Bisa Dukung Penjualan di Instagram Shop, iSeller Tak Boleh Kamu Skip! - iSeller Blog

Bisa Dukung Penjualan di Instagram Shop, iSeller Tak Boleh Kamu Skip!

instagram shop

Sebagai salah satu sosial media yang punya banyak pengguna, saat ini Instagram tidak hanya memberikan pengalaman bagi penggunanya untuk mengekspresikan diri melalui foto dan video saja. Tapi lebih dari itu, Instagram telah melebarkan sayapnya dengan memberikan layanan belanja kepada konsumennya melalui Instagram Shop.

Fitur dari Instagram dengan nama Instagram Shop ini memungkinkan para pengguna bisa berbelanja atau berjualan melalui Instagram, sehingga tidak perlu beranjak dari akun Instagram yang dimiliki. Dengan hadirnya fitur ini diharapkan para penjual dapat menaikkan keuntungan yang didapatkan dan juga pembeli memperoleh pengalaman yang lebih menyenangkan di Instagram.

Sebelum memulai berjualan di Instagram Shop, kenali dulu berbagai fitur dan keuntungannya, yuk!

Apa itu Instagram Shop?

Perlu diketahui, sebelum hadirnya layanan Instagram Shop, penjual yang ingin mempromosikan barang dagangannya perlu mengarahkan pembelinya untuk membeli di website atau akun marketplace yang dimiliki. Siklus yang berulang ini mungkin saja akan membuat pembeli menunda untuk berbelanja di akun yang disediakan, mengingat mereka harus meninggalkan akun Instagram saat sedang asyik menjelajahi berbagai konten.

Nah, untuk menjawab kebutuhan promosi di Instagram dan juga menyediakan layanan bagi pengguna Instagram untuk berbelanja, Instagram kemudian menghadirkan layanan Instagram Shop. Instagram Shop adalah serangkaian fitur yang memungkinkan para pengguna untuk berbelanja dengan mudah lewat foto dan video produk atau layanan bisnis kamu di Instagram.

Melalui fitur belanja yang ada di Instagram, memungkinkan para pembeli dan penjual bisa melangsungkan aktivitas jual beli secara aman dan mudah. Dengan adanya layanan Instagram Shop, para pembeli diharapkan bisa langsung membeli barang yang diinginkan secara lebih mudah dan cepat tanpa perlu berpindah platform terlebih dahulu.

Tidak hanya menyediakan layanan jual beli bagi para penggunanya, Instagram Shop juga memiliki berbagai keuntungan lebih bagi penjual. Apa sajakah itu?

Baca juga: 5 Ide dan Peluang Bisnis Kuliner, Jangan Lupa Baca Tipsnya!

Keuntungan Menggunakan Instagram Shop untuk Jualan

instagram shop
Sumber: Freepik

Salah satu alasan kenapa saat ini ada banyak platform sosial media yang membuka layanan belanja adalah banyaknya pelaku bisnis yang menjadikan sosial media sebagai tempat promosi. Penggunaan sosial media sebagai tempat promosi memang bisa menjadi ladang yang cocok untuk promosi dengan pilihan konsumen sesuai dengan keinginan.

Kehadiran Instagram Shop juga memberi banyak keuntungan bagi penjual, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Instagram menjadi salah satu sosial media dengan pengguna terbanyak di internet, di mana rata-rata penggunanya berasal dari kisaran umur 25-34 tahun yang pada umumnya telah memiliki penghasilan sendiri. Konsumen yang banyak dan juga potensial ini menjadikan Instagram sebagai tempat yang cocok untuk promosi dan juga menjadikan pengikut sebagai konsumen.
  • Kamu bisa memamerkan brand dan produk kamu di Instagram Shop dengan mudah dengan katalog yang tersedia. Dengan begitu, produk yang kamu tawarkan akan lebih mudah dilihat oleh konsumen dan tentunya dapat meningkatkan penjualan pada variasi produk yang terjual.
  • Instagram Shop memungkinkan kamu bisa menjual produk dari satu tempat khusus, supaya para pembeli bisa langsung membeli barang keinginan mereka tanpa perlu berpindah ke platform lain. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh keuntungan dari pembeli tersebut dan mereka tetap bisa melakukan stalking Instagram sambil membeli barang keinginan.

Instagram Shop adalah layanan belanja online yang mudah dan aman, yang banyak diminati penggunanya. Jadi, sebagai pebisnis jangan sampai kamu melewatkan peluang ini untuk berjualan.

Baca juga: Ingin Memunculkan Keranjang Kuning di TikTok Shop?

Jualan Online di Instagram Semakin Praktis dengan iSeller

instagram shop
Sumber: iSeller

Berbagai fasilitas dan keuntungan yang di dapatkan dari Instagram Shop membuat banyak penjual yang tertarik untuk mengaktifkan akun Instagram Shop. Jika kamu tertarik juga, langkah pertama yang harus dilakukan untuk dapat membuat akun Instagram Shop adalah dengan mengecek kelayakan akun Instagram yang akan digunakan. Beberapa persyaratan yang harus kamu miliki adalah lokasi usaha harus berada di tempat yang didukung, menjual barang yang diizinkan oleh Instagram, dan mematuhi peraturan yang ditetapkan.

Saat menggunakan layanan shop, kamu akan diberikan fitur khusus berupa katalog di mana kamu bisa memajang berbagai produk yang dimiliki untuk menarik perhatian konsumen. Pada fitur katalog ini, kamu dapat memasukkan berbagai keterangan yang membuat pembeli tertarik untuk membeli produk anda di antaranya adalah foto produk, harga barang yang ditawarkan, dan keterangan produk.

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan setelah mengunggah katalog produk adalah melakukan review product sebelum diperiksa oleh Instagram. Pengecekan ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah produk kamu sudah sesuai dengan ketentuan dari Instagram atau belum.

Supaya lebih mudah, kamu bisa mengandalkan iSeller yang akan mendukung penjualan di Instagram Shop. Kamu bisa mendapatkan pelanggan baru dan mengembangkan brand lebih mudah dengan integrasi media sosial iSeller. Sinkronisasi katalog produk lebih cepat, karena produk iSeller secara otomatis disinkronisasi ke Facebook dan Instagram sehingga kamu bisa dengan mudah membuat iklan dan unggahan produk yg bisa di tag.

Dengan iSeller, kamu bisa menjangkau pelanggan dari mana saja. Kamu juga bisa menggunakan iSeller untuk membuat, melacak, dan mengelola kampanye iklan dan pesanan kamu dengan Instagram.

Kini saatnya mengubah posting-an dan stories menjadi testimoni belanja dengan tag produk. Jangan lupa tampilkan produk kamu kepada 1 miliar lebih pembeli yang mencari tren di Instagram! Yuk registrasi dan COBA GRATIS sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading