Apa Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Online bagi Karyawan dan Perusahaan? - iSeller Blog

Apa Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Online bagi Karyawan dan Perusahaan?

aplikasi absensi online

Penggunaan aplikasi absensi online di perusahaan semakin meningkat belakangan ini. Sebab, aplikasi absensi online dinilai memiliki sejumlah manfaat dan kemudahan untuk penggunanya. Aplikasi ini berhasil menggeser absensi manual dan mesin fingerprint yang sebelumnya marak digunakan.

Absensi adalah catatan harian kedatangan karyawan pada saat datang ke kantor. Catatan kehadiran itu sangat penting untuk dilakukan, dengan tujuan untuk menegaskan aturan perusahaan mengenai kedatangan. Sebagian perusahaan bahkan memberikan peraturan berupa reward maupun punishment apabila kehadiran karyawan tidak terpenuhi sesuai aturan yang ditetapkan.

Begitu pentingnya absensi bagi karyawan maupun perusahaan, jadi setiap perusahaan atau instansi memang memerlukan sistem absensi yang terbaik. Penggunaan aplikasi absensi online bisa jadi solusi yang paling tepat. Apalagi jika karyawan lebih banyak menghabiskan waktu di luar atau sering berpindah-pindah lokasi, maka absensi online akan sangat membantu.

Apa itu Aplikasi Absensi Online?

aplikasi absensi online
Sumber: Freepik

Aplikasi absensi online adalah sistem yang berguna untuk mencatat jam kehadiran karyawan melalui sebuah website di komputer, atau melalui aplikasi pada smartphone yang terkoneksi dengan internet. Pada umumnya, karyawan hanya perlu memasukkan username dan password pada aplikasi yang ada di smartphone mereka untuk melakukan absensi.

Aplikasi absensi online adalah suatu sistem yang mencatat kehadiran karyawan berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah diatur, di mana pada umumnya sebuah data yang dihasilkan dari sistem absensi akan menampilkan informasi berikut:

  • Waktu datang dan waktu pulang
  • Waktu terlambat
  • Izin atau cuti
  • Berbagai fitur seperti remote working, dan lainnya.

Baca juga: Budget Plan Tidak Cuma untuk Bisnis Besar, Cermati di Sini!

Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Online

aplikasi absensi online
Sumber: iSeller

Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah memberikan dampak positif dalam berbagai aspek, salah satunya adalah aplikasi absensi online. Aplikasi absensi memiliki berbagai macam manfaat, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dapat menghemat biaya operasional perusahaan. Perusahaan tidak perlu repot memasang mesin absensi karena aplikasi absensi online memungkinkan setiap karyawan mengunduhnya melalui smartphone. Tentunya, cara ini jauh lebih efisien sekaligus menghemat biaya karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat lain.
  • Penggunaan aplikasi absensi online tidak hanya menghemat biaya, tapi juga waktu. Jika biasanya tim HRD perlu merekap sistem absensi secara manual dan memakan banyak waktu, hal ini tidak akan terjadi lagi saat perusahaan menerapkan pemakaian aplikasi absensi online. Sebab, semua data absensi karyawan akan terekam secara otomatis sehingga membantu sistem kerja menjadi lebih optimal dan pastinya menghemat banyak waktu.
  • Penerapan aplikasi absensi online berbasis cloud akan memberikan kemudahan akses bagi karyawan maupun perusahaan. Selain berguna untuk melakukan absensi, aplikasi semacam ini biasanya juga menyediakan fitur untuk pengajuan cuti karyawan yang bisa diakses oleh setiap karyawan dengan mudah. Tidak perlu lagi membuang-buang kertas, seorang atasan akan lebih mudah untuk mengakses dan memberikan izin kepada setiap karyawan yang mengajukan cuti melalui sistem. Hal ini akan menghemat waktu dan membuat proses menjadi lebih efisien karena bisa terselesaikan hanya dengan satu klik saja.
  • Penggunaan aplikasi absensi online bisa meminimalisir kecurangan. Aplikasi ini biasanya memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi dengan mengirimkan swafoto, atau bisa juga dilengkapi dengan fitur GPS yang mampu melacak lokasi karyawan. Jadi, karyawan akan sulit untuk melakukan kecurangan dan data absensi menjadi lebih akurat.

Baca juga: 6 Cara Alokasi Gaji Setiap Bulan, Cermati dan Adaptasi!

Aplikasi absensi online memberikan banyak sekali manfaat, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Jika biasanya proses administrasi karyawan dilakukan secara manual, aplikasi absensi online akan memudahkan proses dan membuatnya jadi serba otomatis.

Jadi, penerapan aplikasi ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang memiliki jumlah karyawan puluhan, ratusan, bahkan hingga ribuan. Ayo, tinggalkan cara lama dan segera beralih ke aplikasi absensi online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Pilih iSeller untuk Bantu Jalankan Bisnis dengan Mudah!

iSeller hadir dengan menawarkan berbagai macam fitur yang akan memudahkan setiap pebisnis dalam menjalankan usahanya. Dengan iSeller, kamu akan lebih mudah untuk melakukan sistem pengaturan waktu kerja karyawan, karena semuanya akan terintegrasi dalam satu platform.

  • Ijin Kontrol Admin. Untuk memperketat izin akses pengguna, kamu bisa mengatur izin untuk membatasi apa saja yang dapat diakses setiap pengguna.
  • Pengelolaan Jam Kerja. Berkat pelacak waktu otomatis, karyawan bisa berganti shift dengan mudah, dan waktu kerjanya akan dengan otomatis tersinkronisasi di sistem iSeller.
  • Akses dengan PIN. Kurangi risiko pencurian identitas dan berikan karyawan akses untuk mengubah PIN mereka sendiri, baik melalui portal admin maupun dari aplikasi kasir.
  • Fleksibel dan Mudah Digunakan. Buat akun pengguna untuk karyawan dan berikan mereka akses yang sesuai dengan pekerjaan mereka. Kamu juga dapat memilih untuk memberikan akses penuh atau akses hanya ke aplikasi POS.

Cari tahu informasi selengkapnya mengenai produk dan fitur unggulan dari iSeller, silakan langsung klik di sini sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading