Berperan Penting, Simak Cara Memilih Mitra Bisnis yang Tepat - iSeller Blog

Berperan Penting, Simak Cara Memilih Mitra Bisnis yang Tepat

mitra bisnis

Salah satu strategi yang diperlukan oleh setiap bisnis agar bisa bertahan adalah menjalin kemitraan bisnis. Mitra bisnis adalah rekan dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha. Apakah kamu sudah tahu, kira-kira bagaimana cari cari mitra bisnis yang tepat?

Salah satu cara yang paling mudah adalah melihat apakah pihak yang akan jadi mitra bisnis memiliki visi misi yang sama dengan kamu atau tidak. Kalau visi misinya sejalan, maka tujuan-tujuan bisnis tentunya juga akan lebih mudah untuk dicapai.

Menjalin kerjasama atau kemitraan dalam bisnis dapat menguntungkan organisasi dengan beberapa cara, misalnya perlakuan pajak yang lebih menguntungkan, hingga pembagian tugas manajemen yang lebih efisien dalam perusahaan. Terlepas dari ukuran bisnis dan sifat barang atau produk yang dijual, mendefinisikan peran setiap mitra bisnis sangat penting untuk kesejahteraan organisasi.

Jadi, menemukan dan memilih mitra bisnis dengan benar adalah hal yang sangat penting. Supaya kamu tidak bingung dan punya gambaran, simak ulasan mengenai cara memilih mitra bisnis di bawah ini, yuk!

Apa Peran Mitra Bisnis?

mitra bisnis
Sumber: Freepik

Sebelum membahas lebih lanjut seputar tips dan cara memilih mitra bisnis, kamu perlu tahu apa saja peran mitra bisnis dalam menjalankan usaha. Setidaknya ada tiga peran utama mitra bisnis dalam menjalankan usaha, antara lain:

  1. Membangun perusahaan: Peran mitra bisnis yang pertama adalah mampu membangun dan mengembangkan perusahaan. Beban pekerjaan akan menjadi lebih ringan dengan adanya proses kerjasama, sehingga tingkat produksi juga bisa lebih tinggi daripada jika bekerja sendiri.
  2. Pertumbuhan ekonomi: tingkat produksi yang tinggi juga akan berpotensi meningkatkan pendapatan. Pendapatan ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dua atau lebih perusahaan yang telah menjalin kerjasama.
  3. Hubungan dan dampak sosial: sebuah kerjasama tidak hanya bisa memberikan keuntungan yang bersifat profesional dan komersial saja, tapi juga bisa memberikan hubungan dan dampak sosial. Misalnya, sebuah perusahaan besar bisa mengakuisisi atau menjalin kerjasama dengan perusahaan kecil dengan tujuan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraannya.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Badan Usaha di Indonesia

Tips Memilih Mitra Bisnis yang Paling Tepat

mitra bisnis
Sumber: Freepik

Memilih mitra atau rekan bisnis yang tepat biasanya adalah masalah menemukan orang atau organisasi yang tidak hanya mau dan mampu membentuk kemitraan saja. Melainkan juga berbagai visi dan pendekatan bisnis yang sama pula. Jadi, salah satu tantangan terbesar dalam memilih mitra bisnis yang tepat adalah mengumpulkan informasi penting soal latar belakang bisnis, gaya manajemen, serta metrik terkait lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam memilih dan menemukan mitra bisnis:

  • Temukan mitra bisnis yang dapat kamu percayai. Hal ini sangat penting, sebab komponen terpenting dari kemitraan adalah tingkat kepercayaan yang dimiliki mitra satu sama lain. Jadi, kamu perlu meneliti transaksi bisnis masa lalu calon mitra, melakukan pemeriksaan latar belakang, atau meminta referensi dari mitra atau klien sebelumnya.
  • Diskusikan dan analisis masalah potensial sebelum mencapai kesepakatan kemitraan apapun. Jika ternyata calon mitra bisnismu tidak bersedia membahas kemungkinan skenario terburuk, maka kemungkinan besar mereka bukan mitra yang tepat.
  • Sebelum menandatangani dokumen yang mengikat, pastikan kamu memahami dengan benar setiap aspek dari kemitraan bisnis. Biasanya akan lebih mudah untuk menentukan dengan benar tingkat tanggung jawab serta wewenang masing-masing mitra bisnis sebelumnya, daripada bernegosiasi di saat masalah muncul di masa depan.
  • Jika undang-undang negara menganggap semua aset yang diperoleh selama berbisnis sebagai milik bersama, maka meminta calon mitra untuk menyetujui dan menandatangani semua ketentuan kemitraan akan sangat bermanfaat di masa depan. Terjadinya peristiwa tertentu seperti pailit bisa mengakibatkan pengalihan sebagian atau keseluruhan kepemilikan perusahaan, jadi sangat penting agar perjanjian kemitraan tetap sama jika hal ini terjadi.

Baca juga: Pentingnya Website Toko Online Untuk Bisnismu!

Memilih mitra bisnis memang tidak boleh sembarang. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, kamu bisa lebih selektif dalam menemukan mitra bisnis. Jika saat ini kamu berencana untuk melakukan kemitraan dengan bisnis lain, kamu bisa percayakan iSeller sebagai sistem yang menunjang kemajuan kemitraan bisnis.

iSeller akan membantumu dalam mengelola bisnis dengan fitur-fitur terbaik yang dirancang khusus untuk berbagai tipe bisnis. Kamu bisa mengelola bisnis mulai dari varian produk, manajemen inventory masing-masing outlet, hingga stock opname. Selain itu, kamu juga bisa mengelola pelanggan-pelanggan, bahkan memberikan poin loyalty untuk menghargai mereka yang sudah sering berbelanja di tokomu. Tidak hanya itu saja, iSeller juga menyediakan fitur untuk membantumu dalam mengelola kerja shift karyawan. 

Nikmati juga kemudahan dalam mengelola web admin dengan aplikasi iSeller Admin. Mengelola bisnis sekarang sudah bisa dilakukan semudah membuka smartphone kesayanganmu. Akses dashboard, laporan penjualan, laporan transaksi, semuanya ada di dalam genggaman tanganmu sendiri! Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai produk dan fitur iSeller yang bisa memudahkanmu dalam menjalankan bisnis, klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading