Banyak Manfaatnya, Yuk Terapkan Digital Branding pada Bisnis Kamu! - iSeller Blog

Banyak Manfaatnya, Yuk Terapkan Digital Branding pada Bisnis Kamu!

digital branding

Di era digital seperti saat ini, membangun identitas bisnis secara online alias digital branding mampu meningkatkan kepercayaan konsumen lho. Alasannya adalah karena sebagian besar calon konsumen mengakses internet untuk berbelanja atau sekadar mencari berbagai macam informasi.

Bagi kamu yang baru memulai atau sedang menjalankan bisnis, sangat penting untuk membangun strategi digital branding. Tujuannya adalah supaya kamu bisa memiliki jangkauan konsumen yang luas. Tapi sebelum itu, pahami dulu apa arti digital branding, tujuan, manfaat, hingga tips digital branding yang ampuh untuk bisnis kamu.

Apa Itu Digital Branding?

Digital branding adalah salah satu strategi membangun atau mendesain brand secara online melalui berbagai macam platform digital, seperti website, aplikasi, media sosial, email marketing, search engine ads, dan lainya. Dalam dunia digital marketing, branding memang menjadi salah satu cara pemasaran yang paling efektif untuk menyampaikan visi dan misi, serta nilai produk. Selain itu, digital branding juga sangat bermanfaat untuk membangun koneksi dengan konsumen.

Bahkan, memaksimalkan digital branding juga bisa membantumu dalam menjalankan strategi bisnis dengan baik. Terutama dalam mempromosikan produk atau penawaran khusus seperti diskon, potongan harga, hingga paket bundling lainnya.

Apa Tujuan Digital Branding?

digital branding
Sumber: Freepik

Tujuan utama digital branding adalah untuk membangun image sebuah brand dan fokus membangun hubungan yang erat dengan konsumen. Meskipun digital branding ini merupakan bagian dari aspek marketing, tapi cara kerjanya tidak terlihat seperti sedang menjual sebuah produk, kok.

Kalau kamu berhasil dalam membangun digital branding, tentunya akan membawa dampak positif bagi sebuah bisnis, salah satunya adalah dapat meningkatkan omzet penjualan dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Salah satu contoh penerapan digital branding adalah menghadirkan sebuah website atau akun media sosial yang nyaman untuk  digunakan. 

Manfaat Menjalankan Strategi  Digital Branding

Mengingat ada banyak orang yang menggunakan internet, ini membuat interaksi brand dengan konsumen di berbagai macam platform dan website menjadi sangat penting. Dengan begitu, brand bisa mengonversi mereka dari audiens menjadi konsumen yang loyal.

Beberapa manfaat dari melakukan digital branding yang harus kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  • Digital branding akan membantumu dalam menargetkan audiens dengan mencari kelompok konsumen yang spesifik melalui platform online populer seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, maupun lainnya.
  • Strategi ini juga mampu membangun koneksi dengan konsumen karena membuat mereka dapat berinteraksi secara langsung pada brand-mu. Koneksi ini juga akan menjadi terasa personal, karena platform yang digunakan juga biasanya jadi media komunikasi konsumen dengan teman atau keluarganya. Hasilnya, kamu bisa mengubah audiens menjadi konsumen loyal.
  • Melakukan digital branding juga akan membantumu untuk menjadi viral dan menjangkau audiens yang lebih luas dalam waktu singkat.

Baca juga: 4 Dampak Buruk Overselling untuk Bisnis, Cermati Setiap Poinnya! 

Elemen-Elemen Digital Branding yang Perlu Kamu Ketahui

digital branding
Sumber: Freepik

Ada beberapa elemen yang tidak boleh kamu lupakan saat akan melakukan digital branding. Langsung simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

  • Logo, yaitu simbol atau desain yang brand gunakan untuk merepresentasikan diri, produk, atau layanannya sendiri. Memperhatikan logo sangat penting karena logo akan menjadi first impression audiens terhadap brand kamu.
  • Website, berfungsi seperti toko pada umumnya. Jika konsumen ingin mencari tahu lokasi, jam operasional, daftar produk, hingga informasi kontak, mereka akan mengunjungi website-mu. Pastikan kamu membuat website yang simpel dan mudah diarahkan. Buat juga halaman website tetap singkat dan to-the-point, dan sebaiknya jangan tayangkan terlalu banyak informasi pada pengunjung, karena dapat membuat mereka meninggalkan website-mu.
  • Brand messaging, adalah apa yang bisnismu katakan dan bagaimana kamu bisa menyampaikannya. Pesan ini haruslah merefleksikan apa yang brand-mu lakukan dan percaya, serta memberitahu kepada para konsumen bahwa kamu siap memenuhi kebutuhan juga keinginannya.
  • Ada juga SEO yang menjadi elemen penting dalam digital branding. SEO ini dapat memaksimalkan visibilitas brand-mu di internet melalui pencarian search engine. SEO yang efektif akan mendorong audiens untuk mengunjungi website-mu, dan tentunya hal ini dapat mengembangkan audiens brand digital secara organik.
  • Lalu, media sosial juga menjadi elemen yang penting karena memiliki presence di sana dapat membantu kegiatan digital branding-mu. Kalau konsumenmu menggunakan media sosial, itu artinya kamu pun perlu ada di sana juga.
  • Elemen yang berikutnya adalah online marketing, yaitu jenis pengiklanan yang menggunakan sumber daya internet seperti search engine dan website untuk mempromosikan konten serta layanan ke calon konsumen.

Baca juga: 5 Fungsi Sales Report & Keuntungan Membuatnya dengan iSeller

Itulah ulasan singkat seputar digital branding yang perlu kamu ketahui. Melakukan strategi digital branding tentunya dapat membantu brand-mu supaya lebih mudah dikenal oleh banyak orang di dunia digital.

Dalam rangka menjalankan digital branding, sayang sekali jika kamu melewatkan iSeller. iSeller menyediakan POS System yang canggih dengan fitur lengkap, yang akan membantu berbagai aktivitas bisnis kamu baik secara offline maupun online. Memiliki fungsi utama dalam mengelola penjualan di berbagai kanal yang terintegrasi, kamu bisa ajukan COBA GRATIS sekarang untuk mengetahui fitur lengkapnya.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading