Apa Sih Keuntungan Melakukan Data Entry Bagi Bisnis? - iSeller Blog

Apa Sih Keuntungan Melakukan Data Entry Bagi Bisnis?

data entry

Setiap bisnis atau perusahaan tentunya perlu melakukan berbagai rencana untuk mewujudkan tujuan dan target mereka. Tapi ternyata ada satu hal yang kerap diabaikan yaitu data entry. Memangnya, apa sih yang dimaksud dengan data entry dan mengapa keberadaannya penting dalam sebuah bisnis?

Data entry adalah sebuah proses yang termasuk ke dalam bagian dari manajemen data, di mana tugas manajemen data adalah mengumpulkan informasi penting yang kemudian diverifikasi, disimpan, dilindungi dan diorganisir. Data-data inilah yang akan disimpan dan kemudian siap untuk digunakan dalam database atau komputer.

Data entry berhubungan dengan pengumpulan, penyimpanan dan penyusunan data, di mana aktivitas di dalamnya meliputi proses input data dari sumber baik elektronik maupun non-elektronik ke dalam sistem milik perusahaan. Seluruh informasi inilah yang kemudian akan disimpan secara efisien dan akurat di dalam sistem tersebut.

Peran dan Manfaat Data Entry bagi Bisnis

data entry
Sumber: Freepik

Di berbagai sektor bisnis, data entry sebagai prosedur dalam menjalankan manajemen data di sebuah perusahaan memainkan peranan yang sangat penting. Itulah mengapa, tidak sedikit perusahaan yang berupaya untuk memaksimalkan manfaat pengelolaan data sehingga bisa meraih profit yang lebih tinggi. 

Nah, sebelum masuk ke bagaimana cara memaksimalkan manfaat data entry bagi bisnis, yuk pahami dulu apa saja peran dan manfaat data entry yang bisa didapatkan untuk perkembangan  bisnis:

  • Manajemen data yang efisien. Menangani data dalam jumlah yang besar dapat menjadi hal yang membebani, tapi dengan adanya data entry maka perusahaan dapat memastikan penyimpanan dan pengelolaan data secara sistematis di berbagai platform. Dengan begitu, pengelolaan data akan menjadi lebih logis, tercatat, serta lebih mudah diakses dengan cepat untuk dianalisis ketika diperlukan dalam membuat keputusan penting.
  • Penyimpanan data yang akurat dan spesifik. Perusahaan tidak bisa mengelola informasi dengan baik kalau ada kekeliruan atau kurang kelengkapan pada database. Nah, dengan pemanfaatan data entry, maka perusahaan akan sangat terbantu dalam pengelolaan data yang akurat dalam mengumpulkan, mengelola, menyimpan, serta memberikan informasi yang tepat ke dalam sistem. 
  • Membantu membangun hubungan dengan pelanggan. Proses pengelolaan data di perusahaan akan membantu meningkatkan hubungan yang baik dengan customer. Sebab, data entry ikut berperan dalam pengumpulan dan pengelolaan data-data pelanggan, seperti data demografi, riwayat transaksi, feedback pelanggan, dan lain sebagainya. Dengan melihat kumpulan data yang berkaitan dengan pelanggan, maka perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan pengalaman customer dengan bisnis. Dan pada saat yang sama, perusahaan akan mengetahui produk yang paling diminati pelanggan dan bisa juga menemukan peluang bisnis yang lebih besar di aspek yang tertentu.
  • Melacak data transaksi pelanggan. Dalam data entry, semua informasi pelanggan disimpan secara sistematis di dalam database, sehingga pergerakan data transaksional dapat terlihat dalam sistem. Tentunya, hal ini berguna untuk memantau kemajuan setiap transaksi pelanggan seperti jumlah transaksi, produk yang dijual, hingga periode pembelian. Selain itu, detail ini juga akan membantu perusahaan dalam membuat keputusan tepat dan menghindari risiko yang ada sambil memaksimalkan peluang untuk berkembang.
  • Membantu merancang business plan ke depan. Seiring berjalannya bisnis, mungkin perusahaan perlu mengambil keputusan yang krusial dalam kondisi tertentu. Nah, pengumpulan dan pengelolaan data yang akurat menghasilkan insight baru terhadap perkembangan bisnis. Dengan hasil analisa data yang tepat, maka perusahaan akan terbantu dalam merancang pengambilan keputusan dan perencanaan penting bagi bisnis di masa mendatang.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Menghitung Gaji Karyawan Sesuai Aturan!

Bagaimana Cara Memaksimalkan Manfaat Data Entry bagi Bisnis?

data entry
Sumber: Freepik

Mungkin terdengar mudah, namun perlu diketahui bahwa proses data entry sebenarnya menghabiskan cukup banyak waktu dan sumber daya. Apalagi bagi bisnis atau perusahaan berskala besar dengan volume data yang banyak. 

Berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa membantu kamu dalam memaksimalkan manfaat data entry untuk kemajuan bisnis. Yuk, simak!

  • Memanfaatkan berbagai tools solusi digital yang akan membantu mengurangi jumlah pekerjaan dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.
  • Pembuatan report untuk analisis, dengan mengidentifikasi data mana yang esensial untuk diambil.
  • Melakukan backup data secara rutin supaya lebih mudah dalam melakukan recovery atau pemulihan data jika suatu waktu terjadi error pada sistem. 
  • Membuat mekanisme pelacakan dan monitor data, supaya dapat dengan cepat mengidentifikasi kesalahan dan segera memperbaikinya.

Baca juga: Sudah Coba Optimalkan Search Engine Marketing?

Proses data entry yang efektif menjadi hal yang sangat krusial bagi bisnis, karena meningkatkan kinerja manajemen database pelanggan berpengaruh pada pertumbuhan kesuksesan bisnis.

Tak perlu repot, kamu bisa mengandalkan iSeller sebagai solusi digital yang akan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. iSeller terdiri dari fitur-fitur yang lengkap dan canggih, mulai dari inventaris, marketing, promosi, hingga channel penjualan yang beragam.

Ada fitur laporan dan analitik yang memungkinkan kamu bisa menghilangkan asumsi di dalam bisnis. Apakah kamu ingin mencari informasi detail dari bisnis kamu atau hanya ringkasan performa bisnis, kamu bisa mendapatkan semua informasi yang kamu butuhkan dengan cepat dan mudah. Kamu berkesempatan untuk COBA GRATIS sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading