Berbeda dari Side Job, Apa Manfaat Side Hustle dan Bagaimana Cara Memulainya? - iSeller Blog

Berbeda dari Side Job, Apa Manfaat Side Hustle dan Bagaimana Cara Memulainya?

side hustle

Kalau kamu punya pekerjaan tambahan di samping profesi utama yang kamu jalankan sesuai passion, itu artinya kamu sedang melakukan side hustle. Dapat dipahami pula, arti side hustle adalah mengisi waktu luang kamu dengan pekerjaan yang kamu minati. Tujuan utama dari side hustle adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan sembari menjalankan kesenangan pribadi. 

Lama-kelamaan, sebagian orang justru menjadikan side hustle sebagai profesi utama karena ini berlandaskan pada kegemaran pribadi akan kegiatan tersebut. Pada umumnya, bentuk kerja dari side hustle ini di antaranya adalah self-employment atau wirausaha.

Jenisnya ada bermacam-macam, contohnya adalah fotografer, vlogger, penulis, desainer grafis, web developer, penerjemah, blogger, tutor online, online shop, dan masih banyak lagi. Jika dilihat sekilas, side hustle ini bisa saja dipahami sebagai side job. Tapi ternyata, keduanya merupakan dua hal yang berbeda, lho.

Apa Perbedaan Side Hustle dan Side Job?

side hustle
Sumber: Freepik

Istilah side hustle memang sering disamakan dengan side job atau pekerjaan sampingan. Padahal sebetulnya keduanya tidaklah sama. Beberapa hal yang menjadi pembeda antara side job dan side hustle adalah:

  • Tujuan: Side hustle adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menyalurkan passion, sedangkan side job fokus utamanya untuk menghasilkan pendapatan tambahan saja. 
  • Beban Kerja: Side job bebannya ditentukan oleh pihak pemberi kerja sehingga bisa lebih banyak dibandingkan dengan side hustle, sebab pelaku side hustle beban kerjanya ditentukan sendiri oleh yang melakukan.
  • Fleksibilitas: Side job pada umumnya tidak sefleksibel side hustle karena ditentukan oleh pemberi kerja, dan jam kerjanya bisa ada di sela-sela melakukan pekerjaan utama. Sementara itu, side hustle adalah pekerjaan yang fleksibel karena bisa dilaksanakan saat pelakunya memiliki waktu luang. 
  • Jenis Pekerjaan: Pada pekerjaan side job, biasanya bidang atau jenisnya masih terkait dengan profesi utama, sementara side hustle bisa sangat berbeda.
  • Benefit: Side job keuntungannya adalah pendapatan tambahan, karena hal itulah yang dicari. Sementara benefit dari melakukan side hustle adalah terpenuhinya kesenangan atau hasrat pribadi, serta mendapatkan penghasilan.

Apa Manfaat Melakukan Side Hustle?

Side hustle memiliki beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pelakunya, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Manfaat dari melakukan side hustle adalah dapat menumbuhkan motivasi dalam hidup. Misalnya, setelah kamu memutuskan untuk melakukan side hustle, kamu jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan utama tepat waktu.
  • Manfaat berikutnya adalah dapat meningkatkan skill atau kemampuan. Dengan memulai side hustle, bisa jadi keinginan kamu untuk mengasah passion yang kamu miliki semakin besar sehingga timbul kemauan untuk meningkatkan skill. Sehingga hasilnya, kamu akan semakin terampil dan ahli dalam bidang yang kamu gemari.
  • Kemudian, manfaat terakhir yang bisa kamu peroleh dari side hustle adalah mendapatkan self-fulfillment. Self-fulfillment merupakan satu hal yang bisa membuat kamu merasa puas dan bahagia dalam menjalankan hidup. Di samping itu, kamu juga bisa merasa lebih memiliki kontrol terhadap diri dan kehidupan sendiri.

Baca juga: 7 Ide Contoh Promosi Penjualan, Perhitungkan dengan Cermat!

Bagaimana Cara Memulai Side Hustle?

side hustle
Sumber: Freepik

Kamu mungkin sudah memiliki ide side hustle yang bisa kamu pilih. Lantas, bagaimana cara untuk memulainya? Simak beberapa tips di bawah ini, yuk!

  • Hal pertama yang perlu dilakukan untuk adalah mengidentifikasi minat. Caranya, kamu bisa mencari tahu hal yang kamu senangi, dan apakah kamu bisa menjadikannya sebuah pekerjaan?
  • Berikutnya, tuliskan semua hal yang kamu butuhkan untuk menjalankan side hustle tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan modal yang kamu miliki dengan kebutuhan.
  • Meskipun pekerjaan side hustle dilakukan untuk mengejar passion, tapi pastikan side hustle yang kamu jalankan setidaknya bisa memberikan keuntungan. Karena jika tidak, maka itu hanya akan menghabiskan waktu kamu saja. Kamu bisa memperkirakan potensi keuntungan dengan membandingkan seberapa banyak profit dibandingkan modal yang kamu keluarkan. 
  • Menjalankan side hustle berarti kamu juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Tujuannya adalah agar kamu bisa tetap fokus mengerjakan side hustle, tanpa harus mengganggu pekerjaan utama dan waktu istirahat.
  • Kalau kamu sudah memutuskan memulai side hustle, maka kamu perlu konsisten. Konsistensi sangat penting, sebab keuntungan pastinya tidak bisa kamu dapatkan secara instan. Jadi, pastikan kamu menjalankan side hustle karena kamu senang, dan kembangkan secara konsisten supaya bisa menjadi sumber pendapatan tambahan. 

Baca juga: 7 Langkah Solid Menyusun Marketing Plan untuk Restoran

Sudah Siap Memulai Side Hustle?

Sekarang kamu pasti sudah tahu apa itu side hustle. Jadi, jika saat ini pekerjaan utama kamu tidak sesuai dengan passion, menjalankan side hustle bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu lakukan. Karena, selain memberikan kepuasan pada diri sendiri, juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan.

Bagi kamu yang gemar berbisnis dan ingin meningkatkan kemampuan di bidang tersebut, membuka online shop bisa menjadi rekomendasi side hustle untuk kamu. Selain bisa memberikan uang tambahan, membuka online shop membuat kamu mampu melihat peluang bisnis di pasar.

Supaya lebih mudah dalam menjalankan bisnis online, kamu bisa mengandalkan iSeller yang memiliki berbagai produk dan fitur unggulan. Kamu bisa membuat toko online instan dan mulai jualan tanpa batas. Selanjutnya, kamu bisa memilih tema secara langsung dan sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Kini, fitur e-commerce bertaraf internasional ada di ujung jari kamu. Yuk, mulai jangkau pelanggan tanpa terbatas jarak dan tingkatkan arus penjualan kamu dengan berjualan online di mana dan kapan saja! Klik di sini untuk memilih produk dan fitur iSeller mana yang paling dibutuhkan untuk bisnis kamu.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading