Lingkungan Sekitar

Anda membutuhkan gambaran diri sendiri atau perusahaan tentang seperti apa Anda dipandang di lingkungan sekitar. Untuk contoh, Anda adalah perusahaan di bidang makanan. Analisis SWOT menyajikan data aktual apakah perusahaan milik Anda memiliki tempat di tengah pasar atau mungkin masih cukup rendah oleh perusahaan serupa.

4. Memantau Kompetitor

Identifikasi empat poin dalam analisis SWOT membantu perusahaan bisa memandang jelas posisi mereka dengan kompetitor. Semisal hasil menyebutkan bahwa perusahaan Anda telah berada jauh melampaui pesaing, maka strategi Anda berhasil dan bisa melakukan improvisasi.

5. Mengetahui Kemampuan Perusahaan

Perusahaan membutuhkan analisis SWOT untuk mengetahui apakah produk atau jasa yang ditawarkan mampu bersaing dengan kompetitor atau tidak. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk mengambil keputusan.

Contoh Analisis SWOT

Mari lihat contoh instrumen SWOT dengan perusahaan fiktif di bawah ini:

Strengths (Kekuatan)

Perusahaan ABC menghasilkan produk inovatif yang mendapatkan penghargaan. Selain itu, perusahaan ini memiliki tim yang berpengalaman di bidang industri teknologi. Karena itu, Perusahaan ABC memiliki basis pelanggan setia dengan identitas merek yang kuat di pasarnya.

Weaknesses (Kelemahan)

Perusahaan ABC bergantung pada satu atau dua pasar utama untuk pendapatan, jadi rentan pada perubahan ekonomi dan persaingan. Karena berfokus pada penciptaan fitur-fitur baru, perusahaan perlu biaya yang besar dan mengurangi keuntungan bersih perusahaan. Perusahaan ABC memiliki portofolio yang terbatas, terutama untuk segmen pasar yang lebih tinggi.

Opportunities (Peluang)

Ada peluang Perusahaan ABC untuk melakukan ekspansi global karena permintaan yang meningkat. Selain itu, perusahaan punya peluang untuk menjalin kemitraan, misalnya dengan operator telekomunikasi. Berada di industri teknologi membuat produk Perusahaan ABC selalu diminati.

Threats (Ancaman)

Walaupun ada fluktuasi permintaan, namun industri teknologi adalah salah satu yang sangat kompetitif. Pesaing lama maupun baru menjadi ancaman. Selain itu, perkembangan teknologi yang cepat dan masif membuat Perusahaan ABC harus selalu siap menghadapi perubahan cepat dalam teknologi, termasuk dalam pemrosesan data, keamanan siber, atau tren konsumen. Perusahaan ABC harus sering memerhatikan perubahan dalam peraturan dan kebijakan pemerintah, seperti aturan privasi data atau regulasi perdagangan internasional.

Baca Juga: 7 Langkah Solid Menyusun Marketing Plan untuk Restoran

Kesimpulan:

Itu dia jawaban lengkap mengenai apa itu SWOT dalam dunia bisnis. Dengan wawasan mengenai instrumen SWOT, Anda bisa mengembangkan strategi efektif untuk memaksimalkan kekuatan mereka, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, serta mengatasi ancaman yang ada. Bersiaplah menuju kegemilangan bisnis dan menjadi yang teratas di industri!

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading