Bagaimana Mencapai Financial Maturity? Ini 4 Strateginya - iSeller Blog

Bagaimana Mencapai Financial Maturity? Ini 4 Strateginya

financial maturity

Sebetulnya, setiap orang bisa punya uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya saat ini dan masa depan. Semua itu dimulai dengan menjadi sehat dan dewasa secara finansial, atau yang lebih dikenal dengan istilah financial maturity.

Kesehatan dan kedewasaan finansial bisa bantu kamu menjadi makmur, berapapun jumlah uang atau harta yang kamu miliki. Kalau hal ini sudah tercapai, dijamin hidup akan menjadi lebih tenang dan bisa kamu nikmati sepuas-puasnya.

Apa itu financial maturity? Kate Philips menjelaskan bahwa “financial maturity is a mindset. It includes an understanding the role money plays in the global plus the opportunities (and responsibilities) it brings”.

Financial maturity dianggap sebagai sebuah mindset, yang dalam hal ini berarti mengerti setiap pilihan di dalam hal keuangan, tanggung jawab dan konsekuensinya. Contohnya, apa yang akan kamu lakukan setelah menerima gaji, apakah langsung belanja atau menabung? Kalau kamu memutuskan untuk belanja terlebih dahulu, maka tabungannya kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika tidak menabung, maka kamu tidak bisa menaikkan kekayaan. Setiap pilihan yang kamu ambil, tentu akan menghasilkan konsekuensi yang berbeda.

Bagaimana Cara Mencapai Financial Maturity?

financial maturity
Sumber: Freepik

Jika kamu ingin berhasil di dalam hal keuangan, maka kamu harus membuat keputusan yang tepat. Pengambilan keputusan keuangan yang tepat inilah, membutuhkan financial maturity. Di bawah ini adalah beberapa mindset keuangan yang membuat kamu menjadi lebih dewasa secara finansial. Yuk, simak!

  • Berani bertanggung jawab terhadap uang yang kamu miliki, sehingga tidak akan menyusahkan diri sendiri, keluarga, bahkan pemerintah.
  • Memiliki growth mindset alias selalu berpikir bahwa pengetahuan dan keahlian itu bisa dipelajari, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan.
  • Konsisten dan disiplin dalam mengatur keuangan, menabung, dan investasi.
  • Paham apa yang menjadi kebutuhan dan mana yang sekadar keinginan atau kesenangan yang bisa ditunda.
  • Punya persiapan untuk kondisi darurat seperti kehilangan pekerjaan, sakit, dan lain sebagainya.
  • Selalu berpikir matang dan jangka panjang. Jangan hanya memikirkan hidup sekarang saja, tapi juga harus memikirkan masa depan.

Kalau kamu sudah cukup dewasa secara keuangan, idealnya kamu tidak hanya memikirkan diri sendiri saja. Tapi kamu juga harus memikirkan pasangan, anak-anak, orang tua, saudara, dan bahkan lingkungan.

Baca juga: Uncomfortable Truth Everyone Should Know: Kesuksesan adalah 1% Keberuntungan dan 99% Kerja Keras!

Strategi untuk Mencapai Financial Maturity

financial maturity
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa strategi yang bisa kamu praktikkan agar lebih mudah mencapai financial maturity. Cek satu per satu!

  1. Tentukan tujuan keuangan secara detail. Apa pun tujuan itu, coba catat di sebuah buku dan jadikan tujuan keuangan yang sudah kamu susun sebagai reminder dan motivasi untuk terus berusaha mewujudkannya.
  2. Bangun dan kelola aset untuk mewujudkan tujuan keuangan. Alat atau senjata yang bisa kamu gunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan, bisa saja mencakup penyebaran aset yang kamu miliki ke berbagai jenis instrumen investasi. Aset tidak terbatas pada uang atau emas saja, tetapi juga termasuk di dalamnya pengetahuan dan skill. Pastikan kamu terus belajar, research, membaca, dan bereksperimen dengan berbagai strategi untuk melihat mana yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan.
  3. Miliki strategi yang tepat. Strategi berperan penting dalam mencapai financial maturity. Dalam prosesnya, kamu akan melakukan trial and error untuk mendapatkan formula strategi yang tepat dalam mewujudkan tujuan keuangan. Dan untuk mendapatkan strategi yang terbaik, tentunya kamu harus banyak belajar.
  4. Ketekunan adalah kunci! Ketekunan harus selalu kamu miliki dalam mempelajari langkah-langkah mengelola keuangan, serta membangun portofolio investasi yang menguntungkan.

Baca juga: Kenali Apa Itu Financial Planning dan Cara Membuatnya!

Jalan menuju financial maturity itu membutuhkan komitmen seumur hidup dalam mengelola keuangan dan melakukan investasi yang berkelanjutan. Kamu juga harus waspada terhadap kondisi yang menyebabkan aliran uang mengalir ke hal yang tidak bermanfaat. Teruslah mencari peluang dan cara-cara baru untuk memaksimalkan aset yang kamu miliki, termasuk menjalankan bisnis.

Jangan Lupa Kelola Bisnis Sebaik Mungkin!

Dalam proses mencapai financial maturity, kamu juga harus mengelola bisnis sebaik mungkin agar terus berkembang dan menghasilkan keuntungan maksimal.

Kini, kamu bisa memantau bisnis kapan saja dan di mana saja dengan iSeller Admin App. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk Android dan iOS, memungkinkan kamu bisa menjalankan dan mengelola bisnis dengan lebih mudah. Dengan tampilan dashboard yang mewah, iSeller Admin App akan memperlihatkan grafik tren penjualan, produk apa saja yang paling banyak dijual, hingga berbagai laporan bisnis lainnya. Kamu bisa menganalisa performa penjualan lebih cepat, dan grafik akan diperbaharui secara otomatis saat ada pesanan baru masuk.

Hingga kini, iSeller telah dipercaya 100.000+ pengusaha di Indonesia. Sekarang giliran kamu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading