Banyak Kelebihannya, Begini Cara Daftar Tiktok Shop Supaya Bisnis Lebih Cuan! - iSeller Blog

Banyak Kelebihannya, Begini Cara Daftar Tiktok Shop Supaya Bisnis Lebih Cuan!

daftar tiktok shop

Selama ini mungkin kamu sudah kenal dengan TikTok Shop, tapi masih ragu untuk daftar TikTok Shop? Supaya lebih meyakinkan, kamu harus tahu dulu alasan kenapa bisnis kamu perlu memakai TikTok Shop untuk berjualan.

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa TikTok adalah salah satu aplikasi sosial media berbasis video singkat yang populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Banyaknya pengguna TikTok membuat aplikasi ini berpikir untuk meluncurkan fitur baru yang pastinya akan disukai para penggunannya, di mana fitur tersebut adalah TikTok Shop.

Perusahaan TikTok menjadikan TikTok Shop sebagai solusi, fitur, serta alat yang bisa memberikan peluang usaha bagi siapa saja yang ingin fokus berjualan secara online.

Fitur ini dapat kamu temukan di bagian profil akun TikTok kamu, dengan ikon sebuah tas belanja. Melalui TikTok Shop ini, pengguna bisa berbelanja online seperti lewat e-commerce pada umumnya. Selain itu, mereka juga bisa melakukan pembayaran dengan metode transfer atau lewat COD (cash on delivery).

Keunggulan Berjualan di TikTok Shop

daftar tiktok shop
Sumber: Freepik

Bagi para pelaku bisnis online dan juga pemula dalam bisnis, munculnya TikTok Shop memang menjadi angin segar. Pasalnya, fitur ini punya banyak keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis atau marketplace sekalipun. Keunggulan berjualan di TikTok Shop adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Sosial Media yang Bisa Digunakan Sambil Belanja

Dulu, saat membuka sosial media dan menemukan produk yang kamu sukai, kamu akan keluar dari sosial media itu dan diarahkan ke sebuah website e-commerce. Namun setelah muncul platform TikTok Shop ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot scrolling di marketplace.

Selain bermain di social media, kamu juga bisa sambil jualan online dan belanja online kapan saja, di mana saja lewat fitur ini.

2. Basis Pengguna Aktif yang Sangat Banyak

Aplikasi social media berbasis video singkat ini, sudah memiliki sekitar 800 juta pengguna aktif, di mana ata-rata dari mereka adalah anak-anak muda yang setidaknya membuka aplikasi ini sebanyak 8 kali sehari. Tidak heran kalau aplikasi social media yang satu ini berpeluang besar untuk menemukan pelanggan yang menjadi target pasar dari produk atau jasa yang kamu jual di media ini.

3. Memperluas Pasar Bisnis

Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam hal jualan online, maka fitur ini bisa menjadi cara yang baru untuk memperluas bisnis kamu. Dengan banyaknya pengguna TikTok, maka langkah untuk semakin memperluas pasar lebih terbuka lebar. Dan hal ini juga bisa meningkatkan omset penjualan bisnis kamu, lho.

Sementara itu, dilihat dari segi digital marketing-nya, aplikasi TikTok memang memiliki engagement rate yang cukup tinggi dibandingkan aplikasi sosial media lainnya. Engagement rate yang tinggi, tentunya akan memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kepercayaan dan komunikasi terhadap konsumennya.

Cara Daftar Menjadi Seller di TikTok Shop

daftar tiktok shop
Sumber: Freepik

Kalau kamu berminat untuk berjualan di TikTok Shop, berikut ini adalah cara daftar TikTok Shop yang perlu diperhatikan:

  • Silakan buka aplikasi TikTok lewat situs berikut ini: https://seller-id.Tiktok.com/account/welcome/.
  • Setelah itu, lakukan sign up terlebih dulu, jika kamu memang belum memiliki akun resmi. Kamu cukup memasukan alamat email atau nomor handphone saja.
  • Lalu, laman otorisasi akan muncul dan bacalah dengan seksama. Jika kamu setuju dengan syarat dan ketentuan dari TikTok, pilih “otorisasikan”.
  • Kemudian lanjutkan verifikasi lewat email. Setelah itu, kamu akan mendapatkan kode, lalu salin kode itu agar bisa melakukan verifikasi email.
  • Setelah akun berhasil dibuat, kini saatnya untuk mempelajari akun TikTok milikmu.
  • Lakukan beberapa hal dasar seperti edit profil, menambahkan produk yang akan dijual dan lain sebagainya.
  • Jika sudah selesai, maka kamu sudah bisa mulai berjualan online lewat fitur ini.

Baca juga: Stay Connected! Ini 6 Manfaat Social Media Management

Bagaimana Cara Promosi di TikTok Shop yang Tepat?

Di bawah ini sudah disiapkan beberapa cara promosi di TikTok Shop yang bisa kamu ikuti:

  • Pastikan kamu membuat akun bisnis, atau akun TikTok Shop sendiri.
  • Kemudian, kamu harus mengenali aplikasi TikTok dengan lebih detail, kenali calon konsumennya secara mayoritas.
  • Pastikan kamu fokus untuk membuat konten yang berkualitas, tidak hanya produk yang dijual saja. Sebab, konsumen juga ingin tahu bagaimana proses pembuatannya hingga menjadi suatu produk, atau bisa juga memberikan “how to” dan tutorial.
  • Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi TikTok, seperti filter, sound, effect, dan lainnya. Semuanya bisa kamu manfaatkan untuk menjadikan promosi semakin unik dan diminati dan manfaatkan juga fitur stitch di TikTok.
  • Kamu juga bisa daftar TikTok Ads, hingga join influencer di TikTok.
  • Jangan lewatkan untuk selalu menggunakan hashtag challenge di setiap unggahan kamu, ya!

Baca juga: Simpel, Ini 6 Tips Membuat Desain Kemasan Produk Untukmu!

TikTok sekarang ini memang sangat populer. Tak heran, jualan di TikTok Shop jadi lebih cepat laku. Kalau kamu punya toko online lebih dari satu di berbagai marketplace dan sulit untuk mengelola semuanya sendiri, pakai iSeller saja!

iSeller punya fitur unggulan yang dapat membantu kamu dalam memanfaatkan media sosial sebagai tempat berjualan yang efektif. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur unggulan yang disediakan oleh iSeller untuk memudahkan kamu dalam berbisnis.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading